Tips Membangun Startup Pasca Pandemi

Tips Membangun Startup Pasca Pandemi

Pandemi COVID-19 yang berlangsung berbulan-bulan tak ayal menghajar perekonomian negara dan memutus mata pencaharian banyak orang. Namun, periode ini juga bisa menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis baru. Berikut beberapa tips untuk Brother & Sister yang ingin membangun startup bisnis pasca pandemi.

 

Lakukan riset dan analisa

Memasuki era pasca pandemi, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis startup adalah melakukan analisa pasar. Di era ini telah terjadi pergeseran kebutuhan dan kebiasaan dari biasanya, seperti konsumen yang lebih memilih melakukan transaksi secara online.

Bentuk analisa dan riset ini bisa sesederhana mengidentifikasi target pasar, banyak berinteraksi dengan target pasar tersebut melalui medium online maupun offline, hingga mengidentifikasi masalah yang mereka rasakan sehari-hari. Riset-riset ini akan membantu Anda menyesuaikan  lini bisnis yang ingin Anda luncurkan dengan kebutuhan pasar.

 

Susun rencana dan waktu

Dalam membangun bisnis, timing adalah segalanya. Tentunya Brother & Sister tidak ingin gagal membangun bisnis hanya karena eksekusi yang telat, bukan? Ketika Anda melakukan proses perencanaan yang disebut di atas, siapkan juga perencanaan rangka dan eksekusi strategi bisnis, termasuk apa saja yang perlu Anda siapkan, tenggat waktu yang harus Anda penuhi, dan apa yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.

 

Menyiapkan peralatan pendukung

Untuk memperlancar operasional bisnis Brother & Sister, tentunya akan memerlukan beberapa peralatan pendukung yang krusial, seperti komputer, koneksi internet, printer untuk kantor, scanner, hingga mesin fotokopi. Terlebih lagi, dalam menjalankan aktivitas bisnis, Anda tentu perlu mencetak, scanning, dan fax berbagai jenis dokumen bisnis penting seperti invoice, purchase order, selebaran promosi atau surat penawaran.

 

Alih-alih membeli setiap peralatan kantor yang disebut di atas, efisiensikan dana Anda dengan membeli peralatan multifungsi, seperti printer MFC-T910DW dari Brothers. Printer untuk kantor ini memiliki fitur 4-in-1 yang dapat digunakan untuk semua kebutuhan print, scan, copy, dan fax bisnis Anda.

Printer ini dipastikan akan meningkatkan efisiensi jalannya bisnis Anda dengan adanya fitur ADF (Auto Document Feeder) yang memungkinkan Anda melakukan scan, copy maupun fax hingga 20 lembar halaman secara otomatis.

Selain itu, printer yang cocok untuk kebutuhan bisnis ini juga dapat terhubung dengan koneksi wireless sehingga dapat digunakan beberapa staf Anda bahkan tanpa menyentuh printer.

Printer untuk kantor ini dijamin 3 tahun garansi, jadi Brother & Sister tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini.

 

Perluas jaringan koneksi

Sudah bukan rahasia umum lagi jika networking merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam membangun startup. Sesuai dengan prinsip sosial bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri, begitu juga dalam bisnis, akan sulit bagi Anda untuk menjalankan bisnis tanpa bantuan dari partner, vendor, maupun tim yang memiliki visi dan misi yang sama. Bagaimana mencari orang-orang ini?

Jika biasanya Brother & Sister mendatangi acara seminar atau networking bisnis, sekarang banyak juga peluang koneksi yang bisa didapat dari forum-forum dan media sosial. Jangan ragu untuk ikut berkomentar atau menyumbang pendapat di topik-topik tertentu untuk membangun hubungan baik dengan individu-individu tersebut!  

 

 Sumber gambar dari Freepik