Tips Mudah Menarik Pelanggan Untuk Bisnis Kecil-Kecilan

Tips Mudah Menarik Pelanggan Untuk Bisnis Kecil-Kecilan

Anda yang berencana atau sedang merintis bisnis kecil-kecilan tentu berharap bisnis yang dijalankan dapat mencapai keuntungan semaksimal mungkin. Hanya saja, punya produk populer yang berkualitas tinggi dengan harga bersaing saja tidak cukup untuk menarik pelanggan.

 

Imbangi strategi penjualan Anda dengan dengan strategi pemasaran yang cermat dan modern. Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kesuksesan bisnis.

 

Manfaatkan sosial media

Laju kembang teknologi kini semakin memudahkan mayoritas penduduk Indonesia untuk semakin terhubung satu sama lain melalui internet dan sosial media. Angka pengguna yang tinggi dan lekatnya sosial media dengan kehidupan masyarakat modern kini membuatnya menjadi salah satu alat paling ampuh untuk mengiklankan produk dan menarik pelanggan.

 

Sosial media berbeda punya tipe pengguna berbeda dan keunikan masing-masing. Anda sebagai pelaku bisnis perlu cerdas memilih situs yang ramai dikunjungi target demografis Anda dan memaksimalkan platform untuk menonjolkan kekuatan produk. Memajang foto produk yang menarik adalah salah satu kiat jitu untuk memastikan produk Anda banyak dilirik, namun Anda juga bisa mencoba berbagi konten menarik yang relevan dengan bisnis Anda.

 

Daftarkan di situs marketplace terpercaya

Situs marketplace tak hanya memaparkan produk Anda pada konsumen baru, namun juga membantu meningkatkan jumlah pelanggan setia. Semakin mudah produk Anda dicari, tentu semakin tinggi peluang pelanggan terus kembali berbelanja.

 

Selain itu, dari sudut pandang pelanggan sendiri, ketersediaan produk Anda di situs marketplace yang terpercaya dapat memberi rasa aman dan nyaman ketika mereka melakukan transaksi.

 

Buat promosi menarik

Baik untuk bisnis online maupun pertokoan, kata “diskon” dan “sale” selalu menarik perhatian pelanggan. Berbagai jenis strategi diskon dapat Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan baru dan menjadi bentuk penghargaan pelanggan lama. Misalnya, Anda bisa memberikan diskon khusus pelanggan baru, diskon di hari-hari libur, atau diskon untuk pelanggan yang berhasil merekomendasikan relasinya untuk berbelanja.

 

Ikut pameran industri yang relevan

Banyaknya pameran yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun event organizer bisa Anda manfaatkan. Lakukan riset terlebih dulu dan seleksi pameran yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan untuk memperkenalkan bisnis dan menarik pelanggan. Di event-event ini, Anda pun bisa berinteraksi dengan calon pelanggan dan bahkan calon rekan bisnis, serta melakukan survei pasar secara langsung.

 

Siapkan Marketing Tools yang Menarik

Perangkat pendukung strategi marketing seperti kartu nama, brosur, dan katalog produk juga jangan dilupakan. Desain yang menarik dan informatif akan memudahkan pelanggan memahami spesifikasi dan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

 

Memasarkan produk dengan metode ini tidak harus menguras dompet. Jadikan printer Ink Tank A3 Brother sebagai investasi bisnis Anda untuk mencetak materi promosi. Baik untuk foto produk maupun teks perkenalan, printer Ink Tank A3 dapat menghasilkan kualitas superior dengan resolusi 4.800 x 1200 dpi. Biaya promo juga dapat ditekan karena sistem tinta refill inkjet printer ini hadir dengan botol tinta isi ulang yang dapat mencetak hingga 6.500 halaman tinta hitam dan 5.000 halaman tinta warna untuk ukuran kertas A4.