Manfaat Pengerjaan Skripsi

Manfaat Pengerjaan Skripsi

Setiap orang yang mengikuti perkuliahan pasti diwajibkan untuk membuat suatu karya ilmiah, baik itu Skripsi maupun Tugas Akhir. Skripsi adalah karangan ilmiah yang memaparkan suatu pokok soal yang cukup penting dalam suatu cabang ilmu sebagai cabang penelitian pustaka dan/atau lapangan yang dilakukan oleh seorang mahasiswa berdasarkan penugasan akademik dari perguruan tingginya. Sedangkan Tugas Akhir (TA) adalah hasil tertulis dari pelaksanaan suatu penelitian, yang dibuat untuk pemecahan masalah tertentu dengan menggunkan kaidah-kaidah yang berlaku dalam bidang ilmu tersebut.

Skripsi dan TA merupakan tugas akhir (final assigment) dengan mempertimbangkan keterbatasan kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Penelitian yang mendasari penulisan Skripsi dan TA dapat berupa penelitian dasar (basic research) atau penelitian terapan (applied research) yang didasari oleh minat intlektual mahasiswa. Hakikat dari tugas akhir atau skripsi adalah melatih mahasiswa untuk membuat suatu kesimpulan dari berbagai analisis antara teori dan kenyataan di lapangan. Berikut ini beberapa tujuan dan manfaat dari jenjang pendidikan tinggi atau kuliah, yaitu:

1. Menambah Ilmu Pengetahuan

Tanpa kuliah, kita masih bisa menambah ilmu pengetahuan melalui membaca, menonton video atau mengikuti pelatihan. Namun ketika membaca dan mempelajari buku sendiri tentunya akan ada bagian yang sulit untuk dipahami bukan? Dan tentu akan sulit untuk mencari orang yang ahli dalam bidang tersebut agar kita bisa menanyakan bagian yang sulit dipahami itu. Nah, dengan kuliah kita dapat dengan mudah menanyakannya kepada dosen yang ahli dalam bidang tersebut. Selain itu, beberapa ilmu pengetahuan yang didapatkan dari kuliah tidak akan kita peroleh dari media lain, bahkan media internet sekalipun. Dengan kuliah juga kita dapat mempelajari suatu bidang keilmuan secara bertahap dan berurutan, berbeda apabila kita mempelajarinya sendiri.

2. Menambah Relasi

Perguruan tinggi merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan untuk mencari ilmu, maka tentu kita akan menambah relasi pertemanan kita dengan kuliah. Dalam melakukan penelitian karya ilmiah ataupun mengerjakan tugas-tugas juga kita akan menemui berbagai orang dengan bermacam-macam latar belakang. Kita tidak pernah tahu kapan akan membutuhkan bantuan dari orang-orang tersebut, maka akan baik jika kita menjaga relasi baik dengan mereka.

3. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari kuliah, kita akan terbiasa dalam menganalisa permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita dan mampu memberikan solusi bagi permasalahan tersebut. Dengan meningkatnya kemampuan problem solving yang kita miliki maka kita dapat menjadi orang berilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Ilmu dan keterampilan praktis yang kita peroleh dari kuliah dapat memberikan kita peluang yang lebih besar dalam mendapatkan kesempatan kerja asalkan kita bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya saat kuliah.

Dalam mengerjakan skripsi atau TA kita pasti membutuhkan printer untuk mencetak hasil tulisan kita atau saat melakukan bimbingan dengan dosen. Semakin kita sering melakukan bimbingan, tentunya penelitian kita akan lebih cepat selesai juga. Namun, semakin sering kita melakukan bimbingan, pastinya semakin sering juga kita mencetak draft tersebut. Sebagai mahasiswa perantauan, tentunya kita harus lebih menghemat biaya. Nah kamu dapat menginvestasikan pada printer all in one, sehingga segala keperluanmu dalam mencetak, menyalin dan scan dokumen lebih mudah. Selamat mengerjakan skripsi teman-teman, ingatlah bahwa ini hanyalah sebuah tahapan yang semua orang akan lalui untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.