6 Profesi Menarik yang Berhubungan Dengan Dunia Seni

Category
6 Profesi Menarik yang Berhubungan Dengan Dunia Seni

Lingkup dunia seni yang luas membuka lahan profesi di bidang ini bagi siapa saja yang memiliki daya imajinasi yang kaya, kreativitas dan apresiasi tinggi terhadap estetika. Tak hanya sekedar pilihan untuk menjadi pelukis, penyanyi, atau seniman murni, profesi di bidang seni banyak ragamnya. Karena itu, Anda yang punya minat berkarier sesuai passion terhadap dunia seni tidak perlu khawatir kekurangan lahan pekerjaan.

 

Berikut enam profesi yang berhubungan dengan seni untuk Anda pertimbangkan.

 

Art Director

Art director bertanggung jawab menyusun konsep dan rancangan untuk konten yang tak hanya menarik secara visual, tapi juga dapat menyampaikan pesan sesuai kebutuhan. Seorang art director bisa dibilang adalah kapten yang menggagas proyek dan memastikannya terbentuk sesuai visi. Karenanya, kemampuan mengkomunikasikan ide dan visi yang apik juga dibutuhkan agar sukses menjajal profesi ini.

 

Desainer grafis

Desainer grafis adalah profesi populer yang bisa ditemui di berbagai ranah industri. Sebagai desainer grafis, Anda bertanggung jawab mengemas informasi atau pesan secara menarik melalui permainan warna, gambar, hingga teks. Hasil karya ini bisa dalam bentuk iklan, kemasan produk, hingga logo perusahaan.

 

Stylist

Seorang stylist menata produk sedemikian rupa hingga terlihat menarik dan dapat merepresentasikan konsep yang ingin disampaikan. Profesi stylist meski terkesan identik dengan dunia fashion, namun lingkupnya cukup luas dan bisa ditekuni sesuai minat, misalnya sebagai food stylist, property dan interior stylist.

 

Edukator

Dosen dan guru seni adalah profesi yang membimbing pekerja seni masa depan, sehingga tidak kalah prestisenya dibanding profesi lain. Jika Anda punya minat di dunia pendidikan dan seni, profesi mulia sebagai guru bisa jadi pertimbangan.

 

Kurator Seni

Jika Anda pernah mengagumi pilihan karya atau susunan tata letak di museum atau galeri, Anda sedang mengapresiasi pekerjaan sang kurator. Kurator adalah mereka yang bertanggung jawab memilih, mengurus, mengawasi objek budaya, sejarah, atau seni di museum atau galeri. Mereka juga kadang memegang peran sebagai ahli topik warisan budaya atau seni.

 

Kualifikasi latar belakang pendidikan kurator cukup tinggi. Selain minimal bergelar doktor atau magister dalam bidang sejarah, seni, arkeologi, dan antropologi, kurator juga perlu paham kode etik dan hukum yang berlaku terkait barang seni dan bersejarah.

 

Koreografer

Di balik pertunjukan tari yang apik, ada seorang koreografer di baliknya. Menata pola gerakan tubuh hingga menjadi sebuah komposisi tari yang berstruktur dan memiliki nilai estetika tinggi adalah tugas utama profesi yang satu ini.

 

Apapun profesi seni yang Anda tekuni, Anda tentu paham pentingnya merangkum hasil karya, konsep dan rancangan dalam portfolio rapi untuk disampaikan ke klien, atasan, hingga jajaran direksi.

 

Lengkapi kantor Anda dengan Printer Ink Tank A3 Brother sebagai rekan penunjang karier. Printer ini memiliki kualitas superior dengan resolusi 4.800 x 1200 dpi yang memudahkan Anda mencetak hasil gambar yang brilian dan teks yang tajam.

 

Printer ini praktis digunakan dengan pilihan konektivitas yang beragam, baik itu koneksi wireless atau koneksi jaringan, dan bahkan dapat diakses langsung dari perangkat seluler Anda. Selain itu, waktu menunggu hasil cetakan pun cukup cepat, tidak sampai 6 detik hasil cetakan sudah keluar. Efisien dan menunjang produktivitas, Printer Ink Tank A3 Brother cocok digunakan oleh kaum kreatif profesional yang senantiasa aktif.