5 Rahasia Penunjang Karier Para Desainer Sukses

5 Rahasia Penunjang Karier Para Desainer Sukses

Layaknya karier apapun, untuk menjadi seorang desainer yang sukses, diperlukan lebih dari sekedar talenta dan kerja keras. Kombinasi dari temperamen yang tepat dan penguasaan beberapa soft skill di bawah ini adalah rahasia kesuksesan profesi desainer yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam keseharian berkarya.

 

Percaya diri

Anda yang baru menjajak karir di bidang desain kadang mungkin merasa terintimidasi ketika membandingkan hasil karya dengan penggiat desain lain atau bahkan desainer sukses yang menjadi tokoh inspirasi Anda.

Hal ini lazim Anda rasakan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba mengubah pola pikir. Faktanya, Anda tidak sendiri. Setiap individu yang Anda temui juga pernah merasa kecil hati dan meragukan kemampuan diri di satu titik dalam perjalanan karier mereka.

Merasa ragu dan kurang percaya diri sesekali itu normal, asal jangan Anda biarkan berlarut-larut. Coba bayangkan jika setiap desainer yang Anda kagumi dulu enggan melangkah maju hanya karena tidak pede, maka mereka tentu tidak akan meraih kesuksesan saat ini.

 

Jangan takut untuk jadi beda

Dalam dunia desain, popularitas dari rancangan, gaya, atau konsep tertentu kadang menimbulkan keseragaman atau tren yang mematikan kreativitas. Meski hal ini bukan sesuatu yang buruk, keunikan setiap desainer dapat menjadi daya jual tersendiri.

Tidak perlu khawatir untuk menjadi berbeda atau melakukan eksperimen desain. Karakter-karakter unik yang ditunjukkan dalam karya Anda bisa jadi malah menarik lebih banyak peminat atau menciptakan pangsa pasar baru terhadap karya Anda.

 

Miliki kemampuan komunikasi yang baik

Seorang desainer tidak selalu bekerja sendiri. Ada kalanya Anda akan berhadapan dengan banyak orang, baik itu anggota tim maupun klien, sehingga penting bagi Anda untuk mengasah kemampuan komunikasi yang baik.

Komunikasi yang mulus berarti Anda harus menguasai interaksi dua arah: tak hanya piawai berbicara, namun juga aktif mendengarkan. Dimulai dari mengolah informasi dari permintaan klien, membahas proyek dengan tim, hingga menyerap masukan dan kritik, soft skill yang satu ini adalah salah satu senjata paling ampuh bagi Anda yang berkarier di dunia desain.

 

Tidak Cepat Merasa Puas

Siapa yang tidak suka dipuji? Tentunya sangat menyenangkan ketika mendengarkan pujian atau komentar positif yang dilontarkan baik terhadap kemampuan maupun karya Anda. Walaupun begitu, jangan cepat merasa puas dengan pencapaian yang telah dicapai. Alih-alih, teruslah mendorong diri untuk mengembangkan diri Anda.

 

Terus bereksplorasi

Dunia desain merupakan dunia yang dinamis, di mana setiap penggiatnya dituntut untuk terus mengolah kreativitas menjadi hasil karya yang bermanfaat atau membuat gebrakan. Meski Anda unggul di satu gaya atau ciri khas, Anda tidak harus membatasi diri berkreasi dengan metode, bahan, atau gaya yang sudah Anda ketahui dan kuasai.

Bereksperimenlah dengan sumber inspirasi baru atau materi baru didampingi Printer Ink Tank A3 Brother. Konsep dan rancangan desain Anda bisa dicetak dengan kualitas superior dengan biaya yang efisien. Dengan kualitas cetak profesional, Anda akan mendapat hasil cetak gambar yang brilian dengan resolusi 4.800 x 1200 dpi.

Sistem tinta refill inkjet printer dengan botol tinta isi ulang dengan kapasitas tinggi memungkinkan Anda untuk menghemat pengeluaran karena produk Brother ini bisa mencetak hingga 6.500 halaman tinta hitam dan 5.000 halaman tinta warna untuk ukuran kertas A4.

Selayaknya olahraga yang membuat Anda semakin fit, eksplorasi terhadap medium dan metode kerja dapat membantu Anda berkembang sebagai seorang desainer dan niscaya akan mendorong batas kreativitas Anda untuk menghasilkan karya yang melampaui standar Anda selama ini.