langkah mudah kembangkan bisnis fashion anda

langkah mudah kembangkan bisnis fashion anda

Anda berencana atau sudah menjalankan bisnis fashion? Baik Anda selaku distributor, importir, hingga pemilik toko pakaian online, bisnis fashion memang sangat menggiurkan karena peluang pasarnya yang cukup besar dan variatif.

Setiap lingkup usaha dalam dunia fashion tentu punya tips dan trik berbeda untuk meningkatkan daya saing, namun secara umum, praktikkan empat langkah mudah ini untuk menggiatkan bisnis fashion Anda.

 

Lakukan pengembangan produk dan strategi

Dunia fashion bisa dibilang tidak pernah lepas dari perkembangan tren yang cenderung dinamis. Anda yang ingin sukses di dunia ini perlu peka terhadap tren fashion yang sedang berkembang agar dapat mengembangkan produk dan strategi sesuai permintaan pasar.

Selain menelusuri dunia maya untuk mencari inspirasi, Anda juga dapat mengunjungi pameran atau fashion show. Anda berkesempatan melakukan survei pasar secara langsung serta mendapatkan input langsung dari klien yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan bisnis Anda baik dari segi produk maupun pelayanan.

 

Menjalin hubungan baik dengan klien

Pastikan klien puas dengan produk dan pelayanan Anda. Konsumen yang memiliki kesan positif cenderung akan melakukan pembelian kembali bahkan merekomendasikan produk Anda kepada relasinya. Dengarkan keluhan mereka dan jangan ragu untuk meminta masukan.

Anda sendiri mungkin paham kalau salah satu keluhan konsumen produk fashion adalah proses pengiriman produk yang tertunda atau melambat. Jangan biarkan konsumen Anda menunggu lama hanya karena alasan logistik. Printer Ink Jet Ink Tank A3 dari Brother akan membantu memangkas waktu mencetak dokumen pengiriman penting dengan kecepatan 35/27 (mono/warna) halaman per menit. Hanya dengan menunggu 5,5 detik untuk cetak hitam putih dan 6 detik untuk cetak warna, dokumen siap diproses dan produk pun dapat segera dikirimkan ke pemilik barunya.

 

Fokus ke branding

Branding sangat penting untuk membangun persepsi dan kredibilitas dari produk Anda. Hal ini dapat dimulai dari hal yang paling sederhana seperti memanfaatkan sosial media untuk memasang iklan, menggandeng influencer atau publik figur untuk bekerja sama memperkenalkan produk Anda, hingga mengikuti pameran yang sesuai dengan produk dan target pasar Anda untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap produk yang Anda tawarkan.

 

Disiplin terhadap keuangan bisnis

Sebesar apapun penghasilan Anda dan sebanyak apapun jumlah konsumen, jika tidak dibarengi dengan kedisiplinan dalam mengelola keuangan, bisnis Anda tidak akan kunjung berbuah profit maksimal. Hal sekecil mendokumentasikan bon, invoice, dan dokumen-dokumen keuangan secara digital dapat memudahkan Anda menyusun jadwal pembayaran invoice dari mitra atau klien. Terlebih lagi, Anda juga akan meminimalisir kecerobohan atau kehilangan dokumen penting.

Manfaatkan kemudahan yang ditawarkan Printer Ink Tank A3 Brother tipe MFC-T4500DW yang memiliki fungsi print, scan, copy dan fax. Dengan fitur automatic document feeder (ADF), Anda dapat scan invoice dan dokumen finansial penting lainnya hingga 50 lembar sekaligus, tanpa harus memasukkan halaman satu per satu. Serta mampu mencetak sampai dengan ukuran kertas A3 dengan hasil yang optimal.