Beda Printer Cetak Label Pengiriman dan Thermal Biasa, Ini Jawabannya

Category
Beda Printer Cetak Label Pengiriman dan Thermal Biasa

Printer di pasaran memang ada banyak jenis, salah satunya adalah printer thermal. Printer thermal ini tidak memakai toner dan tidak bersuara bising. Biasanya, masyarakat menggunakan printer thermal untuk kebutuhan kasir, struk ATM atau online shop. Nah, berdasarkan cara kerjanya ternyata printer thermal terbagi menjadi dua, yaitu Direct Thermal dan Wax Transfer. Lalu, manakah yang cocok Anda gunakan sebagai printer cetak label pengiriman?

Apa Itu Printer Thermal?

Printer Thermal adalah salah satu jenis printer yang menggunakan panas untuk mencetak teks atau gambar. Umumnya, kertas thermal berupa gulungan yang akan berubah menjadi gelap ketika dipanaskan.

Tidak seperti printer jeni lainnya, mesin perangkat yang satu ini tidak mengeluarkan suara bising serta dapat mencetak dengan sangat cepat. Bahkan printer thermal juga tidak memakai tinta. Tidak heran jika pengoperasian dan pemeliharaannya sangat mudah. Secara sederhana, cara kerjanya hampir sama dengan mesin faximile yang tidak menggunakan tinta, tetapi memanfaatkan proses pemanasan.


Cara Kerja Printer Thermal

Meski sama-sama menggunakan panas untuk menghasilkan cetakan, namuan melihat dari cara kerjanya, keduanya memiliki perbedaan. Printer thermal terbagi menjadi dua, yakni direct thermal dan wax transfer. Apa beda keduanya?


Printer Thermal Transfer

Printer yang satu ini membutuhkan ribbon untuk memanaskan tinta saat mencetak. Panas ini berasal dari printhead akan membuat hasil cetakan lebih tahan lama. Bahkan, printer ini dapat Anda gunakan untuk mencetak teks atau gambar berwarna. Sayangnya, harga printer ini cenderung lebih mahal, dan membutuhkan extra perawatan.


Direct Thermal

Sesuai dengan namanya, printer direct thermal hanya memanaskan kepala PIN saat proses mencetak. Printer ini tidak membutuhkan ribbon. Oleh karena itu, perawatannya pun cenderung lebih mudah daripada thermal wax transfer. Tidak perlu menggunakan ribbon sehingga mudah untuk Anda pergunakan.

Meski pada dasarnya sama, namun melihat dari hasil cetakan jelas berbeda. Tinta yang tercetak pada kertas thermal tidak akan mudah pudar oleh perubahan suhu, atau cuaca. Oleh karena itulah, banyak pengusaha atau jasa ekspedisi menggunakan printer direct thermal untuk mencetak label pengiriman. Selain itu, direct thermal juga cocok untuk mencetak label daging segar, struk resep, name tag.


Printer Cetak Label Pengiriman Terbaik

Printer cetak label memang bukan hal asing lagi di telinga masyarakat, apalagi para pemilik usaha online shop atau jasa ekspedisi. Kendati demikian, Anda tetap harus menemukan printer yang tepat, agar hasil cetakan pun sesuai dengan harapan.

Pasalnya label pengiriman ini mempunyai peranan yang sangat penting, seperti :

  • Mengidentifikasi karakteristik barang. Membaca label pengiriman, kurir akan mengetahui karakteristik barang termasuk benda pecah belah, makanan, produk cair atau elektronik.
  • Sebagai petunjuk menemukan alamat penerima. Label pengiriman yang terbaca dengan jelas akan memudahkan kerja kurir dalam mengirim paket. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan. Misalnya salah alamat, atau barang kembali ke ekspedisi.
  • Paket barang akan terlihat lebih rapi. Penggunaan stiker label ini dapat membuat paketan menjadi lebih rapi. Karena informasi pengiriman bukan tulisan tangan.
  • Menghemat waktu dan tenaga. Proses pengantaran akan jauh lebih mudah jika informasi terkait identitas sudah termuat dengan jelas. Selain itu, label pengiriman ini juga dapat meminimalisir kesalahan informasi, sehingga lebih hemat waktu dan tenaga. Dampaknya, pengirim mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, pihak jasa ekspedisi pun lebih mudah dalam bekerja. Pelanggan yang menerima barang pun merasa aman karena terkirim tepat waktu.

Untuk mencetak label pengiriman, Anda bisa memilih seri printer label direct thermal dari Brother. Pasalnya, series printer thermal terbaik ini memang dirancang khusus agar dapat mendukung bisnis Anda. Anda bisa meningkatkan operasional usaha Anda dengan printer ini.

Produk printer label pengiriman yang tepat untuk bisnis Anda adalah Brother Printer Label Direct Thermal TD-4410D dan TD-4420DN.


Keunggulan Printer Label Direct Thermal Brother

Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan mengapa Anda harus memilih printer cetak label pengiriman dari Brother.

Profesional dan Terbaik

Brother sudah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang percetakan. Perusahaan ini juga terus berinovasi dan berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan secara luas. Salah satunya dengan mengembangkan seri printer label. Jadi, tidak perlu Anda ragukan lagi bagaimana kualitas produk keluaran Brother.


Garansi 3 Tahun

Tak hanya itu, Brother juga memberikan garansi selama 3 tahun, termasuk jika terjadi kerusakan pada printhead. Brother juga memberikan layanan purna jua di seluruh Indonesia.


Integrasi Software

Kelebihan lainnya, printer label produksi Brother mudah Anda integrasikan dengan software apa saja. Tentu saja, kemudahan ini akan membantu meningkatkan produktivitas. Pasalnya, Anda dapat mencetak label dengan cepat dan mudah.


Cepat

Printer ini dapat mencetak dengan kecepatan hingga 8 inch per detik. Selain itu, Anda dapat dengan mudah mengukur skala kapasitas label, sehingga dapat terus berinovasi mengikuti permintaan pasar.


Hasil Tajam dan Berkualitas

Printer label keluaran Brother ini mempunyai resolusi antara 203 sampai dengan 300 dpi. Dengan begitu, hasilnya cetak pun lebih tajam dan jelas. Bahkan, untuk mencetak barcode dan ukuran font yang kecil.

Printer ini juga telah dirancang untuk mencetak barcode dengan kualitas tinggi. Tak hanya itu, Anda pun bisa memanfaatkan printer ini untuk mencetak resep,atau label pengiriman.


Software Gratis

Pada setiap pembelian perangkat printer label, Anda akan mendapat software P-touch editor serta sticker label template yang bisa Anda pilih atau gunakan sesuai kebutuhan.


Cara Membuat Label Pengiriman

Setelah mengetahui rekomendasi printer label yang terbaik dan berkualitas, maka Anda perlu memperhatikan poin-poin apa saja yang tertera dalam label pengiriman.

Biasanya jasa ekspedisi sudah menyertakan format shipping label template, hanya saja beberapa pemilik online shop memilih untuk membuatnya sendiri. Hal pertama yang harus ada dalam label pengiriman adalah :

  • Identitas, lazimnya identitas tertulis nama dan alamat lengkap penerima termasuk RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten atau kode pos. Pastikan menuliskan nomor telepon penerima.
  • Nama pengirim, sama dengan informasi penerima. Nama pengirim juga hal yang harus ada pada label alamat pengiriman.
  • Detail produk yang dikirim. Keterangan ini mempermudah pihak ekspedisi untuk mengetahui karakteristik barang. Sehingga, kurir akan lebih waspada apabila terdapat informasi barang.
  • Nomor resi atau barcode. Nomor ini juga dapat mempermudah kurir pada saat proses pengiriman. Barcode akan menampilkan informasi terkait tentang data-data penerima dan lainnya.
  • Berat barang dan ongkos kirim. Keterangan ini dapat memudahkan kurir membuat tagihan kepada penerima yang memilih pembayaran COD.
  • Informasi perusahaan ekspedisi. Informasi ini memuat stiker label perusahaan ekspedisi.

Itulah perbedaan printer cetak label pengiriman dengan thermal biasa. Keduanya mempunyai kelebihan masing-masing, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan saja. Semoga informasi tentang printer label direct thermal di atas dapat membantu bisnis Anda.


https://www.brother.co.id/id-ID/contents/printerlabelbisnis

https://store.sirclo.com/blog/fungsi-shipping-label/#:~:text=Label%20pengiriman%20berfungsi%20memudahkan%20jasa,membuat%20paket%20menjadi%20lebih%20rapi

https://accesslogistik.com/blog/perbedaan-ftl-dan-ltl/

https://rollsticker.id/perbedaan-label-thermal-dan-semicoated-kegunaannya/