Step by Step Cara Memasang Benang Pada Mesin Jahit

Category
Step-by-Step-Cara-Memasang-Benang-Banner

Terlihat sepele, namun sebagai pemula kegiatan memasang benang di mesin jahit akan terlihat rumit. Padahal, hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak menjahit adalah memastikan telah memasang benang dengan benar. Pasalnya, memasang benang dengan benar dapat mempengaruhi hasil jahitan. Yuk, simak ulasan lengkap bagaimana cara memasang benang pada mesin jahit di bawah ini.

Kenali Bagian Mesin Jahit

Sebelum membahas cara memasang benang, sebaiknya Anda mengenali bagian- bagian pada mesin jahit terlebih dahulu. Pasalnya, setiap mesin mempunyai bagian yang sedikit berbeda. Apa saja bagian-bagian pada mesin jahit?


Spul

Spul merupakan tempat gulungan benang yang terletak di bawah mesin jahit. Sebelum memulai menjahit, Anda harus memastikan bahwa spul sudah terisi dengan benang yang sejenis dengan benang di bagian atas. Apakah perlu sama warna? Pada dasarnya warna benang bawah dan atas tidak perlu sama, akan tetapi hasil terlihat lebih rapi jika sama.

Apabila Anda ingin memasang spul, pertama-tama pasang alat pada bagian tiang yang terdapat pada mesin jahit. Kemudian, masukkan ujung benang pada bagian atas spul, dengan tujuan agar kuat saat proses penggulungan terjadi. Pastikan spul sudah terkunci, dengan posisi spul yang menghadap ke arah atas (namun pada proses ini berbeda merk akan berbeda posisi). Injak pedal sehingga benang dapat tergulung secara otomatis. Terakhir, Anda harus memasukkan spul pada tempatnya (rumah sekoci), dan benang pastikan tergantu dengan bebas. Kemudian tarik benang hingga ke permukaan pelat gigi.


Rumah Sekoci

Rumah sekoci merupakan pasangan spul. Agar spul dapat berfungsi, maka Anda harus memasukkannya pada rumah sekoci. Pastikan benang saat ditarik telah berputar mengikuti arah jarum jam. Kemudian, letakkan rumah sekoci yang berisi soul di bagian bawah mesin.


Jarum

Jarum jahit mempunyai mata jarum yang berguna menjadi jalan masuknya benang. Tidak seperti jarum jahit tangan, pada mesin jahit bentuk jarum lebih gepeng di ujung dan memiliki mata jahit. Biasanya, terbuat dari bahan baja yang berlapis nikel agar tidak mudah korosi.

Jarum yang digunakan untuk mesin jahit mempunyai ukuran berbeda sesuai dengan fungsinya. Misalnya, jarum dengan ukuran nomor 16 biasanya digunakan untuk menjadi bahan kain yang tebal sejenis jeans. Sementara jarum berukuran 9 lebih cocok digunakan untuk kain chiffon atau sutra. Jadi, semakin halus maka Anda membutuhkan ukuran jarum yang lebih kecil.


Pedal Jahit

Bagian ini berfungsi untuk menggerakkan mesin jahit. Anda hanya perlu menginjak kaki ke atas dan bawah.


Sepatu dan Gigi Mesin Jahit

Sepatu pada mesin jahit mempunyai fungsi untuk menjepit kain pada saat menjahit. Bagian ini termasuk komponen yang penting demi kelancaran menjahit. Perlu Anda ketahui, sepatu mesin jahit mempunyai banyak jenisnya, tergantung pada kebutuhannya. Sebagai contoh, sepatu jahit lurus standar yang merupakan bawaan mesin high speed dan biasanya untuk pola lurus. Sementara sepatu mesin jahit jenis kerut berguna untuk menjahit kerutan pada kain tekstil.

Gigi mesin jahit berfungsi untuk menggerakkan kain dan mengatur tingkat kerapatan jarak pada saat proses menjahit. Letaknya di bawah sepatu mesin jahit.


Cara Memasang Benang Pada Mesin Jahit

Setelah mengetahui apa saja nama bagian-bagian mesin jahit, kini saatnya memasang benang.


Pasang Benang Atas

Pasang benang pada tiangnya, kemudian masukkan benang sesuai dengan jalurnya. Perlu Anda ketahui bahwa setiap mesin mempunyai jalur yang berbeda. Biasanya pada mesin jahit portable sudah terdapat angka-angka yang memudahkan Anda mengikuti jalur benang.


Pasang Benang Bagian Bawah

Selanjutnya adalah pemasangan spul ke rumah sekoci. Apabila spul terpasang dengan benar, maka akan keluar benang dari bawah. Untuk menarik benang bagian bawah, Anda harus menurunkan jarum secara manual, dengan cara memutar mesin ke arah belakang. Kemudian Anda bisa menarik benang secara perlahan.


Pasang Jarum

Setelah itu, Anda bisa memasang benang jarum, dengan langkah sebagai berikut ini:

  • Masukkan jarum pada bagian dudukan, posisikan bagian yang cembung menghadap ke depan. Sedangkan, bagian datar menghadap ke belakang.
  • Lalu, Anda harus mengencangkan sekrup yang terletak di samping dudukan, tujuannya agar tidak terlepas.

Pasang Benang Pada Jarum

Selanjutnya, Anda harus memasang benang pada jarum. Caranya sebagai berikut :

  • Tekan tuas jarum ke arah bawah, dengan begitu benang bawah akan muncul.
  • Lalu potong bagian ujung benang agar rata, dan masukkan benang dari atas.
  • Tarik benang ke bawah, dan pastikan telah terjepit kuat. Pastikan benang bagian atas telah sejajar dengan benang bawah. Dengan demikian, keduanya akan saling bersilangan. Tujuannya, agar hasil jahitan terlihat rapi.
  • Apabila benang putus pada saat proses menjahit. Anda harus memastikan tidak terdapat kerusakan pada spul-nya, serta ukuran benang dan jarum sudah sesuai atau tidak. Jika perlu, atur tension benang sampai pas, sehingga tidak terlalu kencang atau kendur.

Apakah setiap mesin jahit mempunyai cara pemasangan benang yang sama? Tentu saja tidak. Salah satu mesin jahit yang memudahkan Anda dalam pemasangan benang adalah Mesin Jahit Merk Brother Type GS 2700.


Spesifikasi Mesin Jahit Merk Brother Type GS2700

Mesin jahit merk brother type GS 2700 mempunyai beberapa fitur unggulan seperti :


Needle Threader

Needle threader yang memudahkan Anda dalam pemasangan benang. Fitur ini otomatis untuk memasukkan benang ini dapat membantu Anda memasang benang ke jarum. Caranya cukup menekan tuas, maka benang akan masuk secara otomatis.


Low Noise

Tak hanya itu, mesin jahit ini juga low noise, sehingga suaranya tidak mengganggu orang lain di sekitar.


Quick thread Setting

Dengan adanya fitur quick thread setting, Anda tidak perlu memutar knop untuk memancing atau mengambil benang bagian bawah. Pasalnya, pada saat Anda memasang spul bawah, terdapat saluran benang yang otomatis keluar ke atas. Sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam proses menjahit.


Memiliki 27 Fungsi Jahitan

Tak hanya itu, mesin jahit ini juga low noise, sehingga suaranya tidak mengganggu orang lain di sekitar.


Low Noise

Selain itu, mesin jahit ini sudah dilengkapi dengan 27 fungsi jahitan. Sehingga, Anda lebih leluasa dalam membuat pola jahitan, misalnya untuk menjahit lurus, dekoratif, zigzag dan lainnya.


LED Light

Ingin menjahit di malam hari? Tenang saja, karena mesin jahit ini telah dilengkapi dengan LED light yang terang. Kendati demikian, cahaya yang memancar cukup lembut di mata. Selain itu, lampu ini dapat bertahan cukup lama.


1 Lubang Pemasang Kancing Yang Otomatis

Kelebihan lain mesin jahit Brother Type GS 2700 adalah satu langkah untuk membuat lubang kancing.

Garansi Hingga 3 Tahun

Setiap pembelian mesin jahit Brother GS 2700, Anda akan mendapatkan jaminan garansi selama 3 tahun. Menyenangkan, bukan?

Demikianlah informasi tentang cara memasang benang pada mesin jahit. Pastikan Anda memilih produk Mesin Jahit Brother Type GS 2700 untuk mendapatkan kemudahan dengan fitur-fitur unggulan yang ada. Selamat berkreasi!

https://sekolahpintar.com/blog/bagian-bagian-pada-mesin-jahit#:~:text=Spul%20merupakan%20bagian%20mesin%20jahit%20yang%20berfungsi%20sebagai%20pengisi%20benang%20bawah.&text=Komponen%20berukuran%20kecil%20pada%20mesin,yang%20berada%20di%20bawah%20jarum

https://www.lamanzila.com/2017/02/review-mesin-jahit-brother-gs-2700.html

https://www.brother.co.id/id-id/products/all-sewing-machines/sewing-machines/gs2700

https://www.fesyendesign.com/belajar-menyiapkan-mesin-jahit/