Lebih Dekat dengan Printer Thermal

Category
Lebih Dekat dengan Printer Thermal

Saat Anda mencari opsi untuk menghemat biaya untuk volume cetak yang lebih rendah pada bisnis Anda, printer thermal bisa menjadi jawaban Anda!

Sebelum kita mengenal dekat tentang printer thermal, lebih dulu kita ketahui dulu pengertian dari printer yuk! Jadi, printer merupakan perangkat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan baik berupa tulisan, gambar, maupun tampilan lainnya. Teknologi ini digunakan untuk dunia perkantoran, perbankan, ritel, pendidikan, belanjaan, kesehatan, dan sektor lainnya. Kurang lebihnya Anda sudah tahu ya, pengertian umum dari printer.

Karena printer banyak jenisnya, kita akan lebih spesifik membahas tentang salah satu jenisnya yaitu, printer thermal. Mungkin Anda masih asing dan belum pernah menggunakan printer thermal ini sehingga mungkin saja Anda belum mengetahui pengertian printer thermal dan fungsi printer thermal.  Namun, singkatnya printer thermal ini biasa digunakan sebagai printer untuk kasir pembelanjaan, karcis parkir, karcis tol, nomor antrean, tiket pesawat, juga mesin fax. Sudah bisa dibayangkan?

Jadi, printer thermal adalah printer yang memanfaatkan panas untuk menghasilkan tulisan atau gambar di atas kertas. Proses pencetakan dari printer thermal ini menggunakan gulungan kertas. Untuk proses kerjanya, mengambil gulungan kertas tersebut kemudian berubah menjadi gelap saat dipanaskan. Jadi tidak memerlukan tinta atau toner seperti jenis printer lainnya sehingga dapat menghemat biaya perawatan.

Karena memiliki ukuran yang compact dan terbilang kecil dibanding printer jenis lainnya, printer thermal ini tidak memakan banyak ruang dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun ada pula jenis printer thermal dengan ukuran yang lebih besar. Pada umumnya jenis printer ini diperuntukan penggunaan kantor atau bisnis perusahaan. Printer thermal juga tidak membutuhkan tinta atau toner, tidak seperti jenis printer lainnya tetapi sangat tergantung pada kertas termal dalam hasil mencetaknya.

Untuk cara pemakaiannya juga sebenarnya sangat mudah, yaitu menyambungkannya dengan komputer seperti desktop atau system. Kemudian menyalakan printer lalu masukkan kertas thermal (kertas gulung) ke dalam printer, kemudian otomatis akan menggerakkan print head sampai menghasilkan panas setelah itu akan menyentuh kertas kemudian akan mengaktifkan tinta lalu perlahan tinta akan mencetak diatas kertas thermal sesuai dengan input yang diberikan.

Namun sayangnya masih ada banyak orang yang belum familiar tentang printer thermal ini. Adapun jika ada yang mengetahui, mereka sedikit ragu menggunakan printer thermal ini karena ada beberapa keterbatasan dalam penggunaan printer thermal ini seperti ukuran kertas, ukuran printer, teknik mencetak, dan peralatan.

Untuk membantu Anda lebih mengenal printer thermal, Brother menghadirkan seri Thermal Printer yang dirancang untuk efisiensi dan produktivitas maksimum untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Ada TD-4410D, TD-2020, TD-2130N, dan TD-4420DN yang bisa disesuaikan dengan semua industri, tergantung pada bisnis yang Anda miliki.

Thermal Printer dari Brother ini memiliki banyak keunggulan seperti, dilengkapi dengan standar software desain dan cetak label profesional yang di kembangkan oleh Brother dengan fitur disain mutakhir. Dengan aplikasi desain label untuk PC desktop dan perangkat seluler, dan SDK yang terintegrasi semua tipe TD ke dalam aplikasi Anda sendiri, Anda dapat memilih opsi terbaik untuk kebutuhan pencetakan label Anda. Brother menyediakan semua alat yang diperlukan oleh pengembang perangkat lunak untuk mengintegrasikan pencetakan ke dalam aplikasi seperti driver printer yang telah tersedia untuk OS Windows. Jika berbicara tentang  Harga Printer Thermal umumnya akan berbeda-beda karena tergantung dari merk, jenis, dan fitur printer yang ditawarkan.  Namun, untuk Harga Printer Thermal dari Brother, TD-2020 memiliki harga Rp2.990.000.