Bagaimana Kesuksesan E-Commerce Dapat Berpengaruh Dari Proses Labelling yang Efisien

Category
Bagaimana Kesuksesan E-Commerce Dapat Berpengaruh Dari Proses Labelling yang Efisien

E-commerce (e-niaga) adalah industri yang lahir dari keinginan kami untuk tersedianya harga terbaik dan pengiriman produk yang cepat.

Penjual di toko online seperti eBay, Amazon, dan Etsy telah aktif selama lebih dari satu dekade untuk menyediakan banyak pilihan bagi pembeli. Namun, masih umum terdapatnya label berkualitas buruk dapat secara signifikan memengaruhi profitabilitas dan layanan pelanggan yang berkelanjutan.

Jadi, apa hubungan antara proses pelabelan yang bagus dan kesuksesan e-niaga, dan bagaimana Anda dapat mencapai semua langkah yang tepat? Dalam artikel ini, kami menjelaskan pertimbangan penting untuk menyempurnakan proses pelabelan Anda.

Bagaimana untuk menyempurnakan proses pelabelan Anda

Sama seperti aspek bisnis lainnya, Anda ingin proses pelabelan Anda secara akurat dan sempurna sehingga waktu yang perlu Anda investasikan adalah minimum dan mendapat hasil yang maksimal. Berikut beberapa tip untuk mewujudkannya:

 
Image1
 

1.  Hindari pemborosan

Label dan kertas yang terbuang lebih dari sekadar gangguan bagi bisnis yang mengandalkan eCommerce; pemborosan tersebut akan secara aktif mengurangi margin keuntungan Anda. Jika printer Anda melakukan banyak kesalahan cetak, ini adalah tanda bahaya (red flag) bahwa pelaksanaan e-commerce Anda tidak semulus yang seharusnya.

Lebih buruk lagi, jika Anda tidak menemukan label yang salah cetak ini sebelum dikirim, ada kemungkinan besar pelanggan Anda akan mengalami penundaan dalam menerima barang mereka atau mungkin tidak menerimanya sama sekali. Oleh karena itu, sering kali ada baiknya berinvestasi sedikit lebih banyak pada mesin yang menghasilkan label berkualitas lebih tinggi sehingga label Anda akan selalu terletak di tengah dengan benar, melekat dengan cukup, dan menampilkan teks yang bersih tanpa goresan.

 

2.  Pastikan kesesuaiannya dengan perusahaan pengiriman

Label dengan tampilan paling profesional sekalipun di planet ini tidak akan tampak bagus jika tidak sesuai dengan permintaan dari perusahaan pengiriman seperti Australia Post atau Parcel Post. Namun, perlu dicatat bahwa meskipun beberapa model tidak kompatibel dengan jasa pengirim yang Anda pilih di luar kotak, Anda bisa saja mengedit label Anda untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

3.  Cari pengaturan/penyiapan yang cepat

Jika Anda memperbarui printer yang Anda gunakan untuk label E-commerce, pengaturan/penyiapan yang lambat dapat menyebabkan hambatan dalam pesanan dan lambatnya pengiriman ke pelanggan. Saat memilih opsi apa saja yang Anda temukan, baca ulasan konsumen – yang akan sering menyoroti masalah penyiapan atau merekomendasikan produk yang cepat dan mudah untuk dijalankan.

Berbicara tentang kecepatan, Anda juga harus mencari tahu kecepatan pencetakan model yang Anda pilih, sehingga Anda memiliki gambaran tentang bagaimana investasi Anda akan memengaruhi kecepatan seluruh proses Anda.

 

4.  Carilah portabilitas (kemudahan untuk dibawa)

Printer label industri besar mungkin menjadi hal yang biasa di gudang besar, tetapi sering kali bukan pilihan terbaik untuk penjual online. Memiliki printer label portabel dapat membantu pencetakan saat bepergian dan akan menghemat ruang Anda.

Memilih model nirkabel juga dapat mencegah perusahaan Anda dari kabel yang berantakan dan juga berarti Anda dapat mencetak langsung dari ponsel atau perangkat seluler lainnya.

 
Image2
 

Cara membuat label yang sempurna

Sekarang, setelah Anda menyederhanakan proses pelabelan, mari kita lihat bagaimana Anda dapat meningkatkan kualitas dari label itu sendiri. Ini mungkin tampak begitu mudah sehingga bisa saja Anda bisa mengabaikannya; namun, kegagalan dalam langkah kecil terakhir ini dapat menimbulkan perbedaan besar pada apakah layanan Anda telah selesai dengan baik.

Cetak label Anda: Penjual e-niaga pemula mungkin merasa memiliki cukup waktu untuk menulis ulang label mereka dengan cepat – tetapi waspadalah terhadap masalah yang muncul dari tugas manual ini. Menulis label Anda akan memakan waktu dengan cepat, membatasi kecepatan lini produksi Anda. Selain itu, tulisan tidak selalu 100% terbaca dan rentan tercoret saat pengangkutan. Mudahkanlah pekerjaan Anda dan berinvestasilah pada printer label berkualitas tinggi sejak dini – printer yang cepat, efisien, dan akurat.

Berinvestasilah pada kualitas: Label harus ditata dengan jelas, sangat lengket, dan, yang terpenting, dapat dibaca sepenuhnya. Label cetak berkualitas tinggi memastikan terpenuhinya semua faktor ini dan sangat kecil kemungkinannya untuk pecah, sobek, atau tercoreng saat pengiriman.

Pastikan ukurannya benar: Beberapa printer dapat secara otomatis mendeteksi ukuran pita label yang Anda gunakan, menyesuaikan template pada layar yang sesuai sehingga Anda dapat memeriksa apakah semuanya sudah sebagaimana mestinya. Hal ini akan sangat berguna jika Anda menggunakan perusahaan pengiriman yang berbeda untuk produk atau tujuan yang berbeda.

Label gudang dapat dicetak. Berbagai tahapan yang diperlukan dalam e-commerce berarti sangat diperlukannya pelabelan yang akurat dan terbaca.

Mudah untuk menghindari terjadinya kesalahan pelabelan

Setelah membahas apa yang harus Anda lakukan, sebaiknya diskusikan beberapa kesalahan mudah yang semestinya bisa dihindari.

Menempelkan label Anda di sudut atau di lipatan: Paket Anda akan dipindai di setiap pos pemeriksaan sepanjang proses pengirimannya. Kode batang (Barcode) yang tidak dapat dipindai dengan mudah hanya akan memperlambat proses pengiriman atau bahkan akan membatalkan proses pengiriman tersebut. Pastikan label Anda berada pada bagian kemasan yang datar dan rata tanpa halangan struktural

Pertimbangkan pilihan kertas Anda: Mencetak label pengiriman Anda ke kertas standar mungkin tampak seperti pilihan yang murah dan mudah, tetapi ini akan menciptakan tampilan yang kurang profesional. Ini dapat membuat pelanggan Anda mempertimbangkan kembali kualitas dan legitimasi bisnis Anda.

Hindari label yang dapat dilepas: Label yang mudah dilepas mungkin menjadi sebuah kemudahan begitu pelanggan menerima produknya, tetapi sepanjang proses pengiriman, label yang mudah dilepas tersebut bisa menjadi mimpi buruk. Jangan mengambil risiko dengan hilangnya label Anda.

Menggunakan kembali boks yang lama (yang sudah pernah dipakai): Bahkan untuk orang yang paling ramah lingkungan pun, menggunakan kembali boks karton yang sudah dipakai adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Tidak hanya terlihat tidak profesional, tetapi juga dapat rusak saat proses pengiriman, dan keberadaan label lama dapat membingungkan operator. Boks yang baru adalah suatu keharusan – tetapi cobalah cari produsen yang memproduksi bahan daur ulang untuk meminimalkan jejak karbon Anda.

 

Pencetakan label menjadi mudah.

Pencetakan label tidak perlu merepotkan. Dengan sistem pelabelan yang cekatan dari Brother, akan sangat mudah untuk melacak inventaris Anda dan mencapai pengiriman yang akurat. Memanfaatkan solusi pencetakan portabel yang canggih akan membuat proses yang lebih lancar dan lebih akurat. Misalnya saja, solusi pencetakan nirkabel portabel kami dapat memberikan pencetakan yang cepat dan andal dengan memanfaatkan Wi-Fi, Bluetooth®, AirPrint®, dan MFi.