Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet

Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet

Sebelum memutuskan untuk membeli printer, ada baiknya jika kamu mengetahui cara merawat printer yang baik dan benar. Saat ini rasanya sudah cukup lumrah apabila setiap individu sudah memiliki printer. Sebab, kebutuhan akan cetak dokumen secara cepat semakin tinggi. Namun, pernahkah printer kamu ketika akan digunakan justru mendadak mengalami eror? Biasanya eror yang dialami printer bisa karena kondisi tinta dan cara merawat printer yang kurang tepat. Nah, lalu seperti apa sesungguhnya cara merawat printer yang direkomendasikan tersebut? Berikut ini adalah rangkuman bagaimana cara merawat printer yang bisa menjadi pedoman agar printer kamu tetap awet dan tahan lama

1. Rutin menggunakan printer

Cara merawat printer yang pertama bisa diawali dari kebiasaan untuk menggunakan printer secara rutin. Sebab, di dalam body dari printer inkjet terdapat sangat banyak suku cadang yang berfungsi untuk menggerakan bagian-bagian dari printer. Pada tiap suku cadang tersebut terdapat semacam pelumas yang membuat kinerja printer menjadi lebih halus. Itulah mengapa, apabila printer tidak digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka pelumas yang ada di suku cadang tersebut akan berlahan kering. Layaknya kendaraan, apabila bagian dari mesin printer bergerak tanpa pelumas, maka akan menyebabkan kinerja printer menjadi lambat dan tersendat. Bahkan, yang paling parah printer akan rusak karena suku cadangnya patah.

2. Pilih tinta yang original

Memilih jenis tinta yang tepat dan original akan menjaga keawetan dari printer milik kamu. Bahkan banyak sekali tinta yang beredar dipasaran justru ikut andil dalam kerusakan printer ketika tidak digunakan, yaitu dengan menyebabkan kebuntuan pada cartridge atau head printer. Selain itu, setiap merek dan jenis tinta yang dijual juga memiliki tingkat kekentalan yang berbeda – beda. Itulah mengapa penting untuk memastikan kamu tetap memakai tinta yang kualitas dan karakternya sama dengan tinta yang pertama kali digunakan.

3. Sesuaikan jumlah cetak dokumen dengan kemampuan cetak printer Anda

Salah satu cara merawat printer yang juga efektif yaitu dengan mencetak satu persatu dan sesuai dengan daya cetak printer Anda. Sebab, hal ini akan memberi sedikit waktu istirahat kepada gear printer untuk melakukan proses pendinginan pada bagian permukaan. Lalu, pada bagian head printer juga akan secara otomatis melakukan cleaning agar hasil cetak tetao terjaga kualitasnya Apabila hal tersebut tetap dilakukan, maka gear printer akan lebih cepat panas dan head printer tidak sempat melakukan cleaning otomatis. Dimana hal ini akan berakibat kepada hasil cetak yang biasanya menjadi putus-putus atau warna tidak menjadi buram.

4. Simpan printer dengan benar

Salah satu cara merawat printer yang benar yaitu memperhatikan di mana kamu meletakkan dan bagaimana menjaga agar printer tersebut bebas dari debu dan risiko rusak lainnya. Hal ini menjadi sangat penting, sebab pada printer terdapat berbagai komponen penting yang mudah rusak terutama jika terkena debu. Maka ada baiknya jika saat printer tidak dipakai, kamu menutupinya dengan kain. Selain itu, lebih baik kamu menaruh printer di atas meja atau tempat yang cukup tinggi. Hal ini untuk menghindari printer tersenggol dan rusak atau kabel data printer dimakan tikus.