Ingin Terjun Ke Bisnis Coworking Space? Siapkan beberapa hal ini

Ingin Terjun Ke Bisnis Coworking Space? Siapkan beberapa hal ini

Bisnis coworking space merupakan bisnis penyediaan ruangan yang cukup luas untuk menampung individu atau beberapa orang dari berbagai organisasi, di mana mereka akan berbagi ruang untuk bekerja atau beraktivitas.

Dilansir Tempo.co, tahun 2018 ini, bisnis coworking space di Indonesia mengalami peningkatan hingga 400%. Bisa dibilang, prospek bisnis ruang kerja kolektif ini cukup menjanjikan dan masih akan terus berkembang. Anda sendiri tertarik terjun ke bisnis coworking space? Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan.

 

PilIh lokasi strategis

Lokasi strategis merupakan salah satu daya tarik terbesar dari sebuah bisnis coworking space. Pastikan lokasi yang Anda pilih strategis dan sesuai dengan kebutuhan target tenant Anda, misalnya dekat dengan komplek bisnis atau pusat usaha yang cenderung diminati kaum profesional.

Selain itu, pastikan lokasi coworking space mudah diakses, dilengkapi lahan parkir yang memadai, dan dikelilingi fasilitas umum seperti tempat ibadah dan rumah makan.

 

Ciptakan suasana nyaman

Produktivitas kerja erat hubungannya dengan lingkungan tempat bekerja. Karena itu, coworking space perlu dirancang dan ditata senyaman mungkin. Mulai dari penataan ruang, warna dinding, pencahayaan, perabot, hingga kontrol kebisingan perlu Anda jadikan pertimbangan. Detail-detail kecil inilah yang akan menjadi nilai plus bisnis Anda di mata para tenant.

 

Tentukan harga yang sesuai

Harga ekonomis memang dapat menarik perhatian calon tenant dan membantu mempertahankan klien lama. Anda bisa menawarkan potongan harga untuk tenant yang telah menyewa beberapa kali atau paket harga untuk tenant yang berencana menyewa untuk periode waktu lebih lama.

Pastikan terlebih dulu kalau Anda telah melakukan perhitungan dan riset memadai sebelum mematok harga agar Anda meraup keuntungan maksimal.

 

Siapkan fasilitas memadai

Untuk meningkatkan daya saing, siapkan fasilitas-fasilitas yang memudahkan aktivitas tenant dan membuat mereka betah. Mulai dari akses internet yang cepat, pantry, perpustakaan mini, layanan pengiriman surat, ruang meeting, hingga peralatan administratif perkantoran seperti printer, scanner, maupun fax.

Dengan Printer Ink Tank A3 Brother tipe MFC-T4500DW, Anda bisa dapatkan fitur printer, scanner, copy, dan fax dalam satu produk. Tak hanya mudah digunakan dengan layar sentuh LCD 2.7”, produk terbaru Brother ini juga akan meningkatkan produktivitas kerja para tenant karena kecepatan printingnya yang hanya 5,5 detik untuk cetak hitam putih dan 6 detik untuk cetak warna.

Dari segi manajemen bisnis sendiri, Printer Ink Tank A3 ini juga cukup menguntungkan. Hadir dengan botol tinta isi ulang dengan kapasitas tinggi, printer ini dapat mencetak hingga 6.500 halaman tinta hitam dan 5.000 halaman tinta warna untuk ukuran kertas A4. Tenant puas, biaya operasional bisnis pun bisa ditekan.