Sharing Printer Lebih Mudah dan Hemat

Category
Sharing Printer Lebih Mudah dan Hemat

Keberadaan komputer dan printer memberikan banyak kemudahan, baik di bidang pekerjaan maupun pendidikan. Sharing printer adalah salah satu cara mudah untuk menyambungkan banyak komputer dengan satu unit printer. Cara ini sudah banyak dilakukan di perkantoran, bank, sekolah hingga rental komputer. Hal ini dilakukan untuk menyederhanakan sistem jaringan tanpa menggunakan kabel dan membuat ruangan kantor lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, dengan menggunakan sistem ini penggunaan printer akan lebih hemat biaya dan hemat ruangan. Namun untuk melakukannya tentu saja diperlukan adanya jarinyan untuk menghubungkan antar komputer di ruangan.

Manfaat lain dari menggunaan sistem ini adalah pengguna akan lebih menghemat waktu yang digunakan untuk melakukan percetakan. Dengan adanya sistem ini seseorang untuk melakukan print dokumen dengan hanya menggunakan satu mesin printer saja. Jadi, kamu dapat menggunakan satu printer untuk banyak pengguna yang masih berada dalam satu jaringan. Dengan sharing, pengguna juga dapat bertukar data dengan perantara ini.

Untuk menggunakan sistem sharing, printer yang digunakan haruslah memiliki fitur wifi. Printer wifi adalah printer yang bekerja secara nirkabel dengan komputer yang juga sudah memiliki fitur serupa. Printer nirkabel memiliki beberapa keunggulan dibandingkan printer dengan kabel, salah satunya adalah dapat ditempatkan jauh dari komputer kerja, sehingga mengurangi kebisingan. Dengan tidak menggunakan kabel, printer ini juga meminimalisir kecelakaan akibat tersandung kabel.

Brother selalu berusaha untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan sesuai dengan pasar Indonesia. Salah satu printer wireless terbaik yang dimiliki oleh Borther adalah DCP-T720DW. Dengan opsi konektivitas yang fleksibel, printer ini dirancang agar sesuai dengan semua lingkungan kerja. Wi-Fi internal memungkinkan seluruh grup kerja Anda berbagi satu perangkat dengan mudah. Selain itu, printer Brother dilengkapi dengan pencetakan seluler langsung untuk kenyamanan pencetakan secara wireless dari perangkat seluler.

Instalasi untuk printer wireless tidaklah sulit. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan perangkat komputer dan printer yang sudah terhubung. Jangan lupa untuk memastikan device printernya sudah terinstall dan berfungsi di komputer, untuk memastikannya cobalah mencetak dokumen menggunakan printer tersebut. Kedua, akses Windows Setting melalui menu start dan pilih menu Network & Internet. Selanjutnya pada menu Network & Internet klik Change Advance Sharing Setting dan beri centang untuk pilihan Turn On File and Printer Sharing. Klik All Networks dan beri centang pada pilihan Turn Off Password Protect Sharing. Jika sudah, klik Save Changes untuk menyimpan  perubahan yang sudah dilakukan.

Setelah itu lakukan instalasi device printer yang ada di komputer dengan klik menu Device lalu pilih Device and Printers. Jika sudah muncul pilihan device printer yang terinstal di komputer. Klik kanan pada gambar printer yang hendak kamu sharing dengan pilih menu See Whats Printing. Untuk memudahkan, sebaiknya samakan saja nama device dengan merk printer pada kolom Share Name kemudian klik OK. Untuk mengubungkan komputer lainnya dengan printer sharing, kamu perlu memastikan komputer atau device lainnya sudah terhubung dengan jaringan LAN atau wifi. Selanjutnya kamu sudah bisa mencetak dokumen menggunakan printer yang sudah tersharing tersebut. Kamu pun bisa mencoba melakukan cetak dokumen.

Apakah kamu baru tertarik untuk membeli printer multifungsi untuk kantor atau penggunaan pribadi di rumah? Yuk, coba cek produk printer Brother. Selain jenisnya yang beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu, printer Brother juga lebih hemat biaya pencetakan menggunakan tinta asli dan ramah lingkungan dengan penggunaan listrik yang rendah meski dalam keadaan siaga. Untuk informasi menarik lainnya, jangan lupa kunjungi website Brother ya!