Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Printer Warna?

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Printer Warna?

Tidak Yakin Printer Warna Mana yang Paling Cocok untuk Anda? Inilah Panduan Pembelian Printer Anda!

Memutuskan untuk mengambil berinvestasi dalam printer warna untuk rumah atau kantor kecil Anda?

Mungkin Anda telah menciptakan karya seni digital yang indah dan ingin membagikannya dengan dunia dengan menampilkan seni Anda di rumah Anda. Atau mungkin Anda merasa bahwa memiliki gambar warna yang tepat dan dapat membantu meningkatkan dampak dokumen atau presentasi kerja Anda.

Bagaimana Anda memilih printer warna terbaik untuk memenuhi kebutuhan profesional dan pribadi Anda? Lagi pula, ada ribuan printer warna yang berbeda di luar sana.

Kabar baiknya? Printer Warna telah berevolusi selama beberapa tahun terakhir— banyak model yang menawarkan hasil cetak berkualitas foto yang superior dan fitur canggih yang nyaman–jadi Anda benar-benardimanjakan dengan pilihan. Anda juga akan senang mengetahui bahwa sebagian besar printer warna saat ini mencakup beberapa fungsi seperti fotokopi, mengirim faks, dan scan

Tipe- Tipe dari printer warna

Saat mencari printer warna, umumnya ada pemilihan antara printer inkjet atau printer laser. Keputusan ini sebagian besar bergantung pada apa yang Anda akan cetak dan seberapa sering Anda mencetak.

Mari kita pertimbangkan printer inkjet terlebih dahulu.

  1. Kualitas printer warna inkjet

Printer inkjet adalah jenis printer yang bekerja dengan mengeluarkan tetesan tinta ke kertas. Printer seperti itu menggunakan tinta cair dari kartrid tinta warna individu atau tangki reservoir tinta internal, yang kemudian dikeluarkan melalui nozel terpisah — masing-masing menyemprotkan warna tinta berbeda.

Kelebihan printer warna inkjet:

  • Biaya

Biaya adalah salah satu keuntungan terbesar dari printer inkjet warna. Bahkan printer inkjet yang paling murah pun mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang bagus.

Jika harga adalah hal utama untuk Anda, maka printer inkjet akan menjadi taruhan terbaik Anda untuk pencetakan warna di rumah / kantor kecil.

  • Kualitas Cetak yang Sangat Baik

Seperti yang telah kami singgung di atas, kemajuan teknologi tinta telah memungkinkan printer inkjet untuk memberikan output berkualitas tinggi untuk gambar dan teks. Karena warna dan detailnya yang lebih halu, printer inkjet dibangun untuk cetak foto resolusi tinggi.

Dengan tingkat kualitas sebagian besar printer inkjet warna saat ini, mungkin sulit untuk membedakan antara foto yang dicetak secara profesional dan yang telah dicetak menggunakan printer inkjet Anda – terutama saat mencetak pada kertas foto!

  • Bentuk yang Ringkas

Printer warna inkjet juga cenderung lebih ringkas dalam ukuran dibandingkan dengan printer warna laser. Bahkan printer inkjet yang multifungsi tidak memiliki mesin yang besar. Hal ini membuat mereka cocok untuk rumah atau tempat kerja yang memiliki ruang yang terbatas

Kontra dari printer warna inkjet:

  • Kecepatan yang lebih lambat

Sebagian besar printer inkjet dirancang untuk pencetakan volume rendah. Dengan demikian mereka mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menghasilkan pekerjaan cetak besar.

Kecepatan cetak printer inkjet yang lebih lambat daripada printer laser, bagaimanapun, sedikit dikurangi oleh fakta bahwa printer inkjet dapat mulai mencetak segera setelah printer dinyalakan, tanpa memerlukan waktu pemanasan.

  1. Kualitas printer laser warna

Printer laser warna menggabungkan kecepatan printer laser monokrom tradisional dengan kemampuan untuk mencetak warna. Dalam printer laser, warna ditambahkan ke halaman dengan pencairan toner bubuk ke kertas.

Biaya awal printer laser mungkin lebih tinggi dari printer inkjet. Demikian juga, kartrid toner yang digunakan dalam printer laser juga lebih mahal daripada tinta yang digunakan dalam printer inkjet. Namun, printer laser warna masih bisa menjadi pilihan ekonomis dalam jangka panjang karena biaya per halaman yang lebih rendah dan kecepatan cetak yang lebih cepat.

Berikut adalah rincian kelebihan dan kekurangan utama printer laser warna.

Kelebihan printer laser warna:

  • Kecepatan cetak lebih cepat

Printer laser secara tradisional dibangun untuk kecepatan (sekitar 50 halaman per menit!) sementara printer inkjet lebih lambat sekitar16-20 halaman per menit.

Saat membandingkan peringkat kecepatan cetak halaman printer Per menit (ppm), ingatlah bahwa peringkat tersebut biasanya menggambarkan pencetakan dalam kondisi optimal — biasanya dengan dokumen yang terdiri dari teks hitam yang tidak diformat yang dikirim ke printer. Setelah faktor-faktor seperti dokumen formatting, warna, dan gambar dilemparkan, kecepatan cetak akan cenderung melambat.

  • Biaya pencetakan per halaman yang lebih murah

Semua orang tahu bahwa biaya dimuka yang lebih tinggi dari printer laser dan kartrid toner sebagian diimbangi oleh biaya yang lebih rendah per halaman. Ini karena kartrid toner laser dapat mencetak halaman secara signifikan lebih banyak daripada kartrid inkjet — bahkan dalam warna.

Bagaimana cara menghitung biaya per halaman?

Biaya per halaman adalah cara paling akurat untuk mengukur efisiensi biaya printer Anda. Untuk menghitung biaya kartrid printer Anda per halaman, cukup ambil harga kartrid dan bagi dengan hasil halaman yang diharapkan dari satu kartrid:

Untuk pencetakan hitam dan putih:

biaya per halaman = harga kartrid / hasil halaman kartrid

Untuk pencetakan warna:

biaya per halaman =(hargakartrid hitam / hasil halaman hitam)+( harga kartrid warna 3x / hasil halaman komposit warna) + (harga drum / total hasil halaman komposit)

  • Pekerjaan cetak volume tinggi

Printer laser warna dikenal sebagai pekerja keras — mereka hanya dibangun dengan kapasitas untuk dengan cepat menghasilkan sejumlah besar dokumen dan halaman.

  • Kualitas cetak warna yang baik

Dengan kemajuan teknologi dalam printer laser, kualitas cetakan warna telah mengalami peningkatan besar dalam beberapa tahun terakhir. Dengan demikian, apakah Anda mencetak foto untuk penggunaan pribadi atau penggunaan profesional, Anda dapat mengharapkan cetakan warna yang sangat baik dari printer laser Anda.

Kontra dari printer laser warna:

  • Lebih cocok untuk pencetakan dokumen

Laser warna dirancang untuk mencetak dokumen. Meskipun mereka juga dapat menangani dokumen grafis dan teks seperti brosur dan buletin, printer laser mungkin tidak optimal untuk mencetak foto

  • Mesin yang Lebih Besar

Karena bentuknya yang relatif lebih besar, printer laser warna berfungsi paling baik di kantor yang lebih besar dan pengaturan kerja profesional lainnya. Jika ruang tidak menjadi masalah bagi Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan laser warna untuk kebutuhan pencetakan Anda, bahkan di rumah Anda.

Tips Cepat dan Mudah Untuk Meningkatkan Kualitas Cetak Warna

Bagaimana fotografer dan desainer profesional membuat cetakan warna berkualitas tinggi? Ini adalah pertanyaan jutaan dolar yang akan kita bahas di bagian berikutnya.

  • Hasil warna cerah (RGB ke Varians Warna CMYK)

Ada dua cara untuk mencetak warna: RGB atau CMYK.

RGB adalah singkatan dari Red, Green and Blue. Mode warna RGB menggabungkan warna dasar ini dalam berbagai jumlah untuk membentuk hampir semua warna yang dapat Anda bayangkan. Misalnya, jika Anda ingin membuat warna kuning, Anda hanya akan menggabungkan hijau dan merah.

CMYK bekerja sangat berbeda dari RGB- di sini, printer menggunakan warna subtraktif, atau Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Dalam mode CMYK, semua warna adalah subtraktif yang pada dasarnya berarti bahwa semakin banyak warna yang Anda tambahkan bersama-sama, semakin gelap warna yang dihasilkan

Saat mencetak dokumen pada printer CMYK, pastikan Anda membuat dokumen dalam mode warna CMYK. Jika mereka tidak dirancang di CMYK, Anda juga dapat mengubahnya menjadi CMYK melalui program pengeditan foto seperti Adobe Photoshop, atau program tata letak seperti Quark Xpress atau Adobe InDesign.

  • Resolusi Cetak

Resolusi cetak diukur dalam DPI (titik per inci). Semakin banyak titik yang ada dalam satu inci kertas, semakin tajam gambar yang dihasilkan.

Printer Anda harus memiliki resolusi 600 dpi untuk mencetak dokumen berkualitas tinggi (dan 1200 dpi untuk mencapai gambar yang tajam dan terperinci).

Saat berbelanja untuk printer, Anda mungkin memperhatikan bahwa resolusi cetak selalu disajikan sebagai satu set dua angka, misalnya 1200 x 3600 dpi. Ini berarti resolusi maksimum printer itu adalah 1200 dikalikan dengan 3600 dpi.

  • Jenis Kertas

Kertas di bawah standar dapat menghasilkan kualitas cetak warna di bawah standar jadi pastikan untuk tidak mengabaikan faktor kecil tapi penting! Seringkali, masalah cetak seperti pengunaan warna yang berlebihan atau kusamnya warna dapat dikaitkan dengan kertas berkualitas rendah.

Cara Memilih Printer Warna yang Tepat

Sekarang setelah Anda mempelajari karakteristik printer inkjet dan laser warna, tugas Anda selanjutnya adalah memilih printer warna terbaik untuk Anda gunakan.

  1. Kualitas Cetak

Jika Anda mengharapkan untuk mencetak banyak foto pada kertas foto mengkilap atau matte, printer inkjet warna mungkin paling cocok untuk Anda karena kualitas output lebih unggul ketika kertas foto digunakan.

Namun, jika mencetak pada kertas printer polos, kualitas cetak printer laser warna setara dengan printer inkjet.

  1. Volume Cetak

Printer laser warna juga bekerja dengan baik jika Anda perlu menghasilkan banyak dokumen per hari — bagi sebagian besar pembeli printer rumah, ini biasanya bukan pemecah kesepakatan karena biasanyamereka mencetak beberapa dokumen setiap beberapa hari.

Jadi, seperti yang Anda lihat, printer warna yang tepat untuk Anda benar-benar bermuara pada penggunaan cetak yang Anda harapkan dan preferensi Anda dalam hal kualitas cetak.

Jenis Printer Warna dari Brother

Mempertimbangkan untuk mendapatkan printer warna inkjet atau laser? Lihatlah model yang direkomendasikan dari Brother ini.

  1. Printer terbaik dan hemat!
Printer Brother DCP-T420W

DCP-T420W adalah printer inkjet warna terjangkau yang menawarkan penghematan biaya dalam jangka panjang karena botol tinta hasil ultra tinggi, yang memungkinkan Anda mencetak 7.500 halaman berwarna hitam dan 5.000 halaman. Printer juga memberikan cetakan berkualitas profesional dengan teks hitam renyah dan gambar terperinci.

  1. Terbaik untuk Fitur

DCP-T520W menggabungkan beberapa fungsi pencetakan, scan dan fotokopi dalam satu printer. Printer menggunakan botol tinta hasil ultra tinggi yang sama dengan DCP-T420W, sehingga memungkinkan Anda untuk menikmati hasil halaman yang lebih baik dan biaya yang lebih rendah per halaman.

  1. Terbaik untuk Efisiensi
Printer Brother HL-T4000

Jika Anda memiliki kebutuhan akan kecepatan, HL-T4000 mungkin menjadi pilihan ideal Anda untuk printer.Printer ini memiliki fitur pencetakan 2 sisi otomatis, cetakan hingga ukuran A3, menggunakan botol tinta hasil ultra tinggi, dan mampu mencetak hingga 22 gambar per menit atau 35 halaman per menit (dalam mode cepat).

  1. Terbaik untuk Fleksibilitas dan Kinerja Keseluruhan

Pusat Multi-Fungsi inkjet terbaru Brother MFC-J3530DW memberikan kinerja kelas bisnis dengan harga yang wajar. Dengan biaya pencetakan yang rendah, Anda dapat mencetak volume tinggi tanpa terus-menerus mengkhawatirkangaris bawah Anda. Selain itu, ia juga menawarkan kemampuan pencetakan kertas A3, sehingga Anda dapat memperluas dan memamerkan karya Anda tanpa harus kehilangan detail apa pun.

  1. Terbaik untuk Kecepatan

Laser warna Brother all-in-one MFC-L8900CDW memberikan kinerja warna yang sangat baik dengan kecepatan cetak / pemindaian yang cepat. Printer ini juga menawarkan biaya yang lebih rendah berkat toner hasil super dan ultra tinggi. Printer multi-tasking cerdas ini dilengkapi dengan dual CIS Automatic Document Feeder yang memungkinkan Anda memindai hingga 70 lembar yang diarahkan ke media pilihan Anda. Ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih.

  1. Terbaik untuk Rumah dan Bisnis Kecil

Printer laser warna Brother MFC-L3770CDW memberikan kinerja warna yang superior dan kecepatan cetak dan pemindaian yang cepat, menjadikannya pendamping yang sempurna untuk kebutuhan pencetakan rumah atau usaha kecil Anda. Pekerja keras ini mampu meningkatkanproduktivitas kami dengan kecepatan cetak warna yang cepat hingga24ppm.

Kesimpulan

Memilih printer warna terbaik untuk rumah atau kantor Anda akan tergantung pada kebutuhan pencetakan spesifik Anda dan faktor-faktor yang paling menonjol bagi Anda.

Kami berharap komparasi detail antara printer inkjet dan printer laser warna ini akan membantu Anda membuat keputusan pembelian yang tepat untuk diri Sendiri!