Ciri-Ciri Bahwa Anda Karyawan yang Cerdas

Category
Ciri-Ciri Bahwa Anda Karyawan yang Cerdas

Jaman sekarang memang banyak karyawan yang berlomba-lomba untuk menunjukan peforma mereka ke atasan untuk kenaikan pangkat atau jabatan. Umumnya para karyawan bekerja sangat keras untuk menunjukan peforma mereka, tetapi yang sering dilupakan adalah mereka juga harus bekerja dengan cerdas, tidak hanya menunjukan bahwa mereka pekerja keras saja. Maka dari itu banyak kita temukan karyawan sangat rajin untuk bekerja tapi tidak memiliki pencapaian yang cukup signifikan dalam karir mereka.

Ada beberapa ciri-ciri bahwa Anda adalah seorang karyawan yang cerdas, coba lihat dan berkacalah ke diri Anda.

Mampu menerima Kritik Dengan Baik

Kritik tidak bisa dihindari selama Anda hidup, apapun yang Anda lakukan, orang selalu akan melontarkan pendapat dan setiap orang memiliki sudut pandangnya masing-masing. Di dunia ini ada 2 macam kritik, yaitu kritik yang menjatuhkan dan kritik yang membangun. Sebagai orang yang cerdas Anda harus mampu membedakan kritik.

Orang yang cerdas akan menenangkan diri, mendengarkan dan mencerna apa yang dikatakan seorang kritikus. Jika kritik itu bersifat membangun, Anda harus mendengarkan dan memperbaiki kesalahan anda. Jika kritik itu bersifat menjatuhkan, Anda hanya perlu untuk memahami apa motivasi-nya, tidak perlu marah dan tentu saja anda tidak perlu menggubris apa yang dia katakan.

Dapat Melindungi Dokumen Rahasia

Sebagai karyawan yang dipercaya, Anda pasti diberi kepercayaan oleh bos Anda untuk menjaga dokumen penting ataupun memiliki proyek yang masih dirahasiakan. Oleh karena itu Anda harus mampu menjaga rahasia.

Sebagai karyawan yang cerdas Anda bisa memulai dengan langkah kecil seperti melindungi dokumen rahasia anda dengan fiture secure print dari  Printer Brother. Dengan fitur Secure Print pada Printer Brother, data rahasia yang Anda miliki menjadi lebih aman dan tidak bisa dilihat oleh banyak orang. Karena untuk melakukan kegiatan mecetak, pengguna printer harus datang ke printer dan perlu memasukkan kode 4 digit sebelum hasil cetak keluar sehingga hanya Anda yang dapat mencetak dan mengambil dokumen milik Anda.

Menjaga Hubungan

Sebagai karyawan di dalam sebuah perusahaan, Anda pasti tidak mungkin bekerja sendiri. Anda pasti akan bertemu orang-orang dari berbagai latar belakang dan karakter, mereka memiliki kepentingan dan kebutuhan masing-masing, oleh karena itu anda harus mampu membawa diri di lingkungan kerja.

Anda harus mampu untuk menjaga hubungan tetap profesional, hindari mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan pekerjaan. Jangan sampai urusan pribadi menjadi halangan dalam mengerjakan tugas anda di kantor. Selain itu Anda harus menjadi orang yang ramah, ringan tangan dan jangan melakukan politik kotor di kantor.

Mampu Menyusun Strategi dan Goal

Setiap orang cerdas harus mampu menentukan target apa yang ingin dicapai kemudian menentukan strategi apa saja yang ingin digunakan. Tanpa strategi, goal tidak akan bisa tercapai.

Langkah pertama adalah menentukan dengan jelas secara detail apa yang ingin Anda capai. Kemudian mulailah merumuskan strategi yang masuk akal yang harus anda capai dalam kurun waktu tertentu. Kemudian lakukan evaluasi dalam kurun waktu tertentu misalnya dua minggu satu kali atau satu bulan sekali. Niscaya semua apa yang anda kerjakan dapat berhasil.