6 Aturan Dasar Merapikan Rumah ala Marie Kondo

6 Aturan Dasar Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Siapa yang tidak kenal dengan Marie Kondo? Dengan metode KonMari, Marie Kondo mengajarkan kita cara efektif dan efisien dalam merapikan rumah. Terlebih lagi, metode ini juga membantu membangkitkan rasa bahagia saat merapikan rumah.
Tertarik untuk mencoba? Mari simak 6 aturan dasar untuk merapikan rumah dengan metode KonMari.

 

Buat Komitmen untuk Merapikan

Keinginan untuk memiliki rumah yang rapi tentunya selalu ada, namun seringkali keinginan tersebut terlupakan akibat kesibukan lain.

Oleh karena itu, perlu dibuat komitmen di awal agar tujuan dapat tercapai. Hal ini dapat dimulai dengan meluangkan waktu khusus untuk merapikan rumah. Pastikan juga merapikan dilakukan menyeluruh dan tidak setengah-setengah.

 

Beri Diri Sendiri Motivasi Visual

Tujuan dari metode Marie Kondo bukan hanya sekadar untuk merapikan agar terlihat rapi ketika ada tamu yang berkunjung, namun untuk memastikan lingkungan Brother dan Sister terorganisir setiap saat dan memberi Anda rasa bahagia.

Coba visualisasikan situasi ideal yang Anda inginkan atau keadaan rumah seperti apa yang menjadi impian. Hal ini akan membantu Brother dan Sister untuk fokus dengan tujuan Anda menerapkan metode KonMari.

 

Prioritaskan Proses Membuang Barang Terlebih Dahulu

Sebelum mulai merapikan barang-barang, ada baiknya Brother dan Sister terlebih dulu memilah barang yang tidak lagi Anda butuhkan. Hal ini juga juga akan membantu Brother dan Sister nantinya untuk membuat perkiraan ruang yang dibutuhkan untuk benda-benda yang Anda simpan nanti.

 

Rapikan Berdasarkan Kategori, Bukan Ruangan

Banyak orang cenderung merapikan rumah berdasarkan ruangan, misalnya merapikan kamar tidur terlebih dahulu lalu kamar mandi. Metode Marie Kondo agak berbeda karena Anda disarankan untuk merapikan berdasarkan kategori barang (seperti pakaian, buku) untuk menghindari merapikan berulang-ulang. Metode ini cenderung lebih efisien karena Anda akan memiliki gambaran seberapa banyak benda yang Anda miliki dan menakar jumlah benda yang sama.

 

Rapikan dari Kategori Paling Mudah

Urutan kategori barang yang Anda rapikan terlebih dahulu dapat mempengaruhi energi dan antusiasme dalam proses merapikan. Mulailah dengan barang yang cenderung lebih mudah untuk dipilah. Menurut Marie Kondo, urutan yang paling efektif dan efisien dimulai dengan pakaian dan diakhiri dengan barang-barang sentimental.

Printer stiker terbaru dari Brother seri P-Touch Cube PT-P300BT & PT-P710BT hadir untuk membantu Brother dan Sister mengorganisir dan merapikan barang-barang tersebut.

 

Dengan beragam jenis font dan frame yang menarik pada aplikasi yang bisa Anda download di App Store untuk perangkat Apple maupun Play Store untuk Android, Anda pun akan merasa bersemangat ketika melakukan kegiatan bersih-bersih. Selain itu, Anda juga bisa melakukan personalisasi kreasi pada label untuk disesuaikan dengan estetika interior rumah.

Dengan konektivitas ke Bluetooth, proses desain dan cetak pun dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, langsung dari perangkat seluler Anda.

 

Tanyakan Pada Diri Apakah Benda Tersebut Membangkitkan Kebahagiaan

Berbeda dengan metode organisasi yang lain, metode Marie Kondo diatur oleh preferensi pribadi dibanding sederet peraturan baku. Metode ini fokus dengan apa yang Anda rasakan ketika menentukan apakah benda tersebut perlu dipertahankan. Melalui proses seleksi benda yang membangkitkan rasa bahagia, Brother dan Sister dapat memutuskan benda mana saja yang Anda suka, mana yang Anda butuhkan, dan mana lagi yang tidak memberi Anda kebahagiaan lagi..