Cetak Resi dengan Cepat!

Cetak Resi dengan Cepat!

Anda pasti sering mendengar kata ‘resi’ setelah melakukan belanja online di marketplace bukan? Tapi tahukan Anda apakah itu nomor resi itu? Nomor resi merupakan nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa ekspedisi/logistik. Nomor resi umumnya berupa lembaran kertas dengan nomor seri tertentu. Nomor ini diperoleh dari penyedia jasa antar jika barang yang akan dikirim sudah diproses oleh penyedia jasa tersebut untuk segera dikirim ke tempat yang dituju. Selain sebagai tanda pengiriman barang, resi juga digunakan sebagai tanda pengiriman surat dan uang oleh penyedia jasa pengiriman.

Pemberian nomor resi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan karena setiap customer sebenarnya memiliki hak untuk mendapatkan nomor resi ketika berbelanja online. Tujuannya adalah supaya pembeli (customer) tidak merasa was-was dan khawatir serta menangkal pikiran-pikiran negatif seperti ditipu dan sebagainya. Inilah salah satu dari arti pentingnya nomor resi bagi pelanggan (customer) toko online. Manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Tanda sebagai paket telah dikirim

Nomor resi menjadi tanda bahwa paket yang dipesan oleh pembeli telah dalam status pengiriman. Jadi, penjual sudah memberikan sinyal kepada pembeli bahwa pesanannya telah dikirim. Seperti halnya struk belanja, Resi adalah bentuk struk atau bukti bahwa sudah diterima nya sebuah barang oleh penyedia jasa pengiriman dan siap akan dikirimkan.

2. Melakukan tracking barang

Setelah mendapatkan nomor resi kepada customer, nomor tersebut bisa digunakan untuk melacak barang yang sedang dikirim. Jadi customer dapat mengetahui posisi paket pesanannya sudah berada dimana. Tentunya paket tersebut bisa dilacak melalui website penyedia jasa pengiriman.

3. Mengetahui kondisi barang

Dalam beberapa kasus, terkadang terdapat kesalahan pengiriman barang. Hal ini bisa terjadi akibat kesalahan kurir dari jasa ekspedisi. Jadi, jika Anda mendapat keluhan dari pembeli bahwa barangnya belum juga sampai (belum diterima), Anda wajib melakukan cek resi pengiriman untuk mengetahui kondisi barang tersebut.

4. Meningkatkan kepercayaan customer

Setelah belanja online, customer harus memilih jasa ekspedisi mana yang akan ia pakai. Customer tidak hanya memperhatikan tarifnya saja, akan tetapi mereka juga sangat memperhatikan profesionalisme suatu ekspedisi. Makin profesional dan berpengalaman kurirnya, maka akan semakin minim kesalahan yang bisa terjadi. Kesalahan seperti tujuan yang salah hingga estimasi waktu yang molor bisa dihindari.

5. Mengambil barang di ekspedisi

Nomor resi juga dapat digunakan oleh customer untuk mengambil barangnya di jasa ekspedisi. Sebagian customer kadang ada yang memilih untuk mengambil langsung paketnya ke kantor ekspedisi daripada menunggu kurir yang mengantarkan paketnya ke rumah. Alasannya tentu saja karena lebih cepat kalau diambil sendiri.

Agar nomor resi tercetak dengan detail dan rapi, Anda bisa menggunakan printer untuk cetak resi shopee seperti Printer Brother QL-1100 Label Printer. Printer ini merupakan printer untuk cetak resi shopee yang dilengkapi dengan resolusi 300 x 300 dpi. Printer ini juga dapat mencetak label dengan lebar hingga 103,6 mm, sehingga printer ini cocok digunakan sebagai printer untuk cetak alamat online shop karena biasanya untuk mencetak alamat customer membutuhkan label yang lebih besar. Dengan kecepatan mencetak 110 mm per detik, tentunya printer ini dapat mempercepat alur kerja Anda di bisnis online. Selain itu, printer ini juga mendukung konektivitas USB untuk PC dan Mac.

Jadi, apakah sudah siap untuk memberikan pelayanan terbaik dengan cetak resi menggunakan printer untuk cetak alamat online shop terbaik?