Tips Permudah Sistem Penyimpanan Barang Untuk Berbagai Lingkup Pekerjaan

Category
Tips Permudah Sistem Penyimpanan Barang Untuk Berbagai Lingkup Pekerjaan

Memberi perhatian terhadap metode penyimpanan barang perlu dilakukan oleh pekerja dalam bidang apapun karena berpengaruh langsung terhadap produktivitas dan kinerja kerja. Bayangkan kalau Anda harus bekerja di lingkungan yang berantakan atau sering kehilangan barang penting. Tentu tidak kondusif, bukan?

Untuk mempermudah Anda merapikan dan mudah menemukan barang yang Anda butuhkan, coba tips kami ini.

Menemukan tempat penyimpanan yang tepat

Tempat Anda menempatkan barang-barang untuk disimpan akan mempengaruhi jangka penyimpanan dan kualitas benda. Lokasi yang tepat tentu berbeda sesuai jenis barang yang akan disimpan. Namun secara umum, situasi dan tempat yang ideal tidak lembap dan tidak langsung terpapar sinar matahari. Selain itu, tempat penyimpanan ini juga perlu mudah diakses sehingga tidak repot ketika barang dibutuhkan atau perlu melakukan pengecekan.

Memberikan Kode di Setiap Barang Anda

Pemberian kode pada tiap barang akan sangat membantu Anda ketika melakukan penyimpanan barang sehingga Anda tidak kesulitan menyusun dan mengakses item yang dibutuhkan.

Untuk merapikan dan mengklasifikasikan item dengan mudah, Anda dapat menggunakan printer label PT-P950NW, label berlaminasi Brother yang cocok diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan. Pelabelan dengan printer label ini cocok digunakan di di dalam atau luar ruangan pada industri berbeda, misalnya di gudang, perkantoran, perhotelan, maupun industri lainnya.

Mengatur tata letak penyusunan

Tak cukup hanya melabeli, Anda juga perlu mengatur tata letak penempatan barang. Misalnya, mengatur agar benda yang sering digunakan terletak pada bagian yang mudah untuk dijangkau, sedangkan yang kurang penting atau jarang digunakan dapat disimpan di area lebih dalam atau lebih jauh.

Jenis barang juga menjadi pertimbangan ketika menata penyusunan. Barang yang rapuh dan mudah rusak sebaiknya disusun dengan lebih hati-hati, misalnya dengan menghindari cahaya matahari atau kelembapan.

Jadwalkan pemeliharaan

Secara berkala, lakukan pengecekan teratur terhadap barang-barang dalam penyimpanan guna menentukan barang mana yang mengalami kerusakan atau degradasi. Pengecekan ini terutama berguna jika keutuhan dan kelayakpakaian barang-barang ini penting untuk pekerjaan Anda.

Pengecekan ini juga membantu Anda merencanakan stok ulang dan mempelajari metode penyimpanan yang lebih baik dari kesalahan.