Rekomendasi Printer Label Pengiriman Berkualitas

Rekomendasi Printer Label Pengiriman Berkualitas

Pelaku bisnis yang bergelut di bidang online shop pasti sudah familiar dengan label pengiriman (shipping label). Menambahkan shipping label pada produk yang akan dikirim dapat memudahkan kurir saat mengantar barang, konsumen pun senang. Pasalnya, paket pengiriman dapat diterima dengan utuh.

Pengertian Label Pengiriman

Sesuai dengan namanya, label pengiriman merupakan sepotong kertas yang mendeskripsikan barang di dalam kemasan. Secara umum, tulisan yang tertera di dalam label pengiriman dapat Anda ubah/ custom sesuai dengan kebutuhan.

Bagian label ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengiriman. Berdasar dari label pengiriman, kurir dapat mengirim barang ke penerima dengan tepat. Pasalnya, pada label pengiriman tertera alamat, nama penerima, juga informasi lain. Misalnya, stiker label yang menjelaskan kondisi barang fragile atau bukan. Selain itu, pada label pengiriman juga tertera metode pengiriman guna memastikan layanan yang diberikan.

Manfaat Label Pengiriman

Berikut ini beberapa manfaat atau fungsi label pengiriman, antara lain :


Menjadi Identitas

Biasanya label pengiriman memuat beberapa informasi, salah satunya adalah nama pengirim dan penerima barang. Tidak hanya itu, pada label pengiriman juga tertera alamat, harga barang, logo usaha pengirim, serta barang yang dipesan.

Ada sebagian pemilik bisnis yang memesan secara khusus dan unik template label pengiriman, sehingga konsumen lebih mudah mengingatnya.


Memudahkan Kurir

Label pengiriman juga bermanfaat untuk membantu kurir menemukan alamat penerima. Seperti yang Anda ketahui, dalam label pengiriman tercantum alamat penerima yang lengkap. Apabila kurir kesulitan dalam menemukan alamat penerima, maka cukup menghubungi nomor telepon yang tercantum pada label pengiriman. Adanya label pengiriman juga dapat meminimalisir kesalahan kirim barang.


Meminimalisir Kesalahan

Label pengiriman yang dicetak secara khusus menggunakan printer thermal dapat meminimalisir kesalahan informasi. Pasalnya, hasil cetakan dapat terbaca dengan jelas oleh kurir. Sebaliknya, jika pengirim tidak menggunakan label pengiriman yang standar, hanya bermodal tulisan tangan. Maka, ada beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi. Misalnya, tulisan tidak terbaca atau luntur karena faktor cuaca.


Mengenali Karakterististik Barang

Manfaat lain dari label pengiriman adalah mendeskripsikan karakteristik barang. Dengan membaca label pengiriman, maka kurir dapat mengetahui apakah barang termasuk pecah belah atau bukan.


Hal-hal Yang Perlu Dicantumkan Di Stiker Label

Secara umum ada beberapa poin yang harus ada dan tertera pada label pengiriman, seperti :


Identitas

Berbicara tentang identitas, pada label pengiriman yang wajib ada dan tertulis dengan jelas adalah nama penerima. Kendati demikian, nama pengirim juga tetap perlu Anda cantumkan pada label pengiriman.

Alamat juga termasuk dalam identitas. Bukan hanya mencantumkan alamat penerima, tetapi juga pengirim. Pastikan selalu menuliskan alamat dengan detail dan lengkap, untuk mencegah kesalahan kirim.


Nomor Resi

Nomor resi, juga perlu tertera pada label pengiriman, tujuannya untuk mempermudah melacak keberadaan barang.


Detail Produk

Seperti halnya identitas, detail produk juga perlu pengirim cantumkan sebelum mengirim barang. Tujuannya agar pihak ekspedisi mengetahui jenis karakteristik barang dan mempermudah proses kirim. Apabila barang yang dikirim gampang pecah atau barang elektronik, biasanya pihak ekspedisi memberikan perlakuan khusus.

Berat barang juga perlu tertulis di label pengiriman. Biasanya informasi berat barang bersebelahan dengan ongkos kirim. Informasi ini akan membantu jasa pengiriman menarik uang tunai kepada penerima jika diperlukan.


Informasi Nama Perusahaan Jasa Kirim

Hal yang perlu tertera pada label pengiriman adalah informasi nama ekspedisi. Dengan demikian, penerima dapat mengklaim pihak ekspedisi jika terjadi hal-hal buruk di luar rencana.


Jenis Bahan Sticker Label Pengiriman

Agar tidak salah, sebaiknya Anda memperhatikan jenis bahan pembuatan sticker label yang benar, seperti :


Bahan HVS

Secara umum, label pengiriman menggunakan bahan HVS. Pasalnya, harga bahan HVS relatif lebih murah dan penggunaannya pun mudah. Selain itu, bahan HVS juga mudah Anda temukan di toko ATK manapun.


Bahan Thermal

Selain HVS, biasanya pemilik usaha online atau ekspedisi menggunakan bahan thermal. Harga bahan thermal juga cukup murah dan mudah mencarinya di toko ATK. Lazimnya, bahan ini tersedia dalam bentuk roll dan Anda masukkan pada mesin thermal.


Bahan Vinyl

Bahan vinyl cukup jarang digunakan untuk mencetak resi atau label pengiriman. Pasalnya, harga bahan ini cukup mahal dan jarang tersedia di toko ATK.


Bahan Semicoated

Beberapa pemilik usaha mencetak resi atau label pengiriman menggunakan bahan semicoated. Pasalnya, tampilan bahan ini lebih glossy dan memberikan kesan yang mewah dan awet daripada HVS. Akan tetapi, Anda perlu mesin printer khusus untuk mencetak label berbahan semicoated.


Tips Membuat Label Pengiriman

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengiriman, antara lain :


Menulis Alamat Lengkap

Sebelum melakukan proses pengiriman, Anda harus memastikan telah menulis alamat tujuan dengan lengkap, baik RT, RW maupun nomor rumah.


Memastikan Label Jelas Terbaca

Ada beberapa kasus pengiriman gagal proses karena label tidak dapat terbaca dengan jelas. Oleh karena itulah, hindari menggunakan tulisan tangan yang rentan luntur dan sulit terbaca.

Pastikan Anda menggunakan perekat yang transparan, sehingga seluruh alamat dapat terbaca dengan jelas dan baik. Jika menggunakan label digital, pilihlah jenis font yang besar, tanpa embel-embel dekorasi tambahan. Pastikan label sepenuhnya sudah terlindungi sehingga tulisan tidak luntur saat terkena air atau lainnya.


Pilih Printer Thermal Yang Berkualitas

Agar mendapatkan hasil cetakan label pengiriman yang bagus, maka pastikan Anda sudah menggunakan printer thermal berkualitas.


Printer Terbaik Untuk Mencetak Label Pengiriman

Brother Indonesia yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam dunia percetakan telah mengembangkan beberapa seri printer label. Seri printer label yang bisa menjadi opsi Anda adalah TD-4410D, TD4420DN.

Brother khusus merancang printer thermal seri ini untuk meningkatkan efisiensi serta produktivitas suatu bisnis. Begitu juga dengan bisnis yang Anda jalankan akan terbantu dengan kehadiran printer ini.

Anda tinggal memilih printer label tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu keunggulan printer label ini adalah hasil cetak barcode dan label sangat mudah terbaca. Dengan hasil yang berkualitas, maka dapat lebih mudah menjaga proses pengiriman tetap aman dan selamat sampai tujuan. Selain itu, tarif cetaknya juga lebih rendah bagi pengiriman barang. Anda bisa mencantumkan identitas produk, struk transaksi, label pesanan hingga nama penerima/ pengirim.

Printer thermal ini sudah lengkap dengan garansi selama 3 tahun dari Brother Indonesia, termasuk untuk printhead. Tak hanya itu, Brother juga memberikan layanan purna jual yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Unuk proses pemasangan, printer ini cukup mudah Anda sambungkan ke software perangkat Anda. Apalagi, setiap pembelian printer sudah lengkap dengan software P-touch editor yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Demikianlah informasi tentang printer label pengiriman yang berkualitas dan bisa Anda andalkan untuk kebutuhan bisnis.

https://accesslogistik.com/blog/stiker-label-untuk-pengiriman-barang/

https://store.sirclo.com/blog/fungsi-shipping-label/

https://www.brother.co.id/id-id/contents/printerlabelbisnis

https://blog.smartseller.co.id/tips-membuat-label-pengiriman/