Rekomendasi Mesin Jahit Portable Yang Bagus

Category
Portable-Yang-Bagus-Banner

Mesin jahit saat ini telah menjadi barang sekunder yang harus Anda miliki. Jika memiliki mesin jahit di rumah, setidaknya Anda bisa memperbaiki pakaian yang sobek, lubang dan lainnya. Kalau bisa memperbaiki sendiri, mengapa harus ke penjahit, bukan? Ini dia rekomendasi mesin jahit portable yang bagus dan wajib Anda miliki.

Sekilas Tentang Mesin Jahit Portable

Sebelum mengulas tentang mesin jahit portable yang berkualitas, maka pahami dulu bentuk dan fungsinya. Dari segi ukuran, mesin jahit portable tampak lebih mungil, dengan berat kurang dari 6 kilogram. Bodinya cukup compact, sehingga memudahkan Anda untuk memindahkan mesin.

Oleh karena ukuran dan berat yang kecil, maka Anda dapat meletakkan mesin ini lebih leluasa. Tidak memakan tempat dan praktis. Lantas apa bedanya dengan mesin jahit mini?

Jika Anda amati, mesin jahit mini bentuknya lebih mirip dengan stapler, hanya bisa Anda gunakan untuk menjahit pola biasa. Sedangkan, mesin jahit portable mempunyai beberapa fungsi dasar, sehingga memungkinkan Anda membuat aksesoris hingga model jahitan yang lebih sulit. Terlebih lagi, mesin jahit portable telah lengkap dengan fungsi khusus yang dapat membuat jahitan zig-zag, hingga obras.

Selain itu, mesin jahit portable juga bisa Anda gunakan untuk keperluan industri kecil, loh.


Kelebihan Mesin Jahit Portable

Berikut adalah beberapa kelebihan dari mesin jahit portable yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda, antara lain :


Ringan

Mesin ini mempunyai body dari plastik, sehingga mempunyai bobot yang lebih ringan. Itulah mengapa mesin ini lebih mudah memindahkannya atau Anda bawa kemana-mana.


Banyak Fitur

Mesin jahit portable mempunyai beragam fitur yang memadai. Anda bisa menggunakan mesin jahit portable multifungsi ini berbagai keperluan, seperti membuat tas serut, aksesoris atau lainnya.


Ukurannya Relatif Kecil

Ukuran yang kecil membuat mesin jahit ini lebih praktis, tidak memakan banyak tempat, dan mudah dalam penyimpanan.


Tampilan Modern

Apabila Anda membandingkan dengan mesin manual, tentu saja yang satu ini terlihat lebih modern dan menarik.


Cara Memilih Mesin Jahit Portable Yang Bagus

Poin penting yang harus Anda perhatikan adalah memilih mesin jahit portable yang berkualitas dan ramah di kantong. Berikut tips memilih mesin jahit portable,


Pasang Benang Bagian Bawah

Selanjutnya adalah pemasangan spul ke rumah sekoci. Apabila spul terpasang dengan benar, maka akan keluar benang dari bawah. Untuk menarik benang bagian bawah, Anda harus menurunkan jarum secara manual, dengan cara memutar mesin ke arah belakang. Kemudian Anda bisa menarik benang secara perlahan.


Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Secara garis besar, mesin jahit portable terbagi menjadi tiga, tipe elektrik, tipe komputer, dan mini. Masing-masing jenis mesin mempunyai kelebihan yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluannya.

  • Tipe Komputer
    Tipe yang satu ini, mempunyai fitur yang lebih lengkap dan otomatis. Dengan begitu, pengoperasiannya lebih praktis, dan hasilnya rapi. Cocok untuk pemula, karena mudah mengoperasikannya. Selain itu, tipe ini juga hadir dengan fitur bordir, sehingga Anda bisa lebih berkreasi.
  • Tipe Elektrik
    Kalau tipe yang satu ini lebih sederhana, seperti menjahit lurus, beberapa pola zig-zag atau membuat lubang kancing. Anda bisa memilih fitur-fitur ini dengan memutar knop sehingga lebih mudah mengoperasikannya.
    Tak hanya itu, mesin jahit elektrik juga mempunyai power lebih stabil dengan kecepatan yang rendah. Kelebihan lain dari mesin jahit tipe elektrik adalah pilihan model dan harga yang terjangkau.
  • Tipe Mini dengan Baterai
    Sesuai dengan namanya, mesin jahit ini mempunyai ukuran yang mini dan biasanya dijalankan menggunakan baterai. Biasanya, mesin jahit ini untuk kebutuhan ringan dengan jenis kain yang tipis. Karena menggunakan baterai, maka Anda tidak perlu mencari listrik saat ingin menjahit. Cocok Anda gunakan di kawasan yang minim listrik.

Memahami Fitur- FItur Mesin Jahit

Penting bagi Anda dalam memahami fitur serta fungsinya, sehingga lebih mudah menemukan mesin jahit sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, mengetahui fitur-fitur mesin jahit juga mempermudah Anda mengoperasikannya.


Jalur Benang

Fitur pertama yang perlu Anda ketahui adalah jalur benang. Keberadaan fitur ini memudahkan pemula pada saat memasang benang pada mesin jahit. Anda cukup melihat jalur yang sudah dilengkapi dengan nomor pada bodi mesin.


Automatic Needle Threader dan Drop-in Bobbin

Nah, fitur automatic needle threader termasuk kelebihan yang dimiliki mesin jahit portable. Pasalnya, Anda bisa memasang benang bawah dan atas dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mengatur set bobbin / rumah sekoci dan meletakkan benang di ceruk. Begitu juga saat hendak memasang benang atas, Anda cukup menekan tuas saja. Menjahit pun jadi lebih praktis dan menghemat waktu.


Automatic Thread Tension Control

Mengontrol tegangan pada benang atas bawah memang perlu Anda lakukan. Apabila salah satunya longgar, maka hasil jahitan akan tidak rapi, atau benang bolak- balik putus. Sehingga aktivitas menjahit menjadi lama dan tidak menyenangkan.

Biasanya, penjahit menyamakan tegangan benang berulang kali dan mengecek hasilnya. Tak jarang, penjahit juga harus mengubah tegangan agar hasil jahitan rapi. Bagi Anda yang sedang mencari mesin jahit sebaiknya memperhatikan fitur pengatur tegangan ini.

Pastikan mesin jahit portable incaran Anda sudah dilengkapi dengan fitur automatic tension control yang dapat mengatur ketegangan benang dengan cepat.


Ketersediaan Pedal Control

Pedal control merupakan komponen pendukung yang cukup penting. Beberapa jenis mesin sudah dilengkapi dengan pedal control dalam satu paket. Tapi ada beberapa mesin yang menjualnya secara terpisah.


Sesuaikan Dengan Tempat Kerja Anda

Memilih mesin jahit juga perlu memastikan luas area kerja Anda agar lebih nyaman. Apabila Anda hanya mempunyai ruang kerja yang sempit sebaiknya pilih mesin jahit yang ukurannya tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penghuni rumah lainnya, misalnya ada bayi, atau hewan peliharaan. Perhatikan pula tingkat kebisingan yang dikeluarkan mesin. Jangan sampai, orang di sekitar menjadi terganggu dengan suara mesin yang bising. Oleh karena itu, pilihlah mesin jahit yang tidak mengeluarkan suara terlalu bising.


Rekomendasi Mesin Jahit Portable Brother Computerized FS60X

Mesin jahit portable FS60X cocok bagi pemula, yang telah dilengkapi dengan metal frame serta high quality stitch. Harga mesin jahit portable FS60X hanya berkisar 5 jutaan saja, sudah lengkap dengan beberapa fitur unggulan seperti:

  • 60 pola jahitan in built
  • 7 pilihan mode mesin lobang kacing yang otomatis
  • Automatic needle threader
  • Panel speed control (pengatur kecepatan menjahit) mulai dari lambat hingga sangat cepat
  • LCD Display monochrome
  • Alat pemotong benang otomatis
  • Pedal control yang memungkinkan Anda menjalankan mesin secara otomatis
  • Thread tension control dengan model disc atau manual
  • Sudah terdapat pencahayaan LED
  • Terdapat tombol start/ stop
  • Panel drop feed
  • Dilengkapi dengan pengaturan panjang jahitan maksimal 5mm
  • Terdapat pengaturan lebar jahitan, maksimal 7mm

Fitur-fitur yang dihadirkan mesin jahit portable FS60X akan mempermudah kinerja Anda saat menjahit, dengan hasil rapi dan bagus. Di samping itu, mesin jahit portable FS60x juga bisa Anda gunakan untuk membordir. Jadi, FS60X adalah mesin jahit portable multifungsi yang wajib Anda miliki.

Itulah rekomendasi mesin jahit portable yang bagus tipe FS60X computerized dari Brother Indonesia, yang tidak hanya berkualitas, tetapi juga terjangkau. Selamat berkreasi!


https://kjmesin.com/blog/artikel/perbedaan-tipe-mesin-jahit-portable-mesin-jahit-semi-portable-flatbed

https://www.brother.co.id/id-id/products/all-sewing-machines/sewing-machines/fs60x

https://www.youtube.com/watch?v=7lFq2Sk0GHc

https://b-ori.kreasimultibisnis.co.id/cara-menggunakan-mesin-jahit-portable-untuk-pemula/