Scanner Adalah Alat Memindai Data, Apa Saja Jenisnya?

Category
Scanner Adalah Alat Memindai Data

Scanner adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk memindai data, dan menyimpan hasilnya berupa digital. Dengan kata lain scanner mentransfer data ke bentuk digital yang tersimpan dan diolah komputer.

Sejarah Scanner

Pada mulanya orang mengenal teknologi tele fotografi dan faksimile. Faksimile yang ditemukan oleh Giovanni Caselli tahun 1860 menggunakan elektromagnet untuk menyamakan gerakan pendulum. Tujuannya untuk memindai serta mereproduksi gambar. Mesin faksimile ini mampu menirukan tanda tangan, gambar berdimensi 150x100mm atau tulisan tangan.

Tahun 1913, Edouard Belin mengenalkan mesin Belinograph kepada publik, yakni alat yang dapat memindai fotosel melalui kabel telepon biasa. Setelah itu, tahun 1926 sejarah scanner pun dipatenkan oleh Robert S.Ledley. Mesin ini terus berkembang hingga pada tahun 1943 muncul CT scanner yang dapat memindai tubuh secara menyeluruh.


Jenis Scanner

Saat ini banyak sekali dijumpai jenis scanner yang beraneka ragam di pasaran. Berikut adalah beberapa kategori jenis alat scanner:


Scanner Dokumen/ Gambar

Merupakan scanner yang paling banyak Anda jumpai di pasaran. Sesuai dengan namanya, perangkat ini memindai data (gambar atau teks) ke kertas kemudian mengubahnya menjadi bentuk digital. Scanner ini juga menjadi cikal bakal jenis lainnya, seperti :

  • Flatbed scanner, cara kerjanya dengan meletakkan media yang akan Anda pindai di atas kaca, pada saat proses pemindaian lampu akan menyala.
  • Scanner ADF, yang dapat memindai setumpuk kertas secara otomatis. Tentu saja kerjanya lebih cepat daripada jenis flatbed
  • Scanner portable, merupakan sebuah inovasi dari jenis ADF. Seperti namanya, scanner ini sangat praktis dan bisa digunakan di mana saja.
  • Mesin Scanner Flatbed + ADF, merupakan kombinasi antara flatbed dan ADF
  • Scanner jaringan, merupakan mesin pemindai yang dapat Anda manfaatkan bersama-sama dengan orang lain dengan menggunakan koneksi jaringan di sekitar

Scanner Sinar-X

Berbeda dengan scanner gambar/ dokumen. Mesin scanner sinar X banyak digunakan di bidang kedokteran, dan berfungsi untuk memindai bagian tubuh.


Scanner Handheld

Handheld scanner merupakan salah satu alat yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan flatbed, dan banyak Anda temui pada toko-toko. Biasanya sering digunakan untuk menanda barcode.


Drum Scanner

Salah satu scanner yang ukurannya cukup besar, dan berbentuk seperti tabung. Selain ukuran dan bentuknya, scanner ini juga dikenal mempunyai resolusi tinggi hingga 10.000 titik per inch. Banyak yang menggunakan perangkat ini untuk melakukan pemindaian gambar berukuran besar.


Scanner Photo

Jenis scanner ini memang hanya cocok digunakan untuk foto dengan resolusi yang tinggi dan warnanya tajam. Meskipun bentuknya lebih kecil daripada scanner biasa, namun kemampuannya tidak perlu Anda ragukan.


Film Scanner

Perangkat yang satu ini berfungsi untuk memindai film yang menawarkan hasil berbeda daripada flatbed.


Scanner Produksi

Fungsinya tidak jauh berbeda dengan scanner flatbed, hanya kecepatan kerjanya lebih cepat. Tak hanya itu, scanner ini dapat bertahan lebih lama meskipun melakukan pekerjaan dengan intensitas tinggi. Pasalnya alat ini mempunyai mesin feeder.


Fungsi Kerja Scanner

Keberadaan perangkat ini semakin eksis, karena kebutuhan akan digital terus meningkat. Berikut ini adalah sederet fungsi scanner yang perlu Anda ketahui :

  • Menyalin Dokumen
    Fungsi pertama dari printer adalah menyalin dokumen ke dalam format digital. Dokumen milik pribadi seperti KTP, foto lama, Ijazah sangatlah penting. Jika terus menerus tersimpan di dalam lemari, lama kelamaan eksistensi dokumen juga terancam rusak. Oleh karena itu, mengubahnya dalam bentuk digital menjadi solusi terbaik.
  • Dokumentasin
    Kesadaran akan digitalisasi semakin tinggi, banyak orang ingin menyimpan berkas penting dalam bentuk digital. Sehingga, berkas yang telah tersimpan dalam bentuk digital dapat mengganti dokumen penting yang hilang. Anda cukup mencetaknya kembali.
  • Pengelolaan Berkas
    Mengelola berkas dalam bentuk digital jauh lebih mudah ketimbang mengelompokkan dokumen fisik (kertas). Dengan hadirnya scanner, semua berkas dapat terkoordinir dengan mudah.

Cara Kerja Scanner

Pada dasarnya, perangkat scanner mempunyai cara kerja yang sederhana. Scanner akan menyinari dokumen. Umumnya media yang menjadi sensor disebut CCD (Charged Coupled Device).

Jadi, pada saat proses pemindai berlangsung fotosite sensitif pada cahaya yang bergerak di sepanjang CCD. Cahaya tersebut mengubah kecerahan menjadi sinyal elektronik, dan tampilan digital. Oleh karena itulah, berkas yang dimasukkan ke dalam mesin pemindai dapat terbaca dengan jelas.

Agar lebih mudah, maka simak ulasan di bawah ini!

  • Tahap Persiapan
    Letakkan media atau dokumen yang hendak Anda pindai pada layar kaca scanner. Tekan tombol pada mesin, maka proses akan berjalan
  • Tahap scanning
    Saat mulai proses, Anda akan melihat cahaya. Cahaya inilah yang menjadi pertanda proses scanning sedang berlangsung.
  • Tahap Hasil Scanning
    Selanjutnya, sensor CCD yang menerima hasil scanning akan mengirimkan kepada sebuah alat, yaitu ADC. ADC merupakan sebuah alat yang bertugas mengubah dokumen ke dalam bentuk digital dan mengirimkannya kepada komputer.
  • Menyimpan Hasil Scanning
    Setelah hasil scanning masuk ke dalam komputer, maka akan tersimpan sesuai jenis filenya. Biasanya pengguna scanner menyimpan dalam format PDF atau JPEG. Anda pun bisa mencetak hasil

Beda Scanner dan Printer

Dari fungsinya saja, keduanya mempunyai pengertian yang berbeda. Apa beda scanner dan printer? Printer adalah salah satu perangkat yang akan mencetak bentuk hard copy dengan menggunakan tinta. Sementara scanner hanya mencetak file dokumen/ foto nyata ke dalam komputer. Apabila printer menggunakan tinta, maka scanner memanfaatkan sinar UV.

Printer sendiri terbagi menjadi dua, yaitu impact dan non impact. Biasanya printer impact berguna untuk masyarakat yang membutuhkan penulisan surat surat.


Kenalan Dengan Compact Wireless Document Scanner

Sebagai produsen printer di Indonesia, Brother memang selalu memperbarui produk dan berinovasi dengan teknologi. Kali ini pun tak jauh berbeda, yuk kenalan dengan Brother Compact Document Scanner ADS-1700W. Perangkat kecil ini cukup multifungsi, sehingga cocok bagi perusahaan yang sedang mengubah konsep menjadi digitalisasi. Selain itu, mesin scanner ini merupakan alat pemindai portable pertama yang dilengkapi dengan control panel layar sentuh.

Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus memiliki perangkat scanner ini, antara lain :

  • Kecepatan scan mencapai 25 lembar per menit
  • Mampu scan 20 lembar sekali jalan dengan ADF
  • Dapat memindai halaman satu atau dua sisi bolak balik
  • Dapat memindai dokumen dengan berbagai ukuran, mulai dari F4, A4, Kartu nama, KTP, kartu kredit, kartu identitas yang berlaminating, hingga kerta sepanjang 86 cm
  • Scan langsung tanpa kabel karena sudah terkoneksi dengan jaringan WiFi
  • Bisa langsung memindai data tanpa PC atau laptop
  • Layar sudah LCD
  • Maksimal resolusi scan sampai dengan 600 x 600 dpi
  • Konsumsi daya saat stand by
  • Ukurannya sangat ringkas dan bobot ringan hanya 1,4 kg. Sehingga memudahkan Anda membawa kemana-mana.

Dari informasi di atas, dapat Anda ketahui bahwa scanner adalah alat pemindai dokumen yang cukup penting Anda miliki. Jadi, miliki scanner portable sekarang juga.


https://www.brother.co.id/id-id/products/all-scanners/scanners/ads-1700w

https://www.merdeka.com/jateng/fungsi-scanner-beserta-cara-kerjanya-yang-perlu-diketahui-kln.html

https://tekno.kompas.com/read/2023/02/18/03000087/pengertian-scanner-fungsi-dan-jenis-jenisnya-?page=all