Tips dan Persiapan Melamar Pekerjaan di Luar Negeri

Tips dan Persiapan Melamar Pekerjaan di Luar Negeri

           Semua pasti memiliki impian untuk pergi ke luar negeri. Baik untuk berlibur, eksplorasi, studi maupun bekerja. Bekerja di luar negeri tentunya membutuhkan persiapan yang lebih banyak dan rumit. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan birokrasi atau alur pendaftaran yang berbeda bagi seorang yang berbeda kewarganegaraan. Kamu perlu mempersiapkan berkas-berkas pendukung untuk memenuhi persyaratan tinggal dan bekerja di sana. Selain gaji yang besar, terdapat beberapa faktor yang membuat banyak orang ingin bekerja di luar negeri. Beberapa di antaranya adalah mendapatkan pengalaman budaya yang berbeda, meningkatkan kemandirian, memperdalam kemampuan, hingga mempercantik CV dan portofolio.

           Sebelum mulai mencari lowongan, pastikan kamu sudah tahu jenis pekerjaan apa yang diinginkan. Petimbangkan juga jenis industrinya dan posisi yang sesuai dengan keterampilanmu. Jika sudah, kamu akan lebih mudah untuk melakukan riset peluang kerja di luar negeri. Mencari pekerjaan di luar negeri tidaklah mudah, karena ada banyak sekali scam link atau lowongan kerja penipuan yang dapat merugikan diri kamu sendiri. Maka, kamu tidak bisa hanya melakukan riset secara online, kamu harus bertanya kepada koneksi, teman, atau rekan kerja lain yang pernah bekerja di luar negeri. Informasi yang kamu dapatkan dari orang-orang yang sudah dikenal tentunya akan lebih kredibel dan bisa dipercaya.

           Update profile-mu di LinkedIn dan cantumkan pula apa saja kemampuan yang dimiliki. Melalui media sosial ini kamu bisa dengan mudah menambah koneksi dengan para profesional. Tidak hanya bisa menambah koneksi saja, di sana kamu juga dapat mencari info tentang lowongan pekerjaan dari luar negeri dengan mudah. Misalnya, kamu sudah tertarik bekerja di sebuah perusahaan A. Kemudian, kamu bisa menambahkan koneksi dari beberapa karyawan yang bekerja di sana. Setelah berkenalan, kamu bisa mencoba meminta informasi yang diperlukan untuk mencoba melamar bekerja di perusahaan tersebut.

           Selain poin-poin penting di atas, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan untuk bekerja di luar negeri. Pergi ke luar negeri untuk mengadu nasib tentunya bukan keputusan yang mudah. Maka dari itu, pastikan kamu sudah mengantongi izin dari keluarga terlebih dahulu sebelum memutuskan pergi ke luar negeri. Untuk bekerja di luar negeri tentunya kamu harus sudah memiliki kemampuan andalan yang nantinya bisa membantumu mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Tanpa kemampuan yang mumpuni tentunya kamu akan sulit bertahan dalam pekerjaan. Itulah mengapa, pastikan terlebih dahulu jika kemampuan yang kamu miliki memang sudah baik dan sesuai dengan standar perusahaan di luar negeri.

           Sebelum melamar, tentunya kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen penting yang nantinya akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Berkas-berkas tersebut meliputi:

  1. Paspor dari Kantor Imigrasi Setempat
  2. Visa Kerja
  3. Kartu Tanda Penduduk (asli dan fotocopy)
  4. Ijazah pendidikan terakhir
  5. Akta Kelahiran
  6. Surat keterangan izin dari keluarga
  7. Surat rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja
  8. Surat perjanjian atau Kontrak Kerja

           Pastikan seluruh dokumen kamu lengkap, asli dan tidak mengandung pemalsuan data. Selain itu, semua informasi yang dimuat dalam setiap dokumen seperti nama, tanggal lahir dan lain sebagainya harus seragam. Jika tidak, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk memproses keberangkatan kerjamu ke luar negeri. Persiapan berkas-berkas ini akan lebih mudah jika kamu memiliki printer sendiri. Pilihlah jenis printer multifungsi yang memiliki fitur print, copy dan scan. Sehingga kamu dapat melakukan digitalisasi berkas tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali saat berada di luar negeri.

           Berikut adalah jenis printer multifungsi yang cocok dimiliki di rumah Anda.

           1. DCP-T220

dcp-t220

           Printer multifungsi print, scan dan copy sangat cocok untuk dimiliki dirumah dengan harga yang terjangkau.

           2. DCP-T420W

dcp-t420

           Printer multifungsi print, scan dan copy dengan konektifitas wireless yang compact dan cocok untuk ditempatkan di sudut rumah Anda

           3. DCP-T520W

dcp-t520

           3-in-1 printer multifungsi dengan koneksi wireless dan fitur cetak langsung dari handphone untuk meningkatkan produktifitas.