Tips Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Category
Tips Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan tolak ukur dari sebuah keberhasilan sebuah usaha. Seperti yang kita ketahui bahwa pelanggan adalah raja. Dalam kata lain, sebagai pemilik bisnis kita harus bisa memberikan pelayanan dan layanan yang memuaskan bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan bukan hanya menjadi kebanggaan bagi pemilik usaha, namun juga memberikan dampak positif bagi peningkatan pendapatan usaha maupun produk yang Anda miliki.

Pelanggan merupakan salah satu alat promosi secara tidak langsung. Bisa dibayangkan jika pelanggan puas dengan produk atau pelayanan kita, maka dengan mudah mereka akan merekomendasikan atau mempromosikan produk kita kepada teman, kerabat, atau siapapun yang mereka jumpai. Di situlah maksud dari sebagai alat promosi ini. Begitu pula sebaliknya, jika pelayanan serta kualitas produk kita buruk, maka pelanggan juga tidak akan segan untuk menyatakan pendapat negatif mereka kepada orang lain.

Lalu, bagaimana cara menimbulkan rasa puas bagi pelanggan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba selaku pemilik usaha agar pelanggan mereka merasa puas sehingga mendatangkan calon pelanggan lainnya.

  1. Jaga kualitas produk barang dan jasa

Pelanggan akan merasa puas jika mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan yang mereka inginkan. Karenanya, kualitas produk barang dan jasa yang kita tawarkan haruslah memiliki konsistensi yang bagus. Apalagi jika pelanggan hanya membayar murah namun bisa mendapatkan produk yang kualitasnya tinggi, pastinya kepuasan pelanggan bisa lebih meningkat dong. Bahkan meskipun produk tersebut memiliki harga mahal, pelanggan tidak akan berat mengeluarkankan uangnya jika kualitas produk memang sepadan dengan harga tersebut.

  1. Berikan pelayanan yang ramah

Melayani pelanggan memerlukan teknik khusus untuk bisa mendapatkan perhatian dan meninggalkan kesan tersendiri bagi pelanggan. Jangan pernah menampakkan wajah Anda yang murung, ekspresi cemberut, atau marah yang bisa membuat pelanggan segan atau malah kesal pada pelayanan Anda. Senyum merupakan tips paling utama dan paling mudah yang bisa dipraktekkan agar pelanggan merasa nyaman. Jangan bosan menjawab apapun pertanyaan dari pelanggan. Dan jika pelanggan mengajukan komplain, ucapkan lebih dulu permintaan maaf, meskipun sebenarnya letak kesalahan ada pada pelanggan.

  1. Dengarkan keluhan dan saran dari pelanggan

Jika pelanggan menyampaikan keluhan dan saran maka sebaiknya dengarkan dan tindak lanjuti keluhan dan saran tersebut. Tentunya pelanggan menyampaikan saran dan keluhan tersebut karena ada hal yang tidak nyaman bagi mereka. Dan dengan menindaklanjuti keluhan dan saran mereka, selain pelanggan merasa dihargai pendapatnya, kita juga bisa sekaligus mengetahui apa kekurangan usaha kita dan memperbaikinya.

  1. Berikan pelayanan ekstra

Seperti memberikan diskon khusus atau promosi baik pada pelanggan baru ataupun pelanggan lama. Buat kartu member dengan beberapa kelebihan fasilitas yang menarik pelanggan dan membuat mereka merasa istimewa. Atau ketika ulang tahun perusahaan bisa juga dengan memberikan hadiah kepada pelanggan yang paling loyal. Pelayanan ekstra yang banyak menguntungkan pelanggan pasti bisa meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif.

  1. Ciptakan kemasan produk yang unik dan kreatif

Desain kemasan menjadi salah satu elemen penting dalam kesuksesan peluncuran produk. Namun, beberapa pemilik usaha mungkin berpikir bahwa kualitas dan performa produk jauh lebih penting dari pada kemasannya. Padahal pengemasan produk memegang peranan penting dalam bidang marketing.

Ketika membuat desainnya, Anda harus mengutamakan hal-hal seperti peran pengemasan sebagai pelindung produk, kemasan produk, sumber informasi bagi konsumen, dan daya tarik agar produk Anda mampu bersaing dengan produk lainnya. Oleh karena itu desain produk Anda harus menarik saat ingin diantarkan ke pelanggan.

Demi membantu Anda dalam memberikan pengemasan yang menarik bagi pelanggan Anda, Brother menghadikan label Packaging. Label ini memiliki beberapa keunggulan seperti, dapat mendesain dan mencetak label dengan mudah dari perangkat selular Anda. Kemudian, ada juga beragam jenis font dan frame yang menarik, yang dapat Anda sesuaikan dengan profil bisnis toko online Anda. Adapun bahan dari label pengemasan ini juga tahan lama, tidak membekas, dan anti air. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman cetak pita premium dengan ukuran dan desain yang sesuai dengan keinginan Anda di manapun dan kapanpun.

Saat Anda menggunakan label Packaging ini tentu akan menjadi hal yang menyenangkan karena, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan untuk pengemasan paket Anda karena tersedia banyak warna dan pita yang menarik. Anda pun bisa lebih kreatif dan terorganisir dalam melakukan pengemasan.

Adapun setelah pengemasan selesai, Anda perlu memiliki dukungan pengiriman produk yang tepat. Brother memiliki printer Label Pengiriman Direct Thermal TD-4410D dan TD-4420DN. Printer Label Pengiriman ini dirancang agar bisnis toko online yang sedang Anda jalankan menjadi efisien dan memiliki produktivitas maksimal atau dalam kata lain Anda dapat menghemat biaya untuk volume cetak yang lebih rendah untuk pengiriman barang bisnis Anda. Tidak hanya untuk menyantumkan informasi pengiriman, printer label ini juga dapat Anda gunakan untuk label pesanan, identifikasi produk, struk transaksi, dan lainnya.