Cara Mudah Menggunakan Printer Wifi

Cara Mudah Menggunakan Printer Wifi

Printer merupakan perangkat yang sering digunakan di kantor maupun rumah. Keberadaannya akan sangat berguna bagi kamu yang sering melakukan pencetakan dokumen baik untuk keperluan tugas sekolah, tugas kuliah, keperluan kantor dan pemberkasan lainnya. Jika biasanya masyarakat akan menggunakan printer yang terhubung ke komputer atau laptop dengan kabel printer, maka seiring dengan kemajuan teknologi kini print dokumen secara nirkabel atau via Wireless sudah bisa dilakukan. kamu bisa menggunakan printer yang sudah dibekali dengan Wireless sehingga tidak menggunakan kabel lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengubah printer kabel menjadi wireless. kamu juga dapat menggunakan printer yang telah dishare tersebut dari banyak komputer secara nirkabel. sharing printer adalah pengaturan di mana sebuah printer dapat digunakan secara bersama-sama oleh beberapa komputer yang terdapat pada satu jaringan LAN atau WiFi. Sharing printer kini sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai institusi seperti sekolah, bank, kantor hingga ke rental-rental komputer atau warnet.

Untuk cara pengoperasian agar printer wireless ini bisa digunakan untuk mencetak dokumen sebenarnya tidaklah sulit. kamu hanya perlu melakukan beberapa pengaturan sederhana agar laptop atau komputer yang digunakan bisa terhubung printer Wireless agar bisa mencetak dokumen. Printer WiFi sharing maksudnya disini adalah sebuah printer yang secara bawaan tidak dibekali dengan perangkat Wireless, namun terhubung ke satu komputer yang kemudian dishare agar dapat terhubung ke banyak komputer atau laptop menggunakan WiFi. Untuk bagaimana cara menggunakannya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan Laptop atau komputer yang kamu gunakan untuk terhubung ke printer WiFi sharing terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama dengan komputer yang terhubung ke Printer via kabel printer. Jika ternyata komputer yang terhubung dengan printer via kabel LAN telah dibuat menjadi hotspot, maka silahkan koneksikan komputer atau laptop kamu ke Hotspot dari komputer tersebut.
  2. Buka Windows Explorer kemudian pada adress bar Windows Explorer silahkan ketik \\ip_address komputer yang terhubung ke printer via kabel printer. Jika kamu bingung ip address mana yang digunakan maka silahkan gunakan nama komputer, silahkan ketikkan \\computer_name pada address bar Windows Explorer, kemudian tekan enter.
  3. Maka akan muncul daftar printer yang telah dishare dari komputer dengan IP Address atau Computer Name yang kamu masukkan tadi. Silahkan pilih printer yang akan digunakan kemudian klik Connect.
  4. Jika komputer kamu sudah berhasil terhubung ke Printer WiFi sharing, maka kamu sudah bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen. Silahkan buka dokumen yang hendak dicetak, kemudian pilih print. Maka kamu akan melihat bahwa printer yang kamu koneksikan tadi siap digunakan untuk mencetak dokumen.

Berikut adalah cara menggunakan printer wifi sharing. Gimana? Mudah sekali bukan? Kini kamu pun sudah bisa menjalankan program efisiensi di perusahaan atau usaha kamu dengan cara meminimalkan pengadaan printer. Dengan demikian kamu bisa menggunakan printer untuk mencetak dokumen tanpa harus menggunakan kabel printer dan tidak perlu lagi berpindah-pindah tempat ketika hendak mencetak dokumen. Harga printer yang memiliki perangkat wireless bawaan memang lebih mahal jika dibandingkan dengan printer biasa, namun dengan menggunakan printer wireless kamu akan mendapat banyak kemudahan dan fitur-fitur menarik lainnya. Karena printer wifi untuk perkantoran juga biasanya sudah dilengkapi dengan fitur scan dan copy, sehingga memudahkan untuk mengubah dokumen cetak ke dalam versi digital. Jadi, jika memang memiliki budget lebih tentu sangat disarankan untuk upgrade printermu dengan printer wifi.