Tip Meal Prep Untuk Si Sibuk

Category
Tip Meal Prep Untuk Si Sibuk

Bekerja dari rumah tentunya membawa levelkesibukan dan stress yang berbeda. Sulit meluangkan waktu untuk memasak karena terlalu sibuk? Tidak bisa dipungkiri, memasak memerlukan waktu yang tak sebentar. Mulai dari menyiapkan bahan makanan hingga mengolahnya, apalagi jika resep menu masakan yang dipilih cukup kompleks. Namun, tantangan tersebut tak datang tanpa solusi. Kita bisa menyiapkan menu masakan dari jauh-jauh hari. Istilah populernya adalah meal prep, yang merupakan kependekan dari meal preparation. Meal preparation, atau meal prep, adalah sebuah konsep menyiapkan makanan sekaligus banyak dan lebih cepat dari jadwal. Para pelaku meal prep biasanya menyiapkan satu hari khusus, Sabtu atau Minggu, untuk menyiapkan makanan selama satu minggu ke depan. Setelah dimasak, makanan langsung dibagi ke kotak makan-kotak makan single serving, lalu disimpan dalam freezer agar tahan lama. Bagaimana cara memulai meal prep? Simak ulasannya yuk.

1. Tentukan menu untuk seminggu

Sebelum membeli bahan makanan, tentu kita perlu tahu menu masakan yang akan dibuat. Jika kita memasak untuk sekeluarga, tanyakan juga kepada anggota keluarga menu apa yang mereka inginkan. Buat daftar menu untuk mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan dan pelajari kesukaan mereka. Untuk membantumu mengingat dan mempersiapkan masakan, cetak daftar tersebut menggunakan sharing printer di rumahmu. Jangan lupa untuk kombinasikan resep simpel dengan resep yang agak rumit sehingga waktu memasak lebih terkendali. Tidak perlu dipersiapkan di dekat dapur karena Printer dengan teknologi wireless, selain bisa di sharing ke lebih dari satu pengguna, dapat juga ditempatkan di satu sudut dirumahmu.

2. Hitung jumlah bahan yang diperlukan

Setelah mengetahui bahan makanan apa saja yang perlu dibeli, perhitungkan juga kuantitasnya. Pastikan takarannya sesuai dengan porsi makanan selama tujuh hari. Takaran bahan masakan juga bergantung pada berapa anggota keluarga di rumah. Biasanya, meal prep dapat lebih mudah diaplikasikan pada keluarga kecil dengan jumlah porsi yang tak banyak. Namun, jika anggota keluarga di rumahmu cukup banyak, pastikan untuk memiliki wadah yang agar besar untuk menyimpan bahan makanan. Untuk mempermudah, kamu juga dapat mencetak perhitunganmu dan mencetaknya dengan printer multifungsi sehingga kamu dapat menyesuaikan budget belanja

3. Persiapkan wadah yang tepat

Jika sudah berbelanja dan mempersiapkan bahan makanan, saatnya memilah sayuran, rempah, dan daging-dagingan. Kita bisa memotong sayuran sesuai dengan menu yang akan dibuat. Sebelum disimpan dalam kulkas, perlu diperhatikan wadah untuk menyimpan makanan. Kita bisa menggunakan food container berbahan plastik, keramik, atau kaca dengan penutup rapat. Jika memakai bahan plastik, pastikan untuk memilih wadah dengan label bebas bisphenol-A (BPA-Free) dan opsional, approved by FDA (Food and Drug Administration dari Amerika Serikat). Bahan plastik tidak semuanya aman dan ada beberapa jenis yang hanya bisa digunakan sekali saja. Jika digunakan berulang dalam jangka waktu panjang, bahan plastik bisa mengeluarkan senyawa karsinogen atau pemicu kanker untuk tubuh.

Konsep ini sangat strategis untuk kamu yang mau memastikan selalu ada makanan yang tersedia di waktu makanmu dan gak mau repot serta buang waktu untuk memasak setiap hari, bahkan setiap mau makan. Ada banyak hal yang bisa dibuat efisien dengan melakukan meal prep. Pertama, waktu dan tenaga—mulai dari belanja hingga mencuci peralatan masak. Jika setiap sesi masak kamu membutuhkan 45 menit, selama seminggu kamu akan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam. Hal kedua yang dapat kamu buat efisien adalah penggunaan bahan-bahan makanan. Sebelum dan saat berbelanja pun kamu pasti akan menghitung dengan cermat kebutuhan seluruh bahan untuk total porsi makanan yang rencananya kamu siapkan. Gak ada lagi tuh menimbun sayuran di kulkas sampai layu. erakhir, dan yang gak kalah pentingnya, kamu dapat menghemat uang makan. Dengan budget yang sama, kamu bisa lho menyiapkan lebih dari lima porsi makanan atau lima porsi dengan camilan, dan tanpa mengompromikan kenikmatan makananmu.