Mengenal dan Menentukan Printer yang Sesuai Kebutuhan

Mengenal dan Menentukan Printer yang Sesuai Kebutuhan

Kamu pasti tidak asing dengan printer, perangkat pintar untuk mencetak data digital menjadi dokumen cetak. Printer atau pencetak merupakan perangkat yang dapat menampilkan dokumen dalam bentuk cetakan di atas kertas berupa teks maupun grafik/gambar. Fungsi printer menjadi semakin komplet dan signifikan dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan berkembangnya teknologi. Bahkan saat ini satu printer tidak hanya dapat digunakan untuk satu komputer saja. Untuk mencetak diperlukan adanya tinta atau tinta bubuk (toner), perbedaan di antara keduanya adalah perbedaan sistem. Tinta tidak membutuhkan proses pemanasan, hanya membersihkan print head-nya saja. Sedangkan toner memerlukan pemanasan terlebih dahulu.

Terdapat enam jenis pencetak yaitu dot matrix, daisy wheels, inkjet, chain, drum dan laserjet. Hingga tahun 2010 cetakan 3D semakin digandrungi meskipun masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Semakin tingginya permintaan dan kebutuhan. Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan printer menjadi perangkat penting dan wajib dimiliki perorangan. Untuk lebih jelas, berikut adalah beberapa fungsi printer:

1. Mencetak Dokumen

Hal yang paling sering dijumpai untuk mencetak dokumen adalah surat, artikel, laporan, dan berbagai dokumen lain.

2. Mencetak Foto

Seiring perkembangan, kini beberapa printer mampu mencetak foto dengan kualitas sangat baik. Printer yang bisa digunakan untuk mencetak foto, biasanya merupakan jenis printer dengan resolusi tinggi.

3. Mencetak Stiker dan Sablon

Printer komputer juga sering dimanfaatkan untuk mencetak di media lain, seperti kaca, kain dan sebagainya. Fungsi printer selain mencetak dokumen teks dan foto juga bisa digunakan dalam mencetak di media akrilik.

4. Mencetak Banner dan Spanduk

Beberapa printer memiliki ukuran yang lebih besar seringkali digunakan untuk percetakan, model ini dikenal dengan nama plotter. Kemampuannya adalah untuk mencetak bentuk objek dari komputer dengan resolusi tinggi.

5. Sebagai Scanner

Printer sangat membantu membuat dokumen dalam bentuk fisik menjadi dokumen digital atau soft file, hingga diubah dalam bentuk JPG dan PDF. Selain mencetak dokumen, sudah banyak printer yang dijual di pasaran dengan fungsi scanner.

6. Alat Foto Copy

Saat ini printer memiliki layar pemindai yang bisa langsung dicetak dengan hasil hitam-putih atau berwarna yang sama dengan dokumen asli.

Jika sudah memahami fungsi dari printer itu sendiri dan berniat untuk membelinya, pastikan kamu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Beberapa jenis printer ini mungkin bisa kamu pertimbangkan mulai dari printer inkjet yang menggunakan tinta cair berbagai warna. Inkjet merupakan jenis printer yang paling banyak dimiliki oleh perorangan. Selanjutnya adalah printer laserjet yang hanya bisa mencetak dokumen dengan satu warna saja dan menggunakan tinta serbuk. Cara pengoperasian yang mirip dengan mesin fotocopy menjadikannya lebih cepat dan mudah digunakan. Kemudian terdapat printer domatrik yang banyak dilihat di minimarket hingga supermarket untuk mencetak struk bukti pembayaran. Printer ini menggunakan kertas karbon dan banyak digunakan karena lebih efisien waktu maupun biaya.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis printer di atas, apakah kamu sudah bisa membayangkan jenis printer apa yang akan kamu beli? Pastikan kamu memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dengan budget-mu. Harga printer yang kian beragam tentunya meudahkan masyarakat untuk menemukan perangkat yang sesuai. Brother selalu berusaha memberikan pilihan produk yang bervariasi untuk menjangkau kebutuhan masyarakat yang lebih luas dan kualitas printer yang hemat tinta dengan tangki yang sudah tersambung dengan mesin printer. Desainnya yang ramah pengguna juga dirancang untuk meminimalkan risiko kekacauan dan kebocoran.