Cara Menghemat Tinta Printer untuk Anak Kuliahan

Category
Cara Menghemat Tinta Printer untuk Anak Kuliahan

Sebagai anak kuliahan, banyak aktivitas dan tugas kampus yang mengharuskan Anda untuk sering menggunakan printer. Dari tugas kuliah, makalah, hingga skripsi, kebutuhan printer Anda tentu cukup tinggi. Namun, semakin banyak dokumen yang butuh dicetak, maka semakin besar pula pengeluaran untuk tinta printer tiap kali harus diganti.

Jika Brother dan Sister ingin mengurangi pengeluaran dan bertahan dengan budget bulanan, berikut beberapa cara menghemat tinta printer untuk anak kuliahan.

 

Cetak hanya bagian yang dibutuhkan

Ketika Anda ingin mencetak informasi yang berasal dari website, tentu tidak semua bagian Anda butuhkan di dokumen Anda, misalnya gambar atau teks instruksi dari website. Anda bisa memanfaatkan fitur print preview untuk mengecek dan mengatur konten dokumen sebelum Anda mencetaknya.

 

Gunakan font yang hemat tinta

Tanpa kita sadari, ternyata tipe font yang digunakan dapat mempengaruhi penggunaan tinta. Dilansir dari Patrick Austin (Consumer Reports), font seperti Arial mengkonsumsi tinta lebih banyak dibandingkan Times New Roman ataupun Calibri. Selain itu font dengan tambahan nama Narrow ataupun Thin bisa menjadi alternatif, karena mengkonsumsi lebih sedikit tinta dibandingkan versi normalnya.

 

Atur pengaturan printer

Terkadang tidak semua dokumen perlu dicetak dengan kualitas optimal, misalnya draft tugas yang belum final atau materi yang perlu dibawa untuk acara kuliah. Untuk itu, Anda bisa mengatur setting cetak anda ke mode Draft atau Fast, sehingga bisa menghemat penggunaan tinta printer. Ketika membutuhkan kualitas yang optimal, Anda bisa mengatur kembali setting cetak ke normal.

 

Hindari terlalu sering melakukan head cleaning

Head cleaning adalah salah satu metode perawatan printer yang berfungsi melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari cartridge ke head printer. Umumnya head cleaning dilakukan melalui perintah yang ada pada software dari printer. Namun, proses head cleaning cukup menghamburkan tinta. Oleh karena itu, lakukan head cleaning seperlunya saja atau ketika hasil cetak sudah tidak sesuai walaupun tinta masih penuh.

 

Pilih printer dengan kualitas yang baik

Pemilihan printer dengan kualitas yang baik tentunya akan mempengaruhi seberapa hemat penggunaan tinta. Pilih printer kualitas yang baik seperti printer Brother DCP-T310 yang memiliki fitur printer multifungsi print, copy, dan scan, cocok untuk digunakan di berbagai keperluan tugas Anda sebagai mahasiswa.

Printer hemat tinta ini mampu mencetak hingga 6500 halaman hitam-putih dan 5000 halaman berwarna, jadi Brother dan Sister tidak perlu khawatir terlalu boros menggunakan tinta printer. Isi ulang tinta juga jadi lebih mudah dan bebas risiko tumpah dengan sistem refill tutup transparan.

 

Hanya dengan harga dua jutaan dan garansi 3 tahun, Brother dan Sister sudah bisa mendapat printer multifungsi yang dapat digunakan untuk print, copy, dan scan dokumen apa saja yang Anda butuhkan. Isi ulang tinta juga mudah dan hemat dengan kemampuan mencetak skripsi, makalah, dan tugas presentasi dengan volume tinggi. Jadi, jangan ragu untuk memilih printer Brother DCP-T310 sebagai pendamping aktivitas kuliah Anda!