Tips Merawat Printer Yang Jarang Dipakai

Tips Merawat Printer Yang Jarang Dipakai

        Fungsi printer pada komputer adalah mencetak dokumen atau file gambar dari bentuk digital ke bentuk fisik dari media cetak. Seiring berkembangnya jaman, sudah banyak printer all in one yang dapat melakukan print, copy dan scan dalam satu perangkat. Bahkan beberapa jenis yang sudah bisa tersambung dengan server wifi lokal atau biasa disebut printer wifi. Manfaat mempunyai printer pastinya sangat banyak salah satunya adalah kalian akan bisa langsung mencetak tugas anak dengan menggunakan printer yang ada dirumah tanpa harus pergi ke tempat fotocopy dan lain sebagainya sehingga Anda pun akan dimudahkan waktu dan dengan mempunyai printer sendiri uang kalian akan lebih hemat. Namun apabila kalian mempunyai printer jarang dipakai maka ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan supaya printer yang kalian miliki awet dan bisa tetap optimal.

        Apabila kalian jarang menggunakan printer maka pastinya dengan menyalakan printer hal ini bisa membuat printer kalian semakin awet dan maksimal akan tetapi, rekomendasi lain yang sangat bagus yaitu gunakanlah secara rutin printer yang kalian miliki dikarenakan semakin kalian menggunakan printer maka kondisi printer akan optimal walaupun pastinya jangan sampai digunakan terus-menerus karena printer akan merasa lelah dan panas. Selanjutnya kalian pun harus tetap menjaga kebersihan perintah baik dari luar ataupun dari dalam dan usahakan walaupun printer jarang digunakan, kalian harus menjaga printer dari debu yang masuk dikarenakan hal ini bisa merusak elemen printer seperti terjadinya karat.

        Salah satu cara untuk menjaga kualitas printer adalah melakukan clean head pada printer. Membersihkan head printer dilakukan karena tinta dapat mengering saat jarang digunakan. Dengan clean head printer bisa menyerap tinta dengan baik untuk selanjutnya menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal dan optimal sehingga dengan adanya sistem perawatan tersebut maka printer kalian akan awet dan silakan lakukan clean head dengan baik dan benar sesuai dengan petunjuk printer kalian masing-masing. Jangan lupa juga untuk menggunakan kertas yang sesuai dengan printer yang kalian miliki. Misalnya menggunakan kertas yang terlalu tebal saat mencetak. Kertas yang tebal dan keras akan membuat motor printer bekerja terlalu berat dan menyebabkan roda penarik tidak berjalan normal. Pilihlah juga kertas berkualitas baik maka hal ini bisa membuat printer kalian bisa awet dan tahan lama.

        Tahap terakhir adalah menggunakan tinta yang direkomendasikan, yaitu tinta original jika ingin mempunyai printer yang awet dan jauhilah penggunaan tinta palsu atau yang memang tidak sesuai dengan kriteria printer yang kalian miliki. Sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin menggunakan tinta, maka gunakanlah tinta dari 1 merek dengan perintah kalian dan apabila memang terpaksa menggunakan merek lain maka tetaplah dengan merek tersebut jangan sampai ganti merek, alasannya sangatlah masuk akal, karena setiap bahan dari tinta pastinya setiap perusahaan mempunyai rahasianya sendiri.

        Saat tidak dipakai, usahakan tinggalkan printer dalam keadaan terutup rapi. Ini untuk mencegah debu masuk dan menumpuk di dalam printer. Tentu saja debu juga bisa mempenga ruhi kerja printer. Jika tidak gunakan, lebih baik printer dimatikan saja. Jangan biarkan printer menyala dalam jangka waktu panjang. Jangan keseringan membeli tinta suntik dan mengganti-ganti merek tinta saat mengisi kartrid. Karena jika terjadi kebocoran, printer akan rusak. Jangan diamkan tinta dalam waktu lama. Tinta yang bergerak bisa membuat print head macet. Solusi terbaiknya, hidupkan printer secara rutin seminggu sekali agar tinta kembali encer karena head printer hangat kembali.