4 Kelebihan Printer Inkjet

4 Kelebihan Printer Inkjet

        Teknologi printer sesungguhnya sudah dimulai sejak tahun 1938. Printer ini pertama kali dibuat oleh seorang inventor bernama Chester Carlson. Pada mulanya Carlson membuat sebuah printer kering yang disebut dengan electrophotography. Perkembangan dari komputer selanjutnya terjadi pada 1953. Pada tahun ini telah ditemukan sebuah printer dengan kecepatan tinggi. Printer dengan kecepatan tinggi ini telah dibangun oleh Remington Rand. Teknologi ini merupakan teknologi yang dibangun untuk Univac Computer.

        Pada tahun 1969 muncul teknologi printer laser yang disebut dengan EARS. Pembuatan teknologi printer laser ini selesai pada tahun 1971. Jenis printer dikembangkan dengan menggunakan teknologi printer tradisional yang ditambah dengan laser.

        Di tahun yang sama, 1976, muncul lagi sebuah teknologi printer yang baru yang disebut dengan printer inkjet seperti yang dikenal saat ini. Akan tetapi pengembangan printer ini membutuhkan waktu hingga 12 tahun agar printer inkjet ini bisa menjadi printer rumahan seperti saat ini. Di tahun 1992, muncul kembali sebuah teknologi printer baru yang disebut dengan teknologi deskjet inkjet printer. J

        Printer inkjet adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetak. Inkjet yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mencetak sampai ukuran kertas yang sangat besar, dan dengan kualitas yang sangat baik. Printer ini merupakan jenis printer yang banyak dijual di pasaran dan banyak digunakan untuk proses percetakan dengan ukuran kecil, sedang, hingga besar. Printer ini berfungsi mencetak dokumen dalam bentuk teks maupun gambar dan mampu menghasilkan cetakan dengan resolusi yang baik.

        Ada beberapa keunggulan atau manfaat yang bisa Anda peroleh saat menggunakan printer jenis inkjet, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mampu menghasilkan cetakan yang berkualitas tinggi, baik tulisan maupun foto. Bahkan jika Anda menggunakan kertas foto, printer Ink Jet mampu menghasilkan cetakan foto yang berkualitas.
  2. Memiliki harga jual yang murah. Printer ini memiliki harga beli yang relatif murah. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang membeli printer Ink Jet untuk kebutuhan pribadi.
  3. Mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dalam skala kecil. Nah, printer jenis Ink Jet ini juga mampu mencetak dokumen dengan kecepatan yang cukup tinggi.
  4. Memiliki kemungkinan untuk mencetak dari berbagai sumber. Banyak tipe dan fitur dalam printer Ink Jet, seperti mampu mencetak langsung dari media card maupun kamera digital. Namun, pastikan printer yang Anda beli memiliki fitur tersebut.

        Printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang mampu mencetak menggunakan tinta hingga mampu menghasilkan cetakan berupa teks hingga gambar pada sebuah kertas. Didalam printer ini memiliki dua buah cartridge yang mampu menampung dua jenis tinta yaitu tinta hitam dan tinta warna. Printer inkjet digadang sebagai printer dengan biaya cetak paling murah. Selain itu harga produknya juga lebih miring jika dibandingkan dengan printer jenis lainnya. Tidak perlu ragu lagi untuk memilih printer inkjet impianmu, printer ingket terkenal dengan harga murah dengan kualitas yang baik dan tahan lama.