Penggunaan Barcode Dalam Industri Retail

Penggunaan Barcode Dalam Industri Retail

Awalnya sistem barcode memang diperuntukkan di industri retail yakni untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan di swalayan. Namun, saat ini tak sedikit industri lain yang memanfaatkan penggunaan barcode karena melihat dari biayanya yang murah dan kegunaannya yang banyak. Dalam dunia industri retail, pemakaian barcode dapat melacak banyak hal tentang suatu produk. Mulai dari kapan pihak retailer menerima produk, berapa banyak jumlah produk, berapa banyak yang diletakkan di display atau di gudang, hingga berapa banyak produk yang sudah terjual. Semua informasi terkait produk bisa dimasukkan dan tersedia di barcode. Mau tau kelebihan lain dari sistem barcode ini? Yuk kita simak penjelasan berikut!

  • Akurasi : Memindai barcode memiliki akurasi yang lebih baik ketimbang entri data manual saat menangani pencatatan dari pengiriman hingga penjualan
  • Efisiensi : Barcode hanya memerlukan pemindaian sederhana untuk membaca keterangan produk sehingga proses lebih cepat, menghemat waktu
  • Biaya : Berkat font barcode dan dan biaya pemindai yang wajar, banyak bisnis bisa membelinya secara wajar.
  • Fleksibilitas : Kode 1D dan 2D tengah berkembang dan akan terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Bisa juga untuk mempercepat proses manajemen inventaris dan checkout.

Ini juga mempermudah pihak retailer saat mereka mau mengecek status inventori suatu produk. Khusus untuk bagian inventaris, umumnya retail memanfaatkan barcode untuk hampir semua proses dan pergerakan yang melibatkan produk. Mulai dari kedatangan barang, di mana setiap produk akan di-scan barcode nya sebagai data awal dari produsen. Semua data mulai kode produksi hingga tanggal kadaluarsa tersedia di barcode. Lalu masuk ke gudang, data akan ditambahkan ke barcode, begitu pula saat sebagian di antaranya akan diletakkan di rak display. Pengecekan produk umumnya dilakukan hampir setiap hari dan data inventori yang ada di barcode sangat berguna untuk mempercepat proses ini. Sejak awal suatu produk diterima dari supplier hingga barang ini keluar dari toko (atau dikembalikan), semuanya bisa dilacak.

Untuk bisa menerakan sistem barcode pada bisnis Anda, tentunya wajib memiliki Barcode Printer seperti Printer Brother PT-P750W. PT-P750W adalah pembuat label yang kuat, namun mudah digunakan dengan banyak pilihan konektivitas nirkabel dan kabel. Sangat mudah digunakan bagi banyak pengguna, bahkan pada komputer dan perangkat seluler yang berbeda, untuk membuat dan mencetak hampir semua label profesional yang tahan lama, penuh warna, dan profesional yang dapat mereka bayangkan. Dengan antarmuka 802.11b/g/n nirkabel internal, PT-P750W adalah pilihan ideal untuk berbagi printer label di antara banyak pengguna. Pengguna PC dan Mac juga dapat memperluas kemampuan PT-P750W dengan menginstal Perangkat Lunak Desain Label Editor P-touch yang tangguh, yang tersedia sebagai unduhan gratis. Buat dan cetak label dengan mudah langsung dari perangkat seluler Apple® iOS atau Android™ yang kompatibel menggunakan aplikasi Brother iPrint&Label gratis. PT-P750W juga kompatibel dengan NFC, sehingga Anda dapat “touch to connect” untuk membuat kontak dengan cepat dengan sebagian besar perangkat berkemampuan NFC. Meskipun sangat bagus untuk pencetakan label individu, Barcode Printer ini juga sangat cocok untuk pekerjaan pembuatan multi-label berkat kecepatan cetaknya yang cepat, kemampuan pencetakan berulang, dan pemotong pita setengah atau penuh otomatis. PT-P750W yang serbaguna juga memberi Anda beberapa opsi daya. Gunakan kabel AC yang disertakan atau 6 baterai AA untuk memberi daya pada unit untuk digunakan di meja, atau membuatnya benar-benar portabel dengan menjalankannya pada baterai Li-ion yang dapat diisi ulang.

Tertarik menggunakan PT-P750W untuk bisnis retail Anda? Yuk segera dapatkan di toko-toko resmi Brother di sekitar Anda!