Ini Pentingnya Label Minuman Bagi Bisnis!

Ini Pentingnya Label Minuman Bagi Bisnis

Sebagai produsen sebuah minuman atau makanan pasti sangat setuju jika label menjadi salah satu faktor pendukung larisnya produk di pasaran. Oleh karena itulah, membuat label minuman atau makanan tidak boleh sembarangan dan asal-asalan saja. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasan mengapa label minuman dan makanan itu penting bagi bisnis Anda.

Apa Itu Label Minuman?

Menurut KBBI, Label itu sepotong kertas yang ditempel pada kemasan produk untuk memberikan penjelasan tentang nama, siapa pemilik, alamat dll. Selain itu KBBI juga menjelaskan bahwa label adalah merek dagang. Dengan kata lain, label minuman berarti keterangan atau penjelasan mengenai suatu produk minuman yang bisa berupa gambar, tulisan atau kombinasi. Biasanya ditempelkan pada kemasan produk minuman tersebut.

Bagi seorang produsen, label minuman juga berfungsi untuk mempromosikan produk agar konsumen tertarik untuk membaca informasi yang disampaikan dan membeli.

Pentingnya Label Minuman Pada Kemasan

Setelah mengetahui maknanya, dalam Anda perhatikan bahwa label minuman sangat penting bagi produsen dan konsumen. Bahkan, negara sudah mengatur pentingnya label pada produk ini dalam perundang-undangan. Peraturan label pangan sendiri telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 Tentang Pangan, dan UU Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Apabila tidak melanggar aturan tersebut, maka produsen akan mendapat sanksi hukum yang sesuai. Berikut ini manfaat label minuman sendiri bagi produsen dan konsumen, antara lain :


Sebagai Identitas

Tanpa label, konsumen akan kesulitan membedakan produk yang satu dengan lainnya. Sementara, jika produk sudah terdapat label yang jelas, maka konsumen akan lebih mudah menemukannya. Konsumen hanya perlu membaca label pada kemasan.


Menggambarkan Isi Produk

Dalam label minuman biasanya tertera nama produk, varian, tanggal kadaluwarsa, komposisi bahan serta petunjuk lainnya. Selain itu juga menjelaskan siapa pemilik usaha, serta di mana tempat dan waktu pembuatannya. Oleh karena itulah, konsumen merasa lebih aman mengonsumsi produk yang Anda tawarkan.


Media Promosi

Manfaat label minuman selanjutnya adalah untuk media promosi. Biasanya, produsen akan membuat label dengan gambar-gambar yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli. Gambar-gambar ini juga bisa menjadi ciri khas dari bisnis Anda.


Menjadi Sarana Komunikasi Dengan Konsumen

Perlu Anda pahami bahwa tidak semua konsumen dapat apa yang terkandung dalam produk tersebut. Dengan adanya label, konsumen dapat mengetahui produk dengan lebih baik. Sehingga konsumen tidak perlu ragu atau bertanya langsung kepada produsen, cukup membaca apa yang tertera pada label.


Jenis Label

Dalam dunia bisnis, ada beberapa jenis label yang bisa Anda perhatikan. Antara lain:


Label Produk

Label produk merupakan jenis yang paling banyak Anda temui di pasaran. Pastikan mencantumkan informasi yang lengkap pada label produk. Misalnya nama, bahan dasar pembuatan, bahan tambahan, komposisi nilai gizi, legalitas dan tanggal kadaluwarsa.

Legalitas perlu Anda cantumkan dalam label produk, seperti BPOM atau sertifikat halal MUI agar konsumen tidak ragu mengonsumsinya.


Label Merek

Jangan salah persepsi, label merek merupakan logo yang ada pada kemasan. Lokasi label merek bisa Anda letakkan di mana saja. Tujuan mencantumkan label merek adalah sebagai penjelas perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Selain itu, label merek juga berfungsi sebagai petunjuk ciri khas perusahaan.


Grade label

Label tingkat merupakan petunjuk yang menjadi pembeda level kemasan dengan lainnya. Misalnya grade S,M,L atau XL untuk yang berkaitan dengan ukuran kemasan. Biasanya produsen mencantumkan level grade sebagai pembeda harga barang dan variasi.


Label Deskriptif

Sesuai dengan namanya, label ini berfungsi untuk memberi penekanan deskripsi pada produk yang dijual. Misalnya “100% terbuat dari ubi ungu” untuk minuman dengan varian Taro. Deskripsi ini juga bisa menjadi daya tarik konsumen.


Ketentuan Membuat Label Minuman

Sudah terdapat aturan yang tertuang dalam Undang-undang berkaitan cara penempelan label produk yang baik serta pembuatan label minuman, antara lain :


Nama produk

Pada setiap label minuman harus tertera nama dengan jelas. Apabila minuman diproduksi dalam negeri atau produk lokal maka wajib menyertakan tambahan SNI.


Bahan Baku Yang Digunakan

Selain nama, bahan baku yang Anda gunakan untuk meramu minuman juga harus tertera pada label. Termasuk dengan bahan tambahan atau pengawet yang Anda pakai juga harus tertulis pada label kemasan.


Berat Bersih

Pada label juga harus tertera berat bersih keseluruhan isi minuman. Berat bersih yang ini tidak termasuk dengan berat kemasan, ya. Anda juga harus mencantumkan satuan berat dalam ml atau liter sesuai kebutuhan.


Nama Perusahaan

Selain itu, Anda juga perlu melampirkan nama perusahan, baik sebagai distributor atau produsen. Di samping itu, Anda juga perlu mencantumkan alamat lengkap seperti nama kota dan kode pos di bagian deskripsi.


Tanggal Kadaluwarsa

Setiap produk makanan atau minuman harus menyertakan tanggal kadaluwarsa dan tanggal produksi. Tanggal kadaluwarsa menjadi batas waktu makanan/minuman untuk menjamin mutunya. Jadi, konsumen dapat waspada dan hati-hati.

Tak hanya tanggal kadaluwarsa, kode produksi juga faktor penting dalam label. Kode ini menyangkut tanggal, bulan serta tahun pembuatan.


Nomor Legalitas

Makanan atau minuman yang beredar di pasaran akan jauh lebih aman apabila mencantumkan izin edar atau nomor pendaftaran BPOM. Sebagai konsumen yang cerdas, biasanya akan memperhatikan legalitas makanan/ minuman yang hendak dibeli demi faktor keamanan dan kesehatan. Perlu Anda ketahui, makanan dalam negeri biasanya berlabel MD, sedangkan luar negeri berkode ML.


Cara Penggunaan

Biasanya pada label minuman juga disertakan cara penggunaan serta penyimpanan. Tujuannya untuk menjamin tetap terjaganya mutu dan kualitas produk.


Printer Label Dari Brother Indonesia

Bagi Anda yang ingin membuat label minuman, kini tak perlu bingung lagi. Sebab Brother Indonesia mengeluarkan direct thermal yang membantu bisnis Anda untuk kegiatan labeling dan packaging

Printer label direct thermal memang khusus dirancang untuk memaksimalkan produktivitas bisnis yang sedang Anda kembangkan. Dengan pengalaman yang lebih dari puluhan tahun, Brother Indonesia mengenalkan beberapa printer yang cocok untuk label minuman. Seperti TD-2020, TD-2130N, TD-4410D dan TD-4420DN.

Mengapa harus printer direct thermal Brother Indonesia? Karena, printer thermal dari Brother Indonesia dapat terintegrasi dengan berbagai perangkat software. Selain itu, setiap pembelian printer thermal sudah lengkap dengan software P-touch editor yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Ukuran printer thermal yang compact sehingga tidak membutuhkan ruang yang luas dan perawatan khusus. Jadi Anda bisa menggunakan printer label untuk menuliskan label pesanan, label nama produk, struk transaksi, label informasi kadaluwarsa hingga manajemen persediaan minuman.

Namun ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan, seperti penggunakan teks minimal, menyeimbangkan warna dan ruang kosong. Selain itu, Anda juga harus menggunakan jenis font yang jelas dan menarik serta memperhitungkan penempatan yang benar.

Demikianlah informasi tentang produk printer thermal dari Brother Indonesia untuk bisnis Anda. Semoga membantu.

https://www.brother.co.id/id-id/contents/printerlabelbisnis

http://wintechpratama.com/labelmakanan.html

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211222152730-262-737359/pentingnya-baca-label-makanan-kemasan-menurut-bpom/2