Fungsi Label Bagi Produsen & Konsumen

Category
Fungsi Label Bagi Produsen & Konsumen

Pada dunia bisnis, label dalam kemasan produk berarti sebagai identitas untuk membedakan antara produk satu dengan yang lain. Dengan adanya berbagai jenis label, konsumen juga akan lebih mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan. Pencarian produk juga bisa langsung dilakukan secara cepat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Jadi, memang keberadaan label sangat dibutuhkan dalam dunia pengemasan produk.

Dengan informasi yang tercantum dalam label, konsumen dapat memilih produk sesuai kebutuhannya. Jika ditinjau dari fungsinya, label memiliki fungsi yang bisa diambil dari dua sisi. Satu dari sisi produsen dan sisi konsumen. Jika dari sisi produsen, label dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dengan konsumen. Agar komunikasi Anda dan konsumen dapat berjalan dengan baik dan efektif, tentunya kita perlu memiliki label sebagai sarana komunikasi serta tempat berbagi informasi.

Label dalam produk juga merupakan sarana untuk menciptakan perdagangan yang adil, jujur, dan bertanggung jawab. Label bisa dibilang menjadi wujud tanggung jawab dari produsen dalam memberi informasi yang sebenar-benarnya tentang kandungan yang tertera di dalam produknya. Ketika produsen menampilkan informasi di dalam label, produsen harus memegang tanggung jawab informasi yang sesuai dengan yang ditampilkan. Fungsi lainnya, adalah melindungi konsumen baik dalam kesehatan maupun hal lainnya. Sebagai pelindung kesehatan, bisa kita lihat apabila konsumen ingin mengonsumsi sesuatu namun ada beberapa bahan yang harus ia hindari karena alergi, maka dengan adanya informasi di label, ia bisa mendapatkan informasi yang tentang kandungan bahan di dalam produk yang ia inginkan.

Nah, lain halnya bila dilihat dari sisi konsumen label berfungsi sebagai sarana komunikasi dengan produsen. Dengan label, konsumen bisa mendapatkan informasi terkait produk. Selanjutnya, label juga bisa sebagai penentu keputusan membeli bagi konsumen. Setelah melihat label dengan informasi yang terkandung di dalamnya, konsumen akan dimudahkan dalam mengambil keputusan untuk membeli atau tidak sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi selanjutnya adalah memberikan edukasi kepada konsumen. Dengan label, konsumen bisa mengetahui zat gizi apa saja yang terkandung dalam produk makanan tersebut. Apabila konsumen memiliki penyakit, label dapat menginformasikan komposisi, informasi nilai gizi, sehingga label dapat dapat menurunkan prevalensi penyakit tidak menular ketika konsumen harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Bila ditelaah fungsi lainnya, ketika tidak semua pembeli mengerti dan paham mengenai seluk beluk produk yang dijual. Dengan adanya label, konsumen bisa mengetahui hal penting yang tidak kasat mata atau diketahui secara fisik. Hal ini tentu cukup menguntungkan karena produsen tidak perlu bertemu secara langsung dengan para pelanggan untuk menjelaskan beragam hal mengenai produk yang dijual namun pastikan berikan informasi dan gambaran yang tepat pada label produk Anda. Manfaat label produk dirasa sangat banyak manfaatnya pada kehidupan sehari-hari, maka tidak heran jika para produsen produk berlomba-lomba dalam membuat label yang menarik.

Untuk membantu menciptakan harmonisasi usaha Anda dengan pelanggan, Brother menghadirkan pilihan Printer Label dengan fitur yang dapat membuat Anda menghemat biaya untuk volume cetak yang lebih rendah. Printer label dari Brother yang direkomendasikan yaitu, QL-1110NWB, PT-D600, PT-P750W yang dilengkapi dengan teknologi potong otomatis. Setiap label otomatis dipotong setelah percetakan. Anda juga dapat mengatur printer ini untuk memotong label setelah sejumlah label tertentu dicetak. Brother juga memiliki Label Maker PT-E110 juga PT-E850TKW dengan opsi papan ketik QWERTY dan fungsi-fungsi khusus seperti, Anda dapat dengan cepat menggunakan Label Maker untuk tugas pelabelan umum di kantor. Printer ini juga bisa membuat Anda merasakan fleksibilitas ketika menggunakan pencetakan label nirkabel Brother kapan saja dan di mana saja.