Cara Menata Peralatan Dapur

Cara Menata Peralatan Dapur

Dapur selalu jadi ruangan yang punya fungsi penting di rumah. Dapur perlu punya desain interior yang indah dan menarik. Namun, semenarik apapun desain interior dapur di rumah, semuanya akan percuma kalau dapur kotor dan berantakan. Jika hal tersebut muncul, pasti terasa sesak dan tidak nyaman bukan?

Agar tidak terlihat berantakan, kita mulai dulu dengan merapikan dan menata peralatan yang ada di dapur dulu. Hal ini, supaya Anda tidak akan kesulitan dan bisa memudahkan saat Anda hendak memasak dan menemukan peralatan yang dibutuhkan. Nah, supaya dapur rapi, berikut ini adalah tips menata peralatan dapur untuk Anda!

  1. Manfaatkan dinding di dapur dan gantungkan peralatan masak seperti, panci, wajan, cangkir dan lainnya. Bentuk dan modelnya yang beragam, bisa Anda sesuaikan dengan penataan yang Anda inginkan.
  2. Gunakan rak piring yang diletakkan di atas wastafel. Adanya alat ini berfungsi untuk meniriskan piring dari air setelah dicuci. Air yang menetes dari piring basah akan menetes ke bak cuci, sehingga dapur tampak selalu rapi dan bersih.
  3. Siapkan rak atau lemari dapur untuk menaruh bumbu, bahan makanan, dan makanan-makanan kering lainnya. 
  4. Manfaatkan bagian bawah dapur mini untuk dijadikan area penyimpanan fungsional seperti, lemari atau rak kecil di bawah wastafel. Simpan peralatan kebersihan di dalamnya, seperti cairan pembersih lantai, sabun cuci piring, dan peralatan memasak berukuran besar. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan sekaligus menyembunyikan tempat sampah di bagian bawah bak cuci, agar tidak terlihat langsung oleh orang.
  5. Buatlah kantong sederhana yang ditempelkan di bagian pintu. Cukup kantongnya dimanfaatkan untuk menyimpan plastik-plastik belanja ya. Hindari menyimpan banyak kebutuhan di balik pintu agar dapur tidak terlihat padat dan berantakan.
  6. Susun peralatan menumpuk dengan rapi. Urutkan penyimpanan peralatan dapur berukuran besar, seperti panci, wajan dan lainnya dengan cara menumpuk. Urutkan penyimpanannnya berdasarkan ukuran yang paling besar hingga kecil. Tahukah kamu? Cara ini ternyata bisa untuk menghemat ruang dan membuatnya tampak lebih rapi dan bersih lho.
  7. Susun peralatan berdasarkan kebutuhan. Letakkan di area tersembunyi untuk peralatan yang jarang digunakan. Sementara peralatan yang sering digunakan bisa disimpan di area yang mudah dijangkau.
  8. Pilih keseluruhan peralatan yang dimiliki dan singkirkan barang yang sudah tidak terpakai lagi. Barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan digunakan saja yang diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Yang jarang dan bahkan tidak digunakan bisa dipindahkan ke area luar dapur sehingga ruangan dapur terasa lebih luas.
  9. Gunakan label untuk menamakan bumbu dapur Anda. Hal ini demi memudahkan Anda menemukan bumbu masak ditambah sebagai informasi supaya Anda tidak salah ambil saat ingin menggunakannya.

Untuk membantu menciptakan dapur yang bersih bagi Anda dan keluarga, Brother menghadirkan pilihan Printer Label dengan fitur yang mudah digunakan. Printer label dari Brother yang direkomendasikan yaitu, PT-P300BT yang dilengkapi dengan teknologi potong manual. Anda juga dapat mengatur printer ini untuk memotong label setelah sejumlah label tertentu dicetak. Brother juga memiliki Label Maker PT-H110 dan PT-D210 dengan opsi papan ketik QWERTY dan fungsi-fungsi khusus seperti, Anda dapat dengan cepat menggunakan Label Maker untuk pelabelan peralatan di rumah dan dapur khususnya.

Sumber Gambar: Freepik