Menentukan Printer Wireless Terbaik

Menentukan Printer Wireless Terbaik

Pernah berpikir untuk mencetak dokumen atau foto langsung melalui laptop, smart phone atau tablet kamu? Sedangkan sobat Printer tidak mengerti mengenai setting jaringan sama sekali atau tidak memiliki router/access point di rumah? Berarti sobat Printer butuh printer yang memiliki fitur Wi-Fi Direct. Printer Wi-Fi Direct adalah printer yang dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan perangkat berkemampuan Wi-Fi kamu (misalnya: ponsel pintar, tablet, atau komputer) untuk membuat koneksi jaringan nirkabel langsung ke printer kamu tanpa menggunakan lagi perlu melalui router nirkabel atau Access Point.

Kalau ada fitur WiFi di printer, maka untuk bisa mencetak secara nirkabel, kita perlu menghubungkan printer tersebut ke wireless router atau access point. Sementara jika di printer terdapat fitur WiFi Direct, kita bisa langsung mencetak ke printer tersebut dari perangkat bergerak seperti ponsel tanpa perlu melalui perantara. Sudah tahu bukan perbedaan Printer Wi-Fi Direct dengan Printer Wi-Fi? Pertama tama untuk memahami jaringan Wi-Fi adalah gambaran secara umum, Wi-Fi kemudian didefinisikan sebagai produk jaringan area lokal (WLAN) kamu perlu tahu alat yang bisa menghasilkan/mengeluarkan wifi, yaitu alat bernama router, apa itu router berikut penjelasannya.

Wifi dihadirkan pada perangkat printer ialah untuk semakin memudahkan para pengguna printer dapat mengakses mesin cetaknya tanpa harus menancapkan kabel terlebih dahulu, jadi printer kamu bisa langsung di akses dari perangkat apapun (contoh : hp/tablet/kamera) , jadi hanya perlu memasangkan dahulu printer kamu dengan jaringan di kantor, lalu jika sudsh terhubung printer dengan jaringan wifi kantor, orang sekantor yang mrnggunakan jaringan wifi sama bisa langsung mengakses printer. Jaringan Wi-Fi selanjutnya memberi akses point, Akses point ini menjadi perantara untuk memberi koneksi internet dengan segala fitur. Tanpa akses point, Wi-Fi tak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Berbeda dengan Wi-Fi sebagai koneksi dasar, Wi-Fi direct hadir sebagai inovasi teknologi terbaru yang memungkinkan transfer data tidak perlu melalu router yang mengeluarkan jaringan Wi-Fi sebagai akses poin. Fungsi ini lebih serupa dengan bluetooth. Fitur transfer data yang tersedia lebih cepat dengan kapasitas yang juga lebih besar. Wi-Fi Direct menghubungkan dua perangkat untuk membangun koneksi wifi langsung peer to peer tanpa router nirkabel. Karena itulah, jaringan ini mendukung komunikasi tanpa kabel layaknya bluetooth. WiFi Direct berada pada konsep mode “ad-hoc” namun tak sama. Perangkat ini bisa dengan mudah menemukan perangkat sekitar dan menghubungkannya secara otomatis. Kemudahannya, juga terletak pada jangkauan lebih jauh daripada di router biasa.

Dengan memanfaatkan akses jaringan yang lebih maju ini kamu bisa dengan cepat mengakses segala perangkat untuk keperluan mencetak, Baik itu smartphone, printer, PC, konsol game maupun kamera dapat memanfaatkan Wi-Fi Direct dengan cara terhubung secara langsung, lalu mengirim konten langsung ke perangkat cetak akan lebih mudah dan cepat. Demikian informasi singkat dari arenaprinter memgenai penjelasan perbandingan jaringan wifi dan wifi direct diprinter, semoga dengan adanya ulasan artikel ini bisa membantu kamu memahami penjelasan perbedaan Wi-Fi dan Wi-Fi Direct, dan akan mempertimbangkannya ketika akan membeli printer dengan fitur tersebut.

Setelah penjelasan singkat ini kamu akan lebih paham dan mendapatkan referensi dalam memilih printer wireless terbaik yang akan dibeli. Kalau menggunakan wifi biasa karena meskipun waktu setting ribet tapi tidak ada device yang dibatasi, dan yang terpenting kita masih bisa terkoneksi ke internet jika printer dan device kita terkoneksi di access point yang sama (telkom, firstmedia, dll). Berbeda dengan wifi direct, kita dengan mudah connectkan device kita ke printer, namun kita tidak bisa memakai internet karena kita memakai access point dari printer tersebut.