Cara Memilih Printer Label Terbaik untuk Bisnis Kecil Anda

Category
Cara Memilih Printer Label Terbaik untuk Bisnis Kecil Anda

Mencari printer label terbaik untuk bisnis kecil Anda bisa menjadi tantangan bagi pengguna pertama kali.

Ada berbagai macam pembuat label mulai dari ukuran, biaya, dan kecepatan cetak — tetapi fitur mana yang harus Anda pertimbangkan untuk menemukan printer label yang sempurna untuk bisnis kecil Anda?

Berikut adalah beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan:

  1. Tipe Pencetak Label
  2. Harga
  3. Kecepatan Pencetakan
  4. Volume Pencetakan
  5. Kualitas Cetak
  6. Portabilitas
  7. Ketahanan Air
  8. Fleksibilitas
  9. Konektivitas
  10. Kegunaan dan Kenyamanan

Dengan begitu banyak pilihan printer label di pasar, mudah untuk tersesat saat Anda menimbang kriteria yang berbeda sambil memilih pembuat label yang sempurna untuk bisnis kecil Anda. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari atribut apa yang paling penting dalam printer label.

1. Jenis Printer Label

Jenis printer label apa—printer label termal atau printer label laminasi— paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda? 

Ada pro dan kontra untuk setiap teknologi pencetakan label jadi baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Label Maker Direct Thermal

Jika bisnis Anda memerlukan label yang digunakan untuk barcode, label alamat, label pengiriman, tanda terima, tiket atau kemasan makanan, pembuat label direct thermal  cocok untuk Anda. Pencetakan termal menggunakan stok label yang sensitif terhadap panas dan membakar teks ke label itu sendiri, tanpa mencapai suhu tinggi yang berbahaya.

Sebagian besar label cetak termal berlangsung lama. Namun, mereka tidak cocok untuk lingkungan yang mengekspos mereka ke panas, periode panjang sinar matahari langsung, atau abrasi karena bahan akan menjadi gelap, membuat teks tidak terbaca atau barcode tidak valid. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa direct thermal bukanlah pilihan terbaik untuk produk dan aplikasi jangka panjang. 

Printer Label Brother QL-800 yang mengantongi PC Mag Editors’ Choice 2020, adalah salah satu pembuat label paling populer di Indonesia yang menggunakan teknologi pencetakan termal. Seri Brother DK-22251  menawarkan pencetakan label merah dan hitam,  dan populer digunakan untuk label alamat, label pengiriman, dan kemasan makanan karena Anda dapat mencetak informasi penting seperti tanggal penggunaan dan alergen. Printer label semacam itu memiliki kecepatan 93 label per menit, yang membuat pelabelan sangat efisien.

Dikembangkan untuk tempat kerja yang sibuk, Anda akan dengan senang hati mengetahui bahwa printer label canggih ini mudah diatur dan digunakan. Cukup sambungkan pencetak ke PC atau Mac Anda melalui USB, dan jalankan perangkat lunak bawaan—dengan P-touch Editor Lite, Anda tidak perlu menginstal driver printer.

  1. Pencetak Label Laminasi

Untuk bisnis yang berfokus pada aset backend di mana label diperlukan untuk rak, peralatan kantor, lencana nama, lemari, dan file, printer label laminasi mungkin merupakan taruhan terbaik Anda. Label laminasi dapat menahan ujian waktu (tahan pudar) dan elemen (panas/dingin/air) lebih baik karena tinta dicetak ke label laminasi.

Untuk penggunaan tersebut, Pencetak Label Brother PT-D450 mungkin merupakan pencetak label pilihan. PT-D450 memungkinkan  Anda untuk dengan cepat menghasilkan label hingga lebar 18mm, baik menggunakan keyboard printer sendiri dan layar backlit resolusi tinggi untuk membuatnya secara langsung, atau dengan mengirim desain Anda melalui PC atau Mac Anda melalui perangkat lunak P-touch Editor. Ini juga merupakan  salah satu dari beberapa pembuat label yang dirancang dengan keyboard QWERTY, membuatnya sangat ramah pengguna. 

wanita yang bekerja di meja dengan baris file

2. Harga

Biaya adalah faktor berikutnya yang harus Anda pertimbangkan —tetapi jangan hanya fokus pada biaya printer label itu sendiri; juga mempertimbangkan biaya habis pakainya — kartrid tinta, toner, kepala cetak, pita label, stiker, gulungan, dll. Anda mungkin terkejut dengan seberapa cepat biaya bahan habis pakai bertambah setelah menjerat printer label murah.

Untuk menghindari kejutan seperti itu, adalah bijaksana untuk melakukan perhitungan dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang seperti apa biaya Anda dalam setahun. Anda mungkin lebih baik dengan printer label dengan harga yang kompetitif, dengan bahan habis pakai yang lebih terjangkau yang membantu menjaga biaya berjalan jangka panjang tetap rendah.

3. Kecepatan Pencetakan

Kecepatan pencetakan pembuat label dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda—terutama jika volume cetak Anda tinggi atau Anda beroperasi di lingkungan yang sensitif terhadap waktu. Memiliki printer label yang dapat menghasilkan lebih banyak label dengan kecepatan yang lebih cepat pasti akan merampingkan proses bisnis Anda. Jumlah label per menit atau inci per detik adalah spesifikasi yang harus Anda perhatikan saat memilih pembuat label yang ideal.

4. Volume Pencetakan

Demikian pula, volume cetak pembuat label dapat memengaruhi bisnis Anda. Jika Anda perlu mencetak volume label yang sangat besar, printer label yang lebih efisien yang memiliki fungsi pemotongan otomatis dapat membantu Anda menghemat waktu yang dihabiskan untuk terus mengubah kartrid atau gulungan label. Fungsi ini membantu pencetakan berkelanjutan dengan memotong label Anda ke panjang yang tepat, hingga satu meter.

5. Kualitas Cetak

Apakah Anda perlu mencetak label berkualitas tinggi atau apakah kualitas di atas rata-rata sudah cukup? Apakah Anda memerlukan cetakan label Anda agar bebas noda dan tahan pudar? 

Ini adalah beberapa pertanyaan untuk direnungkan, terutama karena kualitas cetak biasanya berkorelasi dengan harganya. Jika resolusi cetak penting bagi Anda, Anda mungkin ingin mencari printer label yang menawarkan dpi yang lebih tinggi (titik per inci).

Gulungan label dengan barcode

6. Portabilitas

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah portabilitas pencetak label. Apakah Anda harus terus-menerus bepergian dengan printer label Anda, berpindah dari produk ke produk, rak ke rak, gudang ke gudang? Dengan printer label portabel yang memiliki baterai Li-ion isi ulang bawaan, Anda akan dapat melanjutkan pelabelan untuk jangka waktu yang lebih lama, menjaga alur kerja yang efisien.

Di sinilah Anda mungkin harus memutuskan antara printer label ringan dan portabel dan yang bertugas berat.

7. Ketahanan Air

Lingkungan tempat bisnis Anda berada juga akan memengaruhi jenis label yang Anda pilih. Label tahan air akan sangat penting jika bisnis Anda beroperasi dalam kondisi kelembaban tinggi atau jika ada kemungkinan kondensasi di setiap titik proses logistik.

8. Fleksibilitas

Fleksibilitas printer label memberi Anda beberapa cara untuk mengirim pekerjaan cetak dari—mandiri, PC, perangkat seluler, sistem jaringan, dll. Penting untuk mempertimbangkan atribut ini jika bisnis Anda mengetuk beragam kebutuhan ini. Untuk baca yang lebih komprehensif tentang beberapa cara pencetakan ini, klik di sini!

9. Konektivitas

Di era digital dan seluler, Anda mungkin perlu mempertimbangkan betapa mudahnya menghubungkan pencetak label Anda ke komputer untuk pencetakan langsung dari aplikasi umum seperti Microsoft Word atau Excel.  Sebagian besar pencetak label dapat dihubungkan ke komputer melalui USB. Model lain yang lebih canggih mungkin dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi atau Bluetooth. Jika Anda membutuhkan labeller Anda untuk sering ditautkan dengan perangkat lain,   

10. Kegunaan dan Kenyamanan

Akhirnya, faktor terpenting yang mengalahkan semuanya adalah kemudahan penggunaan labeller. Apakah layar cukup besar bagi Anda untuk mempratinjau label dengan nyaman? Apakah printer label intuitif untuk digunakan? Keramahan pengguna keseluruhan dari printer label bisa menjadi pembuat kesepakatan (atau pemutus) jadi cobalah sebelum Anda melakukan lompatan!

Kesimpulan

Memilih printer label terbaik untuk bisnis kecil Anda bisa menjadi tugas yang menakutkan. Kami berharap tips di atas sangat membantu dalam memungkinkan Anda untuk memutuskan printer label terbaik untuk bisnis Anda.