10 Hal yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Category
10 Hal yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Hampir semua orang memiliki impian untuk memulai bisnis sendiri. Hal tersebut bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun untuk memulai bisnis tidak cukup hanya dengan bermodalkan keinginan saja. Berikut 10 hal yang Brother dan Sister harus miliki jika ingin memulai bisnis.

 

Memulai Bisnis Sesuai Passion

Walau terdengar sepele, hal ini merupakan salah satu poin yang penting. Sebisa mungkin pilih bisnis yang sesuai dengan passion yang Brother dan Sister miliki, dengan begitu Anda akan lebih bersemangat dan tidak terlalu terbebani dalam menjalankan bisnis Anda.

 

Visi Misi Jelas

Visi misi perlu ditentukan terlepas dari seberapa besar bisnis yang akan dibangun. Dengan adanya visi misi yang jelas, membantu pergerakan bisnis Anda menjadi lebih terarah.

 

Nama Brand dan Izin Bisnis

Brother dan Sister tentu tidak ingin berhadapan dengan masalah legal ketika bisnis sudah berjalan. Oleh karena itu, pastikan nama merek atau perusahaan Anda belum digunakan pihak lain, jika perlu Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda agar tidak terjadi masalah kedepannya. Begitu juga dengan izin, pastikan Brother dan Sister telah mengantongi izin sesuai dengan jenis bisnis Anda.

 

Riset Pasar

Setelah menentukan bidang bisnis yang akan dijalankan, Anda perlu melakukan riset terkait lokasi yang tepat, perkembangan dan peluang bidang bisnis Anda di lapangan, selain itu Anda juga perlu mengetahui kompetitor-kompetitor dari bisnis Anda.

 

Memiliki Peralatan Penunjang Bisnis

Selain memiliki produk unggulan, Anda pun perlu menyiapkan beberapa peralatan penunjang bisnis yang krusial, seperti komputer, telepon, hingga printer. Tidak hanya printer biasa, Anda dapat meningkatkan efisiensi dan mempermudah pekerjaan administrasi seperti pelabelan dokumen hingga pencetak label harga dengan menggunakan printer label.

Printer label dari Brother hadir untuk membantu Brother dan Sister menjalankan keseharian bisnis Anda, baik itu berskala kecil maupun level menengah.

Printer ini dijamin mendukung produktivitas karena mampu mencetak dalam volume besar secara cepat hingga 110 label per menit. Selain itu, printer label ini pun dapat mengakomodir ukuran lebar label sesuai kebutuhan Anda, sehingga cocok digunakan untuk mencetak berbagai macam informasi produk, misalnya barcode, nama produk, informasi tanggal kadaluwarsa, penanda varian, hingga personalisasi dan kustomisasi nama pelanggan untuk packaging. Apapun jenis label yang Anda perlukan, printer label Brother adalah plihan yang tetap untuk bisnis Anda.

 

Pemahaman Skill Dasar Administrasi

Pemahaman skill dasar administrasi juga perlu Anda miliki. Dimulai dari hal yang paling sederhana seperti pencatatan administrasi, kemampuan membaca laporan keuangan, hingga penerapan sistem pemisahan keuangan pribadi dan bisnis.

 

Rencana Bisnis

Rencana yang konkrit penting untuk dibuat sebelum menjalankan bisnis. Anda perlu menyiapkan rencana jelas terkait kapan bisnis akan dimulai, bagaimana strategi menjalankan bisnis, hingga rencana pemasaran produk atau jasa Anda. Pembuatan rencana dapat dibuat berdasarkan informasi dari riset pasar yang telah Anda lakukan.

 

Rencana Keuangan Bisnis

Pastikan Anda sudah mengetahui perkiraan modal yang Brother dan Sister butuhkan sepanjang periode menjalankan bisnis ini. Selain modal yang diperlukan, rencana finansial ini juga sebaiknya memuat proyeksi penjualan, arus kas, dan break even point. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi dan memitigasi risiko yang dapat terjadi.

 

Networking

Networking penting untuk membantu Anda dalam menjalankan maupun mengembangkan usaha, baik itu untuk menjalin hubungan baik dengan distributor atau dengan rekan bisnis potensial. Rasa percaya sangat penting dalam bisnis, sehingga pastikan Anda memiliki jejak networking yang baik dengan orang-orang yang memiliki reputasi yang baik dalam lini bisnis tersebut.

 

Tim yang Solid

Dalam menjalankan bisnis, akan lebih mudah ketika Anda bekerja dalam tim yang solid dan saling menghormati. Tim yang solid akan menciptakan hubungan kerja sama yang baik satu sama lain sehingga mempermudah tercapainya visi dan misi bisnis Anda.