DIY Kartu Ucapan Hari Raya

DIY Kartu Ucapan Hari Raya

        Membuat kartu ucapan secara pribadi saat mengirimkan hadiah kepada kerabat dan teman di hari raya pasti akan menambah sentimen positif. Kamu bisa memilih berbagai tema yang sesuai dengan kepribadianmu atau calon penerima. Misalnya kartu ucapan bertema vintage, aksen marbling atau abstrak. Untuk membuat kartu ucapan, siapkan double tip gunting, kertas warna dan putih polos, pensil warna dan spidol. Jika menginginkan tema vintage kamu perlu menambahkan sampul buku bekas dan kertas bervolume (kardus), selanjutkan lakukanlah step di bawah ini:

  1. Gunting sampul buku dengan ukuran kira-kira 10 cm x 5 cm.
  2. Gunting kertas putih panjang dengan ukuran yang kamu mau dan beri tulisan “hello”, kemudian tempelkan pada kartu.
  3. Siapkan sketsa gambar bunga dan beri warna dengan pensil warna.
  4. Gunting gambar bunga itu, lalu tempelkan pada kartu ucapan dengan bantuan double tip dan kertas kardus agar terlihat timbul.
  5. Kartu ucapan bergaya vintage siap kamu kirim.

        Untuk membuat gradasi warna marbling seperti pada sampul ucapan ini, kamu memerlukan beberapa bahan tambahan sepertu shaving cream, pewarna makanan, tusuk gigi, spatula dan penggaris. Selanjutnya, lakukan langkat berikut ini:

  1. Siapkan kartu ucapan yang telah diberi isolasi di tepi baliknya agar foam tidak sampai tercecer di tulisan.
  2. Siapkan foam dalam satu wadah.
  3. Pilih pewarna makanan yang kamu kehendaki dan campurkan pada foam sedikit demi sedikit menggunakan tusuk gigi. Kemudian aduk dengan spatula.
  4. Siapkan kartu ucapan yang telah diberi isolasi tadi. Celupkan pada foam di sisi sampul.
  5. Press dengan penggaris.
  6. Jadilah kartu ucapan dengan detail marbling.

        Sedikit berbeda untuk membuat kartu ucapan dengan sampul nuansa abstrak, kamu bisa siapkan beberapa bahan seperti kertas tebal, ewarna kertas, kuas, air, plastik bermotif bubble, bolpoin dan stempel kartu. Jika bahan-bahan sudah dipersiapkan, berikut ini adalah cara membuat kartu ucapan dengan motif abstrak:

  1. Siapkan pewarna yang telah dicampur dengan air.
  2. Lukis dengan kuas sesuai yang dengan pola sesuai yang kamu mau.
  3. Ambil plastik bermotif bubble dan tuangkan pewarna kertas pada plastik.
  4. Press dengan tangan pada sampul kartu ucapan.
  5. Terakhir kamu siapkan stempel dan tulisan untuk memperindah kartu ucapan

        Beruntung, dengan kecanggihan teknologi, sudah ada sejumlah layanan yang menyediakan template khusus. Jadi, bagi kamu yang tidak mahir dalam mendesain atau sibuk bekerja bisa menggunakannya. Tahukah kamu bisa memanfaatkan template gratis yang tersedia di Brother Creative Center. Meskipun gratis, nyatanya ada banyak pilihan desain yang cocok dengan model kartu ucapan yang kamu inginkan. Jika kamu menginginkan template kartu ucapan dalam waktu cepat dan minim budget, template gratis adalah pilihan yang tepat.

        Dengan memanfaatkan template gratis, maka pekerjaanmu akan lebih cepat selesai namun tetap memiliki makna yang baik bagi siapapun penerimanya. Caranya mudah, kamu cukup mengunjungi website Brother Creative Center dan mengunduh beberapa desain yang kamu inginkan. Selanjutnya kamu hanya perlu mencetaknya dengan menggunakan ink tank printer di rumahmu. Penggunaan printer jenis ini juga direkomendasikan karena sangat baik untuk mencetak kartu ucapan karena hasilnya yang sangat tajam namun tetap hemat tinta.

        Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu lebih suka membuat kartu ucapan secara manual atau memanfaatkan template gratis? Apapun pilihanmu, pastikan itu dibuat dengan sepenuh hati dan tersampaikan dengan baik kepada penerima. Selamat berkreasi ya teman-teman.

Sumber Gambar: Brother Creative Center