Alasan Label Itu Penting

Category
Alasan Label Itu Penting

Apa yang terjadi saat kita ingin membeli produk dari sebuat merk, tapi kita tidak dapat menemukan informasi detailnya? Tentunya, hal yang sangat mungkin kita lakukan adalah mencari merk lain yang memiliki informasi penuh tentang produk yang dijualnya. Nah, hal ini bisa sangat terjadi bila bisnis sedang Anda jalani tidak memiliki label yang tertera pada produk yang Anda jual. Karena label merupakan bagian dari suatu produk yang menyampaikan informasi mengenai produk dan penjual. Label juga menjadi salah satu faktor penting yang bisa menguatkan branding dalam persaingan bisnis Anda yang semakin ketat. Adanya label, menjadi sebuah pengenal dan juga identitas untuk sebuah produk. Melalui label juga kita bisa menyampaikan informasi mengenai brand, petunjuk, kualitas, dan lain sebagainya. Selain itu label juga berfungsi sebagai iklan dan branding sebuah produk.

Misalkan, jika Anda memiliki bisnis kuliner minuman di pasar. Akan ada banyak sekali produk yang beredar.  Lebih spesifik lagi, misalnya jika Anda mencari minuman cokelat, pasti Anda akan menjumpai lebih dari satu merk minuman coklat itu. Jika demikian, lalu bagaimana supaya produk milik Anda dapat dikenali konsumen?

Jawabannya, Anda membutuhkan Label Minuman pada produk Anda. Pentingnya menggunakan label pada produk minuman Anda yaitu:

1. Menginformasikan komposisi produk

Salah satu cara yang paling mudah yaitu dengan membaca informasi bahan-bahan produk adalah lihat pada label kemasan. Inilah alasan utamanya mengapa label sangat penting untuk dicantumkan. Beberapa konsumen cenderung menghindari produk yang mengandung bahan tertentu karena mungkin memiliki alergen terhadap suatu bahan. Penyantuman bahan yang jelas pada label kemasan, akan membantu konsumen menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

2. Menunjukkan instruksi penyajian produk

Setelah mengetahui bahan-bahan produk, selanjutnya konsumen juga harus tahu cara penyajian produk Anda. Informasi ini biasanya dicantumkan di bagian belakang kemasan produk. Tujuannya, untuk mempermudah konsumen dalam memahami produk minumanmu.

3. Menunjukkan tanggal produksi & kedaluwarsa produk

Informasi ini menjadi hal penting yang akan sering dilihat oleh konsumen.

4. Memberikan peringatan

Bukan tanpa sebab adanya informasi peringatan ini pada produk Anda. Karena untuk menginformasikan apakah minuman Anda tepat atau tidak bagi beberapa orang yang memiliki alergi atau penyakit. Atau ada pula beberapa konsumen dengan jenjang usia berbeda, sehingga tidak cocok mengonsumsi produk tertentu.

5. Menunjukkan informasi bisnis milik Anda

Adanya informasi ini, membuat produk Anda jadi terlihat akurat. Selain itu, karena saat ini dunia digital sudah maju, Anda bisa lho menambahkan informasi akun media sosial produk Anda pada label kemasan minuman. Buatlah konsumen menjadi lebih dekat dengan produk Anda lewat interaksi di media sosial.

Sama hanya dengan dunia kuliner, di dunia kesehatan label juga sangat dibutuhkan perannya. Seperti untuk pengadaan Gelang Pasien di dalam lingkungan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit. Gelang tersebut dimanfaatkan sebagai tanda pengenal setiap pasien. Setidaknya, ada dua informasi yang termuat di dalam gelang gelang tersebut seperti nama pasien, tanggal lahirnya, dan nomor rekam medisnya. Hal ini, demi mencegah terjadinya kesalahan penanganan pada pasien.

Brother selalu memiliki pilihan printer untuk membantu menyesuaikan label dengan kebutuhan bisnis Anda yang bervariasi. Seperti untuk bisnis Label Minuman, Brother memiliki printer label Direct Thermal TD-2020 dan TD-2130N serta untuk Gelang Pasien ada TD-2020 dan TD-4410D yang diciptakan untuk menyantumkan informasi pada produk Anda. Keunggulan dari Direct Thermal Brother ini adalah dapat mencetak teks yang mudah dibaca untuk kebutuhan label pada bisnis Anda. Sehingga, dengan hasil cetak label yang berkualitas konsumen mendapatkan pengalaman baik dari produk Anda. Selain itu, printer ini dilengkapi dengan 3 tahun garansi dari Brother yang mudah diintegrasikan ke software yang sudah biasa digunakan oleh bisnis Anda. Printer label ini juga dilengkapi software P-Touch Editor gratis dengan template yang menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.