Cara Mudah Merawat Printer Inkjet di Rumah

Cara Mudah Merawat Printer Inkjet di Rumah

Memiliki printer terbaru di rumah merupakan salah satu impian. Sebelum membeli printer impianmu, ada baiknya kamu mengetahui jenis printer yang ada di pasaran untuk menentukan printer apa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Salah satu printer yang banyak digunakan adalah printer inkjet. Printer Inkjet adalah salah satu jenis printer yang paling sering dipakai karena harganya yang terjangkau, mudah digunakan di rumah dan cenderung mudah dirawat. Namun, tidak semua orang bisa merawat printer, bukan karena terlalu sulit, namun hanya karena tidak pernah mengetahui caranya. Nah, ternyata, cara merawat printer inkjet tidak sesulit yang kamu duga loh! Lakukan hal-hal dibawah ini dan kami berani jamin printer kamu akan awet dipakai dan tidak mudah rusak.

  1. Jangan pernah biarkan printer inkjet kamu tidak terpakai terlalu lama. Penggunaan secara periodik, setidaknya 2 kali seminggu, akan membuat tinta yang terdapat pada head tidak sampai kering. Kalau tinta tersebut kering, maka akan terjadi penyumbatan pengeluaran tinta yang tentunya dapat merusak printer kamu. Jika kamu tidak sedang perlu mencetak dokumen, cobalah untuk mencetak dokumen sembarang. Kamu bisa gunakan kertas bekas agar tidak menimbulkan masalah sampah.
  2. Biasanya, dalam paket printer inkjet sudah mendapatkan software bernama clean head. Gunakan kemampuan clean head untuk membersihkan head. Pastikan kamu melakukannya secara periodik, minimal sebulan sekali, disarankan sebulan 2 kali. Clean head ini bekerja dengan membuang dan membersihkan tinta yang mengendap dan menggumpal di bawah catridge.
  3. Debu dan kotoran luar juga bisa merusak printer. Apabila kamu melihat ada benda asing seperti debu dan kotoran terjatuh dalam printer, bersihkan langsung. Pastikan kamu tidak menggunakan lap yang basah atau banyak air saat membersihkannya. Air akan merusak printer dengan cepat. Kamu bisa menggunakan kain seperti taplak meja tipis untuk digunakan sebagai penutup printer dan menghindarkannya dari debu yang menempel.
  4. Ketika kamu ingin mematikan printer, pastikan untuk menggunakan tombol power, bukan dengan mencabut kabel printer. Apabila kamu mematikan dengan mencabut kabel printer, maka head printer belum sempat kembali ke posisi awalnya. Dampaknya? Tinta printer akan cepat mengering. Sehingga, dalam penggunaan printer rumahan sangat penting untuk mengedukasi seluruh anggota keluarga cara menyalakan dan mematikan printer dengan baik.
  5. Ketika mencetak dokumen, pastikan bahwa kertas tidak terlipat. Lebih baik menggunakan kertas yang halus. Apabila sampai kertas tersangkut pada printer, maka roller printer bisa rusak. Pada umumnya kamu bisa menggunakan kertas dengan ukuran A4 dengan berat 70-80 gsm. Jika terlalu tebal, printer akan lebih sulit untuk mengeluarkan hasil cetakan dan beresiko pada tersangkutnya kertas pada roller printer.
  6. Jangan menyentuh bagian elektrik cartridge printer dengan jari, terutama pada bagian chip dan head. Listrik statis tubuh kamu bisa merusak komponen printer. Apabila kamu harus membersihkan bagian tersebut, gunakan kertas tissue berkualitas. Tissue berkualitas jelek malah akan meninggalkan kotoran tambahan.
  7. Gunakan tinta yang original resmi dari brand printer Anda
  8. Jangan pernah membiarkan printer tidak berisi cartridge dalam jangka waktu terlalu lama. Print head bisa kering apabila cartridge tidak terisi. Pastikan juga wastepad tidak meluber di dalam printer.