Home Use Printer dan Office Printer

Home Use Printer dan Office Printer

Kebutuhan printer di rumah mungkin tidak akan terasa seperti kebutuhan akan kulkas atau rice cooker, namun walau tidak setiap hari dipakai ada beberapa kebutuhan mendesak yang akan merepotkan bila harus mencari tempat fotokopi dan printing. Bila kamu sering menggunakan printer, baik untuk tugas sekolah atau untuk kebutuhan pekerjaan atau tugas kantor yang ringan, kamu dapat mencari jenis printer all in one yang bisa melakukan tugas printing, scanning, dan copying dengan baik. Meskipun ada tren menuju digital dan tanpa kertas, printer terus menjadi teknologi penting di rumah. Ini terbukti ketika permintaan untuk printer rumahan melonjak di tahun lalu karena masyarakat mulai berkantor di rumah dan bersekolah dari rumah menjadi kenormalan di masa pandemi.

Dari tahun ketahun teknologi terus mengalami perkembangan, jika dulu printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen hitam putih saja. Sekarang, mesin pencetak memiliki fungsi jauh lebih lengkap daripada itu. Fungsi printer terbilang bervariatif, mulai dari mencetak teks, gambar, fotokopi, scanning hingga mengirim fax. Nah, saat ini bukan hanya perkantoran saja yang membutuhkan alat cetak. Penggunaan rumahan maupun pelajar dan mahasiswa juga memerlukan alat yang satu ini.

Sebelum membeli printer pastikan memilih jenis printer dan fungsi sesuai dengan kebutuhan. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

1. Jenis Printer

Terdapat beberapa jenis printer yang umumnya digunakan di rumah yaitu printer inkjet, printer ink tank dan printer multifungsi. Printer jenis inkjet mempunyai kualitas cetak profesional, beresolusi tinggi, warna cerah, dan teks yang tajam. Jika Anda ingin mencetak grafis secara penuh, warna cerah, sebuah printer inkjet adalah pilihan yang tepat. Printer jenis inkjet cocok untuk pemakaian rumah tangga, cukup kompak dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Printer Multifungsi dapat menggabungkan kinerja, konektivitas, kecepatan, dan kehandalan dengan harga yang pasti sesuai anggaran. Selain mencetak, Anda akan menemukan fitur seperti fax, copy dan scan.

2. Fitur Penting Printer

Ketika membeli printer, perhatikan resolusinya. Resolusi printer biasanya ditulis dengan istilah dpi, dot per inch yaitu jumlah titik tinta per inci pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas huruf atau gambar yang tercetak. Printer umumnya menggunakan tinta dari toner / cartridge atau kartrid tinta.  Sedangkan pada penggunaan printer inkjet yang menggunakan ink tank, Anda harus mengisi ulang tinta ketika tinta habis tanpa harus mengganti kartrid.

3. Model Printer

Tidak semua model printer dapat digunakan pada komputer yang ada. Sebelum membeli printer coba untuk membaca terlebih dahulu deskripsi printer, lihat konektivitasnya dan kompatibilitas driver atau perangkat lunaknya untuk memastikan bahwa printer tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain terkenal akan produk mesin jahitnya yang berkualitas dan menjadi salah satu yang terfavorit, Brother juga membuat produk printer yang bisa diandalkan. Brother merupakan merk printer terbaik yang  sangat cocok digunakan untuk kebutuhan kantor atau bisnis kecil. Printer Brother akan menghasilkan cetakan berkualitas tinggi, cepat dan hemat biaya. Brother juga menyediakan variasi harga printer yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.