Tips Efektif Belajar dari Rumah

Tips Efektif Belajar dari Rumah

Sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia, banyak aspek kehidupan rakyat dari ranah publik hingga personal terpaksa mengalami pelbagai perubahan. Salah satunya adalah aktivitas belajar para siswa. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pemerintah sejak beberapa bulan lalu menghimbau agar murid-murid Indonesia meneruskan kegiatan belajar di rumah masing-masing.

Kegiatan belajar yang semula dilakukan dalam pertemuan tatap muka berubah menjadi pertemuan secara daring. Belajar dari rumah tentunya tidak semudah kedengarannya karena banyak hal yang dapat menyebabkan aktivitas ini menjadi kurang efektif dan efisien. Berikut beberapa tips yang bisa Brother dan Sister coba agar belajar dari rumah lebih produktif.

 

Ciptakan Suasana Nyaman

Tidak dapat dipungkiri jika suasana tempat belajar yang nyaman akan mempengaruhi suasana hati selama belajar dan mengurangi distraksi selama belajar. Untuk menciptakan suasana yang nyaman dapat dimulai dari hal sederhana seperti menentukan satu area khusus di rumah sebagai tempat belajar, rutin merapikan meja, hingga menggunakan pencahayaan yang bagus.

Meski begitu, walau tujuannya untuk merasa “nyaman”, posisi duduk juga sebaiknya diperhatikan. Berbaring sambil belajar mungkin rasanya menyenangkan, namun berisiko merusak fokus. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan posisi duduk yang baik dan benar.

 

Tentukan Target

Brother dan Sister merasa mudah kehilangan motivasi karena tidak berada di lingkungan sekolah? Hal ini kerap terjadi terutama jika Anda hanya belajar secara independen tanpa ada program khusus dari sekolah. Anda dapat mencoba mengatasinya dengan membuat target harian dalam bentuk checklist.

Di pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar, buat sebuah daftar hal-hal yang perlu Anda selesaikan dan capai dalam sehari. Penentuan target ini akan mempermudah proses pembelajaran mandiri menjadi lebih terarah dan memberi Anda rasa pencapaian dan kepuasan tersendiri ketika Anda berhasil menyelesaikannya.

 

Siapkan Perangkat yang Memadai

Belajar dari rumah sekarang bisa dibilang sangat terbantu dengan keberadaan teknologi. Informasi dan interaksi semua dilakukan online. Selain koneksi internet yang cepat, memiliki perangkat kerja yang tepat juga menjadi sebuah keharusan agar tidak menghambat proses belajar. Dengan begitu, Brother dan Sister tidak perlu lagi was-was keluar rumah untuk kegiatan krusial seperti mencetak pekerjaan rumah atau scanning laporan tugas.

Bagi Anda yang ingin mempermudah aktivitas belajar di rumah, hadir printer untuk kegiatan belajar tipe DCP-T710W dari Brother. Printer untuk rumah ini melayani kebutuhan cetak, scanning, copy Anda dengan kualitas cetak bening.

Buru-buru mengejar tenggat waktu? Jangan khawatir; printer wireless ini dapat diakses langsung dari gadget Anda. Selain itu, proses isi ulang tinta hemat yang praktis dan mudah juga mencegah Anda membuang waktu karena harus berkutat dengan mesin, sehingga Anda bisa segera kembali fokus ke proses belajar.

Dengan tinta ultra high-yield Brother, printer ink tank ini mampu mencetak hingga 6500 halaman hitam putih dan 5000 halaman berwarna, memberi Anda usia pakai produk yang cukup panjang dan ekonomis.

 

Buat Jadwal

Salah satu masalah yang sering timbul saat belajar di rumah adalah manajemen waktu. Di satu sisi, seringkali Anda mudah diinterupsi berbagai kegiatan lain saat sedang fokus belajar di rumah, sementara di sisi lain, Anda cepat penat karena tidak ada batasan jelas antara “belajar” dan “pulang ke rumah”.

Oleh karena itu, perlu dibuat jadwal yang berisi pembagian jam belajar dan jam istirahat yang proporsional. Dengan adanya pembagian jadwal yang terperinci, maka kegiatan yang mengganggu dapat dihindari. Di saat yang sama, Anda juga diingatkan untuk rehat dan mengalokasikan waktu untuk hiburan.

 

 Sumber gambar dari Freepik