5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Perusahaan

Category
5 Cara Mudah Mengatur Keuangan Perusahaan

Memiliki usaha yang mendatangkan keuntungan adalah impian dari setiap pemilik bisnis. Namun perlu diingat bahwa profit yang masuk ke kantong bukan satu-satunya tolak ukur kesehatan keuangan bisnis Anda. Seberapa apik Anda mengelola keuangan perusahaan secara efisien juga menjadi faktor penunjang yang mempengaruhi kesuksesan bisnis. Berikut 5 cara mengatur keuangan agar perusahaan menghasilkan keuntungan yang maksimal:

Membuat laporan keuangan

Angka penjualan tinggi dan pelanggan yang membludak tidak serta merta menjadikan sebuah bisnis terhitung sukses. Apakah profit sudah lebih besar dari pengeluaran? Apakah ada pengeluaran tidak penting yang tidak Anda sadari? Di sini laporan keuangan yang rapi wajib dimiliki pemilik usaha agar Anda bisa menelusuri aliran keuangan dengan lebih jelas.

Selain dijadikan basis untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan, laporan ini juga dapat menjadi dasar pertimbangan ketika hendak menyusun strategi atau mengambil keputusan finansial.

Pisahkan rekening pribadi dengan rekening perusahaan

Hal ini terdengar sepele, namun terkadang pemilik usaha cenderung tidak ingin direpotkan dengan membuka rekening khusus untuk perkara operasional perusahaan. Padahal hal ini cukup penting untuk meminimalisir tumpang tindih bisnis dan pribadi, misalnya penggunaan kapital operasional perusahaan untuk kebutuhan personal.

Menggaji diri sendiri selayaknya

Walaupun Anda berstatus bos atau tidak memiliki tanggungan pegawai untuk digaji, bukan berarti kapital usaha dapat Anda gunakan seenaknya untuk kepentingan pribadi. Lakukan perhitungan dan riset pasar untuk menentukan nilai gaji yang layak untuk diri Anda sendiri. Dengan begitu, Anda juga dapat mendapat gambaran lebih jelas mengenai kondisi keuntungan perusahaan.

Melakukan audit secara berkala

Jadwalkan audit keuangan berkala untuk memastikan laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai. Tak hanya untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan uang dan mengevaluasi kinerja perusahaan, audit keuangan terjadwal juga dapat memonitor potensi untuk menekan pengeluaran dan memaksimalkan keuntungan.

Alokasikan dana untuk aset secara efisien

Memaksimalkan penggunaan aset dengan biaya seminimum mungkin adalah salah satu cara untuk memastikan perusahaan Anda punya rekam jejak finansial yang sehat. Pengadaan aset yang menunjang kinerja perusahaan dapat diaplikasikan dari perangkat usaha terkecil, salah satunya printer di kantor.

Printer Ink Tank A3 Brother yang multifungsi memberi jaminan kualitas superior dengan biaya yang ekonomis. Dalam satu produk, Anda bisa menikmati fitur printer, scanner, copy, dan fax. Ditambah lagi, sistem tinta refill inkjet printer hadir dengan botol tinta isi ulang dengan kapasitas tinggi, memungkinkan Anda untuk mencetak hingga 6.500 halaman tinta hitam dan 5.000 halaman tinta warna untuk ukuran kertas A4. Dengan semua keunggulannya, Printer Ink Tank A3 Brother siap mendukung kinerja administratif perusahaan Anda.