Inspirasi Area Kerja di Rumah

Inspirasi Area Kerja di Rumah

           Sebagai seorang pekerja, produktivitas adalah hal yang penting. Semangat dan inpirasi bisa datang dari mana saja, salah satnya bisa berasal dari ruang kerja yang nyaman dengan desain yang baik. Ruang kerja yang berantakan dan tidak tertata dengan baik akan memungkinkan hilangnya semangat, sehingga mempengaruhi kreativitas dan kinerjamu. Nah, untuk memisahkan pekerjaan kamu dengan pekerjaan rumah, mungkin ada baiknya membuat area kerja khusus di rumah. Meskipun beberapa kantor sudah memperbolehkan karyawannya untuk masuk dengan pembatasan di beberapa daerah, namun terdapat juga beberapa perusahaan yang masih memperpanjang masa kerja dari rumah. Apakah kamu salah satunya?

           Jika kamu mulai bosan dengan tampilan ruang kerja di rumah, mungkin inilah saatnya kamu melakukan dekorasi ruangan. Setiap ruang, apapun ukurannya, harus tetap memiliki kenyamanan, tidak terkecuali ruang kerja berukuran kecil. Mendapatkan desain ruang kerja yang sesuai memang tidak mudah, terutama untuk ruangan berukuran kecil. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan penampilan yang nyaman dan menyenangkan.

1. Manfaatkan ruang tak terpakai

           Jika kamu baru berencana untuk membuat ruang kerja kecil di ruamh, pertimbangkan untuk memanfaatkan area kosong di dalam rumah. Manfaatkan area kecil di kamar tidur, ruang keluarga atau perpustakaan. Pilihlah ruangan yang jauh dari keramaian dan gangguan yang dapat memecah konsentrasi dan fokus kerja.

2. Pilih desain dan sentuhan dekorasi

           Kamu dapat menyesuaikan desain dengan ukuran ruangan. Jika kamu memiliki ruangan yang cukup kecil untuk ruang kerja, pilihlah desain yang lebih minimalis sehingga ruang kerja akan terlihat lebih luas dan nyaman. Pilihlah desain dan konsep ruang kerja yang tidak rumit agar tidak perlu repot saat menatanya. Apalagi ruang kerja di rumah diperuntukkan untuk kenyamanan dan anti ribet. Agar menghindari suasana jenuh saat bekerja, maka tak ada salahnya untuk memberi sedikit warna dan hiasan pada ruang kerja. Misalnya dengan menggantung lukisan atau polaroid yang Anda suka, bisa juga tambahkan pernak-pernik warna-warni agar membuat meja kerja tampak lebih ‘menyegarkan’.

3. Tata letak ruang kerja

           Lengkapi ruang kerja dengan peralatan pendukung yang Anda butuhkan, susunlah secara rapi di area tersebut. Ukuran ruang atau area kerja yang kecil dapat disiasati dengan tata letak benda-benda yang mudah dijangkau; seperti printer terbaru, alat tulis, arsip dan kebutuhan lainnya yang biasanya tersedia dan sering digunakan di ruang kerja. Pilihlah printer jenis inkjet dengan harga lebih murah dan ukuran lebih compact untuk ukuran ruang kerja yang terbatas. DCP-T420W dan DCP-T520W merupakan printer ink tank berukuran compact dengan teknologi wireless sehingga printer Anda bisa ditempatkan di area khusus menyimpan printer yang tidak perlu dekat dengan perangkat kerja Anda.

4. Pilih furniture yang cocok

           Untuk meja dan kursi di ruang kerja kecil, pilihlah juga yang berukuran kecil. Sesuaikanlah ukuran, warna, dan bentuknya dengan tema interior yang ingin ditampilkan. Kamu bisa memilih meja yang rendah jika suka duduk lesehan, atau bisa pilih meja yang sedikit lebih tinggi, jika kamu sering berdiri sambil meregangkan punggung. Kamu bisa memilih kursi kantor yang bisa disesuaikan tingginya, atau bahkan kursi gamer yang sangat nyaman untuk diduduki dalam waktu lama.

5. Pastikan tempat penyimpanan memadai

           Selain menata meja dan kursi, jangan sampai lupa menata ruang penyimpanan berkas dan peralatan kerja. Besaran ruang penyimpanan ini tentunya tergantung dengan kebutuhan. Kamu juga bisa memasang sebuah rak buku kecil di samping meja, atau laci kecil di bawah meja. Atau jika meja kerja memang memiliki banyak laci, kamu bisa menyimpan berkas-berkas tersebut di sana.

           Nah, itu adalah beberapa tips mendekorasi ruang kerja di rumah. Ingat untuk memperhatikan kenyamanan sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin.