Cara Menyimpan Printer di Kantor yang Lama Ditinggal

Cara Menyimpan Printer di Kantor yang Lama Ditinggal

        Ada pepatah mengatakan, “makin diasah makin tajam”. Mungkin pepatah yang sama berlaku juga untuk printer. Jika jarang digunakan, maka akan menyebabkan beberapa masalah pada printer. Terutama jika printer tersebut adalah jenis printer inkjet, dimana sumber warnanya diperoleh dari tinta yang rawan kering jika dibiarkan mengendap. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tahu cara merawat printer yang jarang dipakai. Memang, apa saja sih masalah yang akan timbul jika printer jarang dipakai? Berikut ini masalahnya:

Tinta catridge yang mengering

        Jika kamu menggunakan printer yang menggunakan tinta catridge sebagai bahan utama warna, maka tinta tersebut akan menyumbat selang menuju head printer. Semakin lama, sumbatan tersebut bisa mengering. Hal tersebut bisa menghalangi tinta yang akan keluar ke head printer, sehingga hasil warna yang dihasilkan pada hasil cetakan tidak sempurna dan tidak memuaskan. Jika sudah begitu, kamu harus melakukan beberapa cara memperbaiki cartridge.

        Merawat printer bukanlah sesuatu hal yang sulit dan membutuhkan banyak biaya. Mungkin kamu membayangkan bahwa merawat printer membutuhkan keahlian seperti teknisi yang harus bisa membongkar-pasang tubuh printer dan membutuhkan alat untuk menjaga keawetan hasil print. Ternyata, merawat printer sangat mudah asalkan kamu melakukannya dengan benar. Memang, jika dilihat sekilas, cara ini merupakan hal yang sepele. Namun, ternyata kertas yang tebal dapat memperberat kerja roda penggerak di printer ketika digunakan untuk mencetak kertas. Hal tersebut dapat mengakibatkan rusaknya printer dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kualitas kertas yang digunakan juga haruslah yang bagus. Sebagai informasi, kertas yang jelek dan terlalu tebal merupakan salah satu penyebab printer macet ketika digunakan. Jadi, gunakan kertas yang tidak terlalu tebal dan berkualitas bagus.

        Hindari meninggalkan cartridge berada dalam keadaan kosong (tidak ada tinta) di saat printer kamu jarang digunakan untuk waktu yang lama. Usahakan cartridge dalam keadaan terisi tinta. Alasannya agar kamu bisa melakukan Clean Head ketika hendak menyalakan printer kembali. Proses Clean Head akan membutuhkan banyak tinta untuk membersihkan endapan tinta pada selang. Jadi sebaiknya, pastikan tinta cartridge pada printer kamu terisi.

        Jika kamu hendak menyimpan printer dalam waktu yang lama, sebaiknya simpan printer di tempat yang kering dan tidak lembab. Alasannya agar komponen elektronik di dalam printer tidak terkena uap air yang bisa mengakibatkan terjadinya konslet. Jika komponen elektronik pada printer sudah konslet, maka printer kamu menjadi tidak bisa digunakan dan harus diservis ke service center. Jika kamu kebetulan memiliki budget lebih, tidak ada salahnya mengganti printer lama dengan printer terbaru. Dengan melakukan upgrade ini, kamu dapat memilih printer yang lebih canggih dan multifungsi sehingga akan menungjang berbagai pekerjaanmu.