Tips Merawat Printer Laser di Perusahaan

Tips Merawat Printer Laser di Perusahaan

Berbeda dengan printer inkjet yang menggunakan tinta, printer laser dengan toner ini cukup banyak digunakan di perusahaan yang memiliki kebutuhan untuk mencetak dengan cepat dan dengan volume tinggi karena printer laser dapat melayani kebutuhan cetak yang lebih banyak.

Karena harga printer laser yang cenderung lebih tinggi dibanding printer inkjet, maka perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga printer tetap dalam kondisi prima. Berikut beberapa tips mudah merawat printer laser.

Melakukan pembersihan secara berkala

Lakukan pembersihan printer secara berkala agar printer tetap dapat berfungsi dengan baik. Bersihkan partikel debu yang masuk ke dalam interior printer atau tumpahan toner dengan menggunakan kain lap anti-static yang lembut atau kuas.

Untuk alasan keamanan, pastikan printer sudah dicabut dari sumber listrik satu jam sebelum dibersihkan dan gunakan masker untuk menghindari menghirup debu atau serbuk toner.

 

Siapkan toner cadangan

Toner yang sudah hampir habis cenderung mudah mengeras sehingga dapat menambah beban kerja pada printer head. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan persediaan toner untuk menghindari hal tersebut. Selain itu, pastikan toner yang digunakan kompatibel dengan printer dan memiliki kualitas yang baik agar hasil cetak juga maksimal.

 

Perhatikan jenis kertas yang digunakan

Jika spesifikasi kertas yang digunakan melebihi spesifikasi printer, misalnya penggunaan kertas dengan gramasi yang lebih besar dari yang disarankan printer, hal ini akan secara tidak langsung menambah beban kerja printer Anda.

Selain itu, hindari menggunakan kertas bekas atau kertas yang melengkung karena akan meningkatkan potensi paper jam pada printer.

Melakukan perawatan ekstra untuk komponen esensial printer laser

Beberapa komponen esensial printer seperti OPC drum, fuser unit, laser, dan toner cartridge perlu diberikan perawatan ekstra. OPC drum misalnya, komponen ini sangat sensitif terhadap cahaya karena akan mempengaruhi hasil cetak. Untuk merawat printer dan komponen-komponen esensial lebih baik diserahkan ke tim yang berpengalaman.

Pemilihan printer laser berkualitas akan sangat berpengaruh terhadap kinerja printer, oleh karena itu, percayakan kebutuhan printer laser untuk kantor Anda pada Brother. Selain multifungsi (print-scan-copy-fax) dan hemat, produk Brother memiliki beberapa fitur bermanfaat seperti:

 

1. Order Supplies yang memungkinkan Anda memesan toner original langsung dari printer Anda.

 

2. Remote Panel yang memudahkan Anda mendapatkan bantuan teknis dari pihak IT secara remote, sehingga masalah bisa diselesaikan tanpa mengharuskan tim IT untuk datang ke tempat Anda.

 

3. Request Help juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan bantuan langsung dari service provider.